Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Terkejut, Inilah 13 Tradisi Pernikahan di Dunia

Sampai mematahkan piring?

Emillia Wardhani

Pernikahan sangat kental dengan tradisi dan budaya di seluruh dunia, di mana momen ini akan sangat unik dan beragam. Hampir setiap negara memakai tradisi yang begitu menarik dan tidak luput dari pandangan tradisional atau budaya. Penasaran dengan tradisi unik yang terapkan di beberapa negara ini? Ikuti terus ya artikel di bawah ini.

1. Armenia

Russiabeyond.com

Dinegara Armenia, seorang pengantin yang baru menikah harus mematahkan piring di rumahnya untuk mendapatkan keberuntungan, kemudian menaruh sepotong roti di bahu pasangan suami dan istri untuk menangkal kejahatan, setelah itu mereka harus memakan satu sendok madu untuk menyimbolkan kebahagiaan dan baru mereka memulai pestanya. 

2. Kongo

Vividbluephotography.com

Kebahagiaan para pengantin di Kongo selalu dicek oleh keluarga mereka. Sepanjang hari pernikahan mereka, dari upacara resepsi tidak dibolehkan untuk tersenyum. Jika mereka melakukannya, itu berarti mereka dianggap tidak serius tentang pernikahan. 

3. Prancis

Peachperfectwedding.com

Kabar baiknya, di negara Prancis calon pengantin laki-laki harus memakan cokelat setelah resepsi. Namun mereka harus mengonsumsi cokelat dari kloset. Tujuannya adalah untuk memberikan kekuatan pasangan sebelum malam pernikahan, sayangnya itu mungkin memberikan mereka pengalaman yang agak susah dilakukan.

4. Tiongkok

Youtube.com

Di Tiongkok, keluarga pengantin dari perempuan dirawat dengan baik mulai dari perjalanan rumahnya sampai bertemu kekasihnya. Bahkan, petugasnya sampai sibuk melindungi pengantin dengan payung dan melemparkan beras, yang berarti simbol kesehatan dan kemakmuran. 

5. Inggris

Photographersandpartners

Pernikahan di Inggris harus menikah pada usia 21 tahun. Hingga banyak para pemuda yang melakukan kawin lari dengan kekasihnya. Wah ternyata seketat itu ya aturan di sana?

6. Guatemala

Bodasmanuelaldana.com

Sebagai tuan rumah resepsi pernikahan, orangtua dari calon pengantin laki-laki boleh bebas melakukan apa yang ia inginkan. Kemudian ibu dari laki-laki akan istirahat di lonceng berhias keramik putih bersama biji-bijian seperti beras dan tepung untuk membawa kemakmuran bagi pernikahan anaknya.

7. Jepang

Olivia Lazuardy

Pada hari pernikahan di Jepang, pengantin perempuan Jepang merayakan upacara Shinto kemudian mengenakan pakaian putih dari kepala sampai kaki, termasuk kimono, dan tudung.

8. Jamaika

Pinterest.com

Selama pernikahan di Jamaika, penduduk desa akan berbaris memanjang untuk melihat pengantin. Ini adat bagi warga mereka. 

9. Kenya

Pinterest.com

Saat pernikahan di Kenya, salah satu pasangan akan diludahi oleh ayahnya dan ini terjadi beberapa bagian Kenya setelah upacara. 

10. Rusia

Tripsavvy

Pasangan Rusia yang baru menikah akan berbagi roti manis yang disebut karavay, dihiasi dengan gandum sebagai lambang kemakmuran dan cincin saling sebaagi simbol kesetiaan. Barangsiapa dari mereka berdua mengambil gigitan yang terbesar tanpa menggunakan tangan mereka dianggap sebagai kepala keluarga. 

11. India

Saffron Studios

Pada hari pernikahan, dalam sebuah ritual di India seorang adik perempuan dan sepupu perempuan membuat sepatu pengantin laki-laki dan meminta uang tebusan kembali. 

12. Nigeria

Polka Dot Bride

Negara Afrika Barat ada tarian unta di padang pasir, dengan iringan musik yang asyik sambil dikelilingi oleh tamu pernikahan. Wah jadi pengen liat secara langsung ya?

13. Filipina

WowCordillera

Setelah resepsi, mempelai perempuan dan laki-laki akan menerbangkan sepasang merpati putih satu jantang, dan satu perempuan ke udara. Di Filipina, burung adalah simbol yang mewakili kehidupan yang harmonis bersama-sama untuk pasangan yang baru menikah. 

Itulah beberapa tradisi pernikahan unik di beberapa dunia. Menurut kamu mana yang lebih menarik?

IDN Media Channels

Latest from Married