Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Doa Agar Janin dalam Kandungan Berkembang dengan Baik 

Jangan pernah berhenti berdoa selama mengandung ya, Bela.

Elga Windasari

Saat mengetahui dirimu hamil, kamu pasti langsung melakukan apa pun untuk menjaga janin di dalam kandungan berkembang dengan baik dan tetap sehat hingga proses persalinan. 

Nah, usaha untuk menjaga kesehatan janin nggak hanya dari mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan gaya hidup sehat, tapi kamu juga bisa membaca doa-doa seperti yang diajarkan oleh agama Islam.

Khususnya saat usia kandungan di atas 18 minggu, ketika indera pendengaran janin sudah mulai berkembang ke arah yang lebih sempurna. Dalam ajaran Islam, ibu juga dianjurkan untuk lebih sering membaca doa-doa baik, agar janin bisa mendengarnya.

Berikut ini Popbela sudah mengumpulkan kumpulan doa-doa agar janin dalam kandungan berkembang dengan baik, bacaan doa ini bisa kamu baca setiap saat.

1. Surat Al-Fatihah

pexels.com/Rodnae Productions

Ini adalah surat pertama dalam Alquran dan dikenal sebagai salah satu surat yang memiliki berbagai manfaat, salah satunya bagi kesehatan. Itu karena dalam surat ini tertulis berbagai harapan bahwa Allah SWT selalu sayang dan menjaga hamba-hamba-Nya.

Surat Al-Fatihah menjadi salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca oleh ibu hamil supaya janin bisa berkembang dengan baik dan sehat. Kamu bisa membaca surat ini setelah selesai salat subuh, lalu meniupkannya ke perut.

2. Surat Al-Insyirah

freepik.com/freepik

Makna dari surat ini adalah bahwa setiap kesulitan juga akan ada kemudahan yang didapat. Nah, makna ini tentu saja sangat sesuai dengan kondisi kamu yang sedang hamil dan mendapat banyak tantangan.

Menjadi ibu hamil memang bukan pekerjaan yang mudah. Mengandung bayi di dalam perut selama 9 bulan, lalu melahirkannya, tentu merupakan tantangan tersendiri bagi setiap perempuan. 

Surat Al-Insyirah ini dipercaya bisa membuat ibu hamil merasa lebih tenang setelah membacanya. Melalui surat ini, Allah SWT menjanjikan ibu hamil yang telah berjuang selama proses kehamilan sembilan bulan, bisa mendapatkan kemudahan di masa mendatang.

3. Surat Al-Hijr ayat 97-99

Freepik.com/Free Picture

Arti dari surat ini disebut sangat cocok untuk ibu hamil, yaitu:

“Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (salat), dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal).”

Surat ini mengajarkan kita untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya. Tak terkecuali saat tengah mengandung, seorang ibu bisa membaca doa ini untuk meminta kepada Allah agar janin dikuatkan dan berkembang dengan baik.

4. Doa agar janin dalam kandungan selalu sehat

Freepik.com

Ini mungkin adalah hal paling utama yang selalu didoakan ibu hamil untuk janin dalam kandungannya. Untuk itu, Bela bisa membaca doa berikut ini:

Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama.

Artinya:

"Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

5. Doa agar dihindari dari keguguran

Unsplash.com/Anastasiia Chepinska

Keguguran adalah hal yang paling ditakuti oleh semua ibu hamil. Daripada kamu jadi khawatir berlebihan, sebaiknya pasrahkan semuanya pada Allah SWT dan berdoa dengan membaca surat Fatir ayat 41, yaitu: 

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la'in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba'dih, innahu kana haliman gafara.

Artinya:

"Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun."

6. Doa jika merasa payah atau kewalahan saat hamil

klikdokter.com

Semua ibu hamil pasti mengharapkan kehamilan berjalan lancar, tapi nggak jarang kehamilan justru membuat perempuan merasa payah atau kewalahan. Mual atau morning sickness, rasa kelelahan, dan selalu merasa pegal saat mengandung hingga tak bisa tidur merupakan beberapa kesusahan yang kerap dialami ibu hamil.

Jika kamu merasakannya atau agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya membaca doa ini:

Allaahumma 'aafinii fii badanii wa 'aafinii fii sam'ii wa 'aafini fii basharii

Artinya:

“Ya Allah, sehatkan badanku, sehatkan pendengaranku, dan sehatkan penglihatanku."

7. Doa agar diberi anak yang saleh atau salehah

Freepik.com

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang saleh atau salehah. Untuk itu, ketika hamil kamu dan suami bisa mengamalkan doa dari surat QS. Ash-Shaaffaat [37]:100 ini:

Rabbi hab lii minash shaalihiin

Artinya:

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh."

8. Doa menjelang persalinan

Pexels.com/Kristina Paukshtite

Dikisahkan, saat Fathimah RA dalam masa persalinan, Rasulullah SAW memerintahkan Ummu Salamah serta Zainab binti Jahsyin R.A untuk mendampinginya. Rasul kemudian meminta keduanya membaca beberapa ayat Alquran, salah satunya surat Al A’raf ayat 54 yang berbunyi:

Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn  

Artinya:

“Sungguh, Tuhanmu adalah Allah, yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutup malam dengan siang yang mengiringinya dengan segera. Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang yang tunduk di bawah perintah-Nya. Ingatlah, hanya milik Allah segala penciptaan dan segala urusan. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”

Potongan surat ini disebut bisa membantmu dalam menghadapi persalinan sehingga Allah SWT akan memberikan kemudahan, serta ibu dan bayi dalam keadaan selamat dan sehat.

Itulah beberapa bacaan doa yang bisa kamu amalkan agar janin dalam kandungan berkembang dengan baik selama kehamilan. Semoga semua doa itu juga bisa membantumu lebih tenang menjalani kehamilan ini, ya.

IDN Media Channels

Latest from Married