Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Manfaat Bulan Madu Bagi Pasangan yang Baru Menikah 

Bulan madu bukan cuma jalan-jalan sambil buang-buang uang.

Elga Windasari

Saat akan menikah, selain mempersiapkan untuk acara pernikahannya, yang mungkin tidak ketinggalan untuk dipersiapkan adalah destinasi bulan madu. Rasanya ada yang kurang jika setelah menikah tidak pergi untuk bulan madu. Namun, apakah bulan madu sebenarnya ada manfaatnya?

Dilansir dari The Knot, terapis pernikahan dan keluarga Andrea Dindinger mengatakan, “Bulan madu adalah waktu privasi dan fokus bagi pasangan yang baru menikah untuk memulai perjalanan ini bersama. Saat bulan madu, kamu dan pasangan benar-benar fokus satu sama lain. Hal itu membantu memperkuat fondasi komitmen seumur hidup."

Jika kamu masih belum yakin mengenai manfaat dari bulan madu, berikut ini beberapa manfaatnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Punya waktu berdua hanya bersama suami

pexels.com/Gabriel Bastelli

Salah satu manfaat utama dari bulan madu untuk pasangan yang baru menikah adalah memiliki waktu hanya bersama suami. Hal ini meskipun terkesan sepele, tetap bisa memelihara pernikahan baru kamu. Menikmati kebersamaan satu sama lain dan benar-benar merayakan komitmen yang baru dijlalani akan membuat hubungan semakin kuat, kata Andrea.

2. Kesempatan untuk tidak berinteraksi dengan orang lain

freepik.com/ pressfoto

Menjelang dan selama pernikahan, kamu pasti banyak berinteraksi dengan orang lain, mulai dari keluarga, vendor pernikahan, hingga para tamu Anda. Nah, bulan madu inilah kesempatan untuk memutuskan hubungan dari semua orang selama beberapa hari. Saat bulan madu, fokus kamu hanya kepada suami, begitu pula sebaiknya.

3. Saatnya bersenang-senang tanpa beban dengan suami

www.unsplash.com/ Nathan Dumlao

Setelah bulan madu ini, mungkin kamu dan suami akan sulit merasakan senang-senang tanpa beban. Ketika hidup menjadi sibuk, sangat mudah untuk menempatkan kegiatan yang menyenangkan di urutan belakang.

Andrea bilang, “Bulan madu adalah kesempatan untuk menempatkan bersenang-senang di bagian atas daftar prioritas, yang sangat penting untuk pernikahan Anda. Ini adalah salah satu komponen kunci yang membantu pasangan melewati masa-masa sulit. Memulai pondasi dengan bersenang-senang bersama adalah investasi yang baik."

4. Pemulihan stres pasca menikah

Pexels.com/Ron Lach

Bahkan ketika kamu dan suami menggunakan jasa wedding organizer, stres dalam mempersiapkan pernikahan pasti terasa. Ini bisa berdampak serius pada keadaan emosional secara keseluruhan. Dengan meluangkan waktu di tempat baru yang menarik, kamu dan suami dapat kembali ke rumah dengan kondisi segar kembali.

5. Melarikan diri dari rutinitas pekerjaan (di kantor atau di rumah)

pexels.com/samson katt

Menurut GetHoneymoon.com, studi menunjukkan bahwa lingkungan memainkan peran besar dalam cara otak berfungsi sepanjang hari. Sering kali, aktivitas yang dihadapi di tempat kerja dapat menghalangi diri untuk menikmati kesenangan kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan melarikan diri ke lokasi baru dan menarik yang jauh dari kantor (atau rumah), maka kamu dan suami akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk bersantai dan fokus pada hal yang paling penting, yaitu pernikahan kalian berdua.

6. Membuat awalan yang positif untuk hubungan

Perjalanan saat bulan madu dapat meningkatkan suasana hati dan memberi rasa kepuasan pribadi yang diperbarui. Dengan meluangkan waktu untuk bepergian dan mengalami tempat baru bersama pasangan, kalian berdua sedang membuat awalan yang positif dan sehat di masa depan.

Menyisihkan waktu untuk fokus pada pernikahan saat bulan madu akan membantu kamu dan suami Anda memahami pentingnya meluangkan waktu untuk berdua. Khususnya dari jadwal kerja yang akan menyita waktu di kemudian hari.

7. Untuk saling menyesuaikan diri

Pexels.com/Leah Kelley

Masuk ke kantor baru saja perlu waktu untuk beradaptasi, apalagi hidup bersama “orang baru”, meskipun kamu dan suami sudah berpacaran lama sebelum menikah. Diperlukan waktu untuk membiasakan diri dengan perubahan status atau membiasakan hidup bersama.

Dengan bulan madu, kamu dan suami akan meluangkan waktu sekitar satu minggu menyesuaikan diri saat memasuki kehidupan pernikahan, tanpa harus fokus pada hal lain.

8. Merencanakan masa depan bersama

Pexels.com/Helena Lopes

Jika sebelum menikah kamu dan suami belum sempat bicara banyak tentang masa depan, kecuali hal-hal yang krusial, maka saat bulan madu adalah saat yang tepat. Liburan bisa memberi pasangan waktu tenang untuk merencanakan masa depan. Pikiran yang lebih segar saat liburan bisa membuat kamu dan suami lebih terbuka dengan segala macam kemungkinan.

9. Agar lebih intim mengenal pasangan

Toa Heftiba/Unsplash

Sudah sah menjadi suami istri, sudah tidak ada lagi yang bisa menghalangi kamu dan suami untuk menjadi lebih intim. Sama seperti saat kalian saling mengenal sifat dan kepribadian masing-masing saat baru menjalin hubungan, hal yang sama juga berlaku untuk urusan seks.

Jangan malu untuk mengungkapkan apa yang disuka dan tidak suka. Fantasi seks apa yang selama ini dimiliki dan ingin dilakukan dengan pasangan. Hal ini sebaiknya sudah secara terbuka dibicarakan agar tidak ada yang ditutup-tutupi.

Itulah manfaat bulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh atau menginap di hotel mahal. Hal paling penting adalah kamu bisa menghabiskan waktu yang berkualitas dengan suami.

IDN Media Channels

Latest from Married