Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami Menurut Islam 

Salah satunya bisa membuatmu lebih mudah masuk surga.

Elga Windasari

Saat mengetahui bahwa kamu ternyata telah diselingkuhi suami, mungkin ini terasa seperti mimpi buruk yang terasa sangat nyata. Tak ada satu istri pun yang merasa siap diselingkuhi oleh suaminya. Berselingkuh artinya suami sudah melakukan kebohongan besar dan mengkhianati janji yang diucapkan saat pernikahan.

Mungkin kamu berpikir untuk langsung bercerai. Dalam Islam, hal ini sebenarnya nggak dilarang. Islam sebenarnya memberikan hak kepada istri untuk meminta cerai atas dua kesalahan yang dilakukan suami, yaitu berzina dan tidak menafkahi. Jika suami berzina saat melakukan perselingkuhan, maka kamu bisa meminta cerai.

Namun, jika kamu menerima telah diselingkuhi oleh suami dan masih mau untuk menerimanya kembali, Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi istri yang bersikap sabar saat menghadapinya.

Berikut ini Popbela telah merangkum apa saja pahala istri yang diselingkuhi suami menurut Islam.

1. Mendapatkan pahala lebih besar dari pahala amalan sunnah

freepik.com

Bagi istri yang sabar telah diselingkuhi oleh suami, Allah menjanjikan pahala yang lebih besar dari segala amalan sunnah yang pernah dilakukannya. Islam juga menyebut bahwa kesabaran seorang istri adalah ciri-ciri perempuan mulia yang hidupnya bakal diridhai oleh Allah.

Dalam kitab Fathul Baari juga disebutkan, “Hak suami merupakan kewajiban bagi istri. Melaksanakan kewajiban harus didahulukan daripada melaksanakan amalan sunnah.

2. Hidupnya akan lebih diridai oleh Allah

freepik.com/freepik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menerima diselingkuhi suami akan membuat hidupmu lebih diridai Allah. Mengapa? Karena bersikap sabar saat diperlakukan buruk oleh suami tentu nggak mudah.

Sambil harus harus meredam amarah dan kekecewaan, Bela tetap berbakti sebagai seorang istri. Hal inilah yang akan membuat Allah akan mengangkat derajatmu di dunia atas kesabaran tersebut.

Allah telah berjanji untuk memberikan kebahagiaan dan ketenangan hidup sebagai pahala atas segala kesabaran. Bahkan, dalam hadis yang dikeluarkan oleh HR Tirmidzi disebutkan, “Istri yang meninggal dunia dan suaminya rida terhadapnya, maka ia masuk surga.

3. Kamu bisa menjadi perempuan terbaik di mata Allah

pexels.com/Thirdman

Bisa dibilang Ini adalah pahala terbaik yang akan dimiliki jika pernah diselingkuhi suami karena semua semua perempuan pasti ingin menjadi perempuan terbaik di mata Allah.

Rasulullah bersabda: “Perempuan terbaik yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelesihi sesuai pada diri dan hartanya. Serta melayani suami sebaik mungkin dan menjauhkan suami dari benci.” (HR Ahmad).

Menjadi perempuan terbaik di mata Allah bisa menjadi buah yang manis saat pernah merasakan pahitnya dikhianati, jika terus bersabar pada ketentuan Allah.

4. Doa istri yang diselingkuhi suami akan dikabulkan Allah

dok.internet

Karena dikategorikan sebagai perbuatan yang zalim, istri yang pernah diselingkuhi suami akan mendapatkan pahala dan juga dikabulkan doa-doanya. Hal yang sama pernah terjadi saat istri Fir’aun berdoa kepada Allah.

Dalam Alquran surat At Tahrim ayat 11 dituliskan, “Wahai Tuhan bangunkanlah untukku sebuah rumah di surga di sisi-Mu dalam surga dan selamatkan aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim.

Doa tersebut adalah doa yang diucapkan Aisyah ketika menghadapi kemarahan dan siksa dari suaminya. Allah pun mengabulkan doanya untuk mendapat rumah di surga di sisi Allah dan Allah menjadikannya sebagai salah satu perempuan paling mulia di dunia.

5. Mendapat pahala seperti yang diterima oleh Aisyah, Istri Fir’aun

dok.internet

Di poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa Aisyah adalah istri Fir’aun, pemimpin Mesir yang sering menyebut dirinya sebagai Tuhan. Dia meminta istrinya tersebut untuk menyembahnya sebagai Tuhan, padahal Aisyah meyakini keberadaan Allah sebagai Tuhan satu-satunya di muka bumi. 

Fir’aun yang merasa nggak Aisyah membangkang perintahnya, kemudian menyiksanya dengan menjatuhi kepalanya dengan batu berukuran besar hingga meninggal dunia. Tapi, ternyata Allah telah berjanji untuk menjadikan Aisyah sebagai salah satu perempuan mulia di surga karena kesabarannya. 

Dalam hadis HR Muslim disebutkan, “Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun.

6. Kamu akan dijauhi oleh laknat Allah

Freepik.com/rawpixel.com

Allah nggak menyukai hamba-Nya yang selalu ingkar janji dan melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang, termasuk perselingkuhan. Itulah mengapa istri yang sabar akan dijauhkan dari laknat Allah, baik di dunia maupun akhirat. 

Karena telah dijauhkan laknat Allah, maka hidup kamu akan dipenuhi oleh rahmat dari Allah, baik selama masih hidup di dunia hingga nanti di akhirat.

7. Dimudahkan jalan menuju surga Allah

pexels.com/Thirdman

Tak hanya akan mendapatkan pahala yang besar, istri yang sabar setelah diselingkuhi suami juga akan dimudahkan jalannya menuju surga. Jika kamu sabar menerima perilaku buruk suami dan nggak melawannya kembali dengan keburukan, maka Allah berjanji untuk membuka semua pintu surga untukmu. 

Dalam Hadist Hasan Shahih tertulis, “Dan seorang istri yang taat pada suami nya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.

8. Mendapatkan kebahagiaan saat berada di akhirat

Freepik.com/Free Picture

Tak hanya dimudahkan jalannya menuju surga, istri yang sabar meski sudah diselingkuhi suami juga akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Ini karena hubungan kamu dengan suami akan sangat berpengaruh pada kebahagiaan di akhirat kelak. 

Jika kamu Mama berbakti pada suami dan tetap bersikap sabar meski terus merasa disakiti, termasuk diselingkuhi, maka janji Allah adalah kebahagiaan yang abadi di akhirat. 

Hadis dari HR Ahmad menegaskan, “Perhatikan bagaimana hubunganmu dengannya karena suami merupakan surgamu dan nerakamu.

Nah, itu tadi delapan pahala yang akan kamu dapatkan jika diselingkuhi suami menurut Islam. Semoga ini membuat kamu semakin sabar menghadapi perselingkuhan suami, ya.

IDN Media Channels

Latest from Married