Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Langgeng yang Dilakukan Pasangan Bahagia Setelah Bertengkar

Mencoba saling belajar dari perbedaan

Fithriyah Saiidah

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar pasangan bahagia? Apakah pasangan yang selalu menghabiskan waktu akhir pekan di pantai, makan malam bersama di restoran, atau kejutan yang romantis? Hmm... setiap orang pasti punya cara pandangnya sendiri menilai pasangan yang bahagia atau tidak. Namun, buat yang masih mengira pertengkaran dalam hubungan menandakan pasangan tidak bahagia, itu bisa jadi salah.

Menurut terapis pernikahan, Caitlin Hamson, bertengkar saat menjalani hubungan merupakan hal yang wajar. Justru jika dalam pernikahan tidak adanya pertengkaran atau masalah yang diributkan, itu tandanya hubungan akan segera berakhir. Hal tersebut karena sudah tidak ada rasa peduli dan menginginkan kebaikan untuk pasangannya satu sama lain. Alih-alih tidak ingin ribut, sebenarnya itu menjadi alasan seseorang sudah tidak memedulikan pasangannya.

Berbeda dengan pasangan bahagia, mereka akan melihat sisi positif dan terbaik untuk kepentingan bersama. Bagi mereka, sebuah pertengkaran membuat mereka bisa saling memahami. Melansir dari HuffPost, berikut 7 hal yang dilakukan pasangan bahagia setelah bertengkar.

1. Menyadari kesalahan sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pasangan bahagia selalu bisa bersikap bijak dan dewasa pada setiap hal, termasuk setelah bertengkar sekalipun. Walaupun bisa jadi pertengkaran yang terjadi memanas, setelah menyelesaikan masalah tersebut, mereka akan langsung menyadari kesalahan mereka sendiri saat bertengkar. Satu sama lain akan menyimpan keinginan menyalahkan dan memperbanyak merenungkan diri.

2. Nggak gengsi meminta maaf

unsplash.com/Annette Sousa

Mengatakan, "tolong, maaf, terima kasih", terkadang masih sulit dilakukan oleh orang dewasa karena rasa gengsi yang mendominasi. Namun, bagi pasangan bahagia yang mendahulukan kepentingan bersama, mereka cenderung tidak gengsi meminta maaf. Baik dari sisi laki-laki atau perempuan yang lebih dulu meminta maaf. Bagi mereka, kebersamaan penuh cinta adalah hal utama. Makanya, permintaan maaf juga harus dibiasakan.

3. Tetap bergerak maju

pexels.com/Leah Kelley

Masalah, seperti perbedaan pendapat atau cara pandang, bisa saja terjadi setiap hari. Walaupun terdengar sepele, namun hal tersebut bisa menjadi masalah rumit jika tidak disikapi dengan bijak. Pasangan bahagia saat bertengkar mengenai permasalahan kecil hingga besar, mereka akan memilih untuk realistis dan menyelesaikannya dengan baik. Jika tidak selesai, hari-hari mereka bagai diikuti awan gelap yang merusak perasaan dan semangat. 

4. Mencoba saling belajar dari perbedaan

pexels.com/ramil-ugot-

Dalam hubungan yang sehat, sebagian besar pertengkaran antara pasangan disebabkan dari kesalahpahaman. Walaupun begitu, menurut psikolog Byan Howes, perbedaan pendapat dan pertengkaran bisa menjadi kesempatan untuk memahami pasanganmu dengan lebih baik dan menemukan cara komunikasi terbaik. Bagi pasangan bahagia, mereka tentu akan mencoba saling belajar dan menerima perbedaan. 

5. Berusaha memperbaiki hubungan

Pexels.com/Hugo Martinez

Berdebat tentu menguras banyak emosi sehingga melelahkan. Jika pasangan selesai bertengkar, mereka pergi dengan perasaannya masing-masing. Agar tidak ada perasaan negatif yang mengganjal, pasangan bahagia akan terus berusaha memperbaiki hubungan. Seperti meminta maaf yang tulus, pelukan yang panjang, ucapan terima kasih telah bertahan dalam diskusi panjang, dan katakan kalau kamu berusaha meyakinkan juga menginginkan yang terbaik baginya.

6. Saling merefleksikan diri

pexels.com/rodnae-productions

Pasangan yang bahagia sadar bahwa memiliki stabilitas emosi itu sangat penting dalam menjaga komunikasi yang baik. Dengan begitu, setelah bertengkar, mereka dengan cepat saling merefleksikan diri dan memberikan perasaan lega dalam hati. Saling merefleksikan diri juga membuat pasangan bisa mengetahui kesalahan masing-masing dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

7. Tidak memendam perasaan negatif

pexels.com/josh-willink

Ketika pertengkaran sudah mencapai titik terang, diharapkan masalah tersebut sudah benar-benar terselesaikan sehingga tidak ada lagi perasaan marah atau bersalah. Dengan begitu, masing-masing pasangan akan lega dan tidak memendam perasaan negatif dalam hatinya. Rasanya, dari pertengkaran sebelumnya bisa menjadi pelajaran untuk mengenal dan memahami pasangan.

Itulah tujuh hal yang dilakukan pasangan bahagia setelah bertengkar. Untuk mencapai kebahagiaan dalam hubungan, tidak selalu terhindar dari pertengkaran. Namun, bagaimana masing-masing pasangan bisa belajar dan bersikap dewasa dalam mengambil jalan tengah serta solusi untuk kebaikan bersama. Semoga kamu dan pasanganmu bisa terjaga selalu dalam hubungan yang baik dan sehat ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married