Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Anti-Mainstream, Ini 7 Ide Kegiatan Bulan Madu yang Nggak Biasa! 

Bulan madu bukan cuma sekadar menginap di hotel mewah, ya

Elga Windasari

Kegiatan apa saja yang terpikirkan saat mendengar kata “bulan madu”? Mungkin yang paling umum adalah menghabiskan waktu di hotel atau resort bersama pasangan yang sudah halal, ya. Padahal, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk berbulan madu, lho.

Jika kamu dan pasangan memiliki jiwa petualang atau nggak ingin melakukan bulan madu yang biasa, ada beberapa ide kegiatan bulan madu yang nggak biasa yang bisa kalian lakukan, seperti di bawah ini. 

1. Naik gunung

Pexels/Yaroslav Shuraev

Suka mengagumi keindahan gunung dari jauh? Mengapa nggak mencoba untuk menaikinya dan menikmati pemandangan dari atas gunung yang juga nggak kalah indah?

Sekarang ini sudah banyak paket mendaki gunung yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Jika naik gunung menggunakan paket tersebut, kamu dan pasangan nggak perlu lagi repot membawa tas berat, mendirikan tenda, dan membuat makanan saat berkemah. Semua itu sudah diurus oleh penyedia paket sehingga kalian cukup menyiapkan tenaga dan mental saja.

Pilihlah gunung yang nggak terlalu tinggi dan pendakiannya nggak terlalu ekstrem. Apalagi jika kamu dan pasangan belum pernah mendaki gunung sebelumnya. Jangan sampai memaksakan diri, ya.

2. Hiking

Pexels/Vanessa Garcia

Nggak mau naik gunung karena merasa terlalu berat, tetapi tetap ingin ke gunung? Kamu dan pasangan bisa mencoba hiking. Berbeda dengan naik gunung, hiking adalah kegiatan berjalan kaki melewati pegunungan, semak-semak, hingga pedesaan. Jalurnya pun nggak seberat seperti naik gunung.

Ada banyak tempat hiking di Indonesia yang bisa dikunjungi. Misalnya Gunung Prau di Jawa Tengah yang lokasinya berada di dekat Dataran Tinggi Dieng—jadi kamu dan pasangan bisa sekaligus berlibur ke sana—dan Gunung Batur di Bali yang hanya membutuhkan waktu dua jam untuk sampai ke puncak.

3. Berkemah

Pexels/Cottonbro

Ingin berkemah, tetapi nggak ingin naik gunung? Tentu saja bisa. Sekarang ini, berkemah menjadi salah satu kegiatan alam yang sedang tren. Sudah banyak tempat wisata yang menyediakan lahan untuk berkemah, bahkan hingga tenda siap pakai. Jadi, kamu dan pasangan nggak perlu repot membawa tenda sendiri dari rumah.

Berkemah bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang dapat menyatukan kamu dan pasangan setelah resmi menikah. Mulai dari memasak di atas api hingga tidur sambil melihat hamparan bintang di langit, bisa pengalaman yang luar biasa untuk kalian berdua.

4. Menginap di hutan

Be Borneo

Sama seperti gunung, hutan juga menawarkan keindahan yang luar biasa. Jangan mencari penginapan yang benar-benar di hutan jika kamu atau pasangan merasa takut. Sekarang sudah banyak penginapan yang menawarkan sensasi seperti menginap di hutan, seperti Rumah Pohon Safari Resort yang berlokasi di dalam Taman Safari Puncak. Selain menginap, kamu dan pasangan bisa melakukan reservasi untuk safari di malam hari.

Kamu dan pasangan juga bisa berbulan madu di Orangutan River Cruise, yaitu paket wisata untuk melihat orang utan sambil menginap di atas kapal kayu di Kumai, Kalimantan Tengah. Jadi, meski menginap di tengah hutan, tetapi kalian tetap bisa mendapatkan fasilitas seperti menginap di hotel. Pasti seru, deh!

5. Menginap di pedesaan

Pexels/Leeloo Thefirst

Salah satu cara berbulan madu yang mulai banyak diminati oleh pasangan yang baru menikah adalah menjauhi kehidupan modern. Salah satu caranya adalah dengan menginap di pedesaan yang nggak memiliki jaringan seluler atau WiFi.

Saat menginap di desa, kamu dan pasangan bisa sekaligus melakukan berbagai kegiatan khas pedesaan, seperti berkebun, bertani, bahkan berternak. Kalian juga bisa menyaksikan berbagai kebudayaan dan kesenian yang dimiliki oleh desa tersebut,

Salah satu daerah yang memiliki banyak desa wisata adalah Yogyakarta. Ada sedikitnya 112 desa wisata di sana dan Desa Wisata Mulo di Wonosari, Gunungkidul. Di Desa Wisata Mulo, ada berbagai potensi wisata unggulan yang ditawarkan, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, dan kerajinan.

6. Olahraga air

Pexels/Joao Ricardo Januzzi

Jika kamu dan pasangan berbulan madu ke pantai atau tempat dengan laut yang indah, pastikan di sana menyediakan berbagai olahraga air yang menyenangkan sekaligus menantang, ya.

Jangan hanya bermain air di pantai, tetapi kalian berdua juga harus mencoba berbagai permainan air yang disediakan. Misalnya saja, snorkeling yang menawarkan pemandangan laut yang belum pernah dilihat sebelumnya atau bermain jet-ski, parasailing, dan arung jeram.

7. Mencari ketenangan

Alamy

Di mana lagi mencari ketenangan kalau bukan di tempat yang tenang? Beberapa kota di Indonesia yang dijuluki sebagai kota tersepi karena memiliki penduduk yang sedikit, bisa menjadi pilihan.

Bagi kamu dan pasangan yang nggak ingin berbulan madu ke destinasi populer atau nggak ingin ke tempat yang hingar bingar, maka berkunjung ke kota yang tenang dan indah menjadi jawabannya. Di sini kalian bisa memiliki lebih banyak waktu untuk lebih saling mengenal, sambil berjalan-jalan, menikmati makanan lokal yang lezat, dan menikmati kebersamaan satu sama lain.

Di Indonesia, ada beberapa kota yang dijuluki sebagai kota tersepi, seperti Subulussalam di Aceh, Sawahlunto di Sumatera Barat, Kepulauan Tidore di Maluku Utara, Palangka Raya di Kalimantan Tengah, dan Gunungsitoli di Pulau Nias. Meski sepi, tetapi keindahan alam di daerah tersebut sangat luar biasa sehingga cocok dijadikan tempat untuk berbulan madu.

Itulah kegiatan nggak bisa yang bisa kamu lakukan saat bulan madu. Sebelum melakukannya, pastikan kamu dan pasangan sudah membicarakannya dan nggak ada yang merasa terpaksa melakukannya ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married