Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Tentukan Destinasi Bulan Madu Terbaik bersama Pasangan 

Jadikan bulan madu ini momen tak terlupakan ya, Bela

Elga Windasari

Salah satu hal yang biasanya tak ketinggalan saat mempersiapkan pernikahan adalah merencanakan bulan madu. Selain kapan akan melakukannya, yang tidak kalah penting adalah menentukan lokasi destinasi bulan madu.

Jika memiliki uang lebih, maka pilihan yang dimiliki akan lebih beragam. Namun, jangan sampai destinasi yang dipilih hanya berdasarkan cerita dari orang lain serta tidak sesuai dengan keinginanmu dan pasangan, ya.

Dilansir dari Wedding Bazaar, ini adalah daftar yang akan membantu kalian memutuskan cara memilih tujuan bulan madu yang sempurna. Semoga daftar ini membuatmu dan pasangan tidak lagi kebingungan dan lebih pasti saat memilih tempat yang akan menjadi kenangan paling berharga bersama pasangan.

1. Tentukan jenis lokasi yang ingin dikunjungi

pexels.com/Asad Photo Maldives

Apakah kamu dan pasangan ingin pergi ke pantai atau tempat yang dingin, ini yang harus pertama kali ditentukan. Setelah itu, barulah tentukan detail dari jenis lokasi yang ingin dituju. Jika ke pantai, apakah diinginkan pantai yang sepi atau ramai? Begitu juga jika tujuannya ke tempat berudara dingin, apakah ingin ke kota besar atau pedesaan?

Menentukan jenis lokasi yang diinginkan saat berbulan madu seperti ini, bisa membuat pilihanmu dan pasangan semakin terbatas sehingga tidak terlalu bingung menentukannya.

2. Periksa musim dan cuaca di lokasi yang diinginkan

Favim.com

Faktor lain yang wajib dipertimbangkan saat memilih destinasi bulan madu adalah musim dan cuaca di sana.

Misalnya saja kamu ingin bulan madu ke Korea Selatan, tetapi di sana kebetulan sedang musim dingin dan bersalju. Maka, yang harus dipertimbangkan adalah apakah kamu dan pasangan tahan dengan udara dingin? Selain itu beberapa tempat wisata di sana juga mungkin akan tutup di musim dingin. 

Jadi, jangan lupa periksa juga kondisi cuaca dan musim di destinasi bulan madu pilihan, ya.

3. Pastikan di sana bisa melakukan kegiatan menyenangkan

freepik.com/ user14607558

Selain memadu kasih, tujuan lain berbulan madu adalah agar kamu dan pasangan bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan bersama.

Jadi, jangan lupa cari apa saja kegiatan yang bisa dilakukan bersama pasangan di destinasi bulan madu yang diinginkan. Diskusikan semuanya dengan pasangan, jika perlu buat daftar hal-hal apa saja yang akan kalian sukai untuk dilakukan berdua.

4. Jangan lupa rencanakan anggaran

Pexels/Pavel Danilyuk

Tentu saja, yang tidak boleh dilupakan saat memilih destinasi bulan madu adalah budget. Sebelum menentukan lokasi, bicarakan secara terbuka dengan pasangan mengenai anggaran yang kalian berdua miliki. Buat anggaran tetap dan hanya pertimbangkan destinasi yang dapat diwujudkan anggaran tersebut.

Mempertimbangkan tujuan yang tidak sesuai kemampuan hanya akan menambah stres mempersiapkan pernikahan. Tak perlu memaksakan diri ke luar negeri jika belum ada biayanya. Masih banyak kota di Indonesia yang tidak kalah indah dengan luar negeri, kok.

5. Pertimbangkan durasinya

Pexels/ Vanessa Garcia

Setelah anggaran sudah ditetapkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatur durasi bulan madu. Cek waktu cuti kerja yang diberikan oleh kantor masing-masing. Jika cuti yang diberikan cukup panjang, maka kamu juga bisa melakukan bulan madu yang panjang selama berminggu-minggu.

Namun, jika kamu dan pasangan tidak memiliki banyak waktu setelah menikah sebelum kembali bekerja, maka pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh. Jadi, kalian berdua tidak akan menghabiskan waktu bulan madu di perjalanan.

6. Jangan hanya tertarik dengan paket tiket pesawat dan hotel

freepik.com/ pressfoto

Banyak orang yang sering terjebak di sini. Jika kamu dan pasangan melihat harga yang bagus untuk tiket pesawat dan paket hotel, jangan lupa untuk memeriksa kembali biaya lainnya. Misalnya saja, restoran lokal dan transportasi setempat, serta aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

Jika untuk biaya makan, transportasi, dan tempat wisata jauh lebih mahal, maka biaya bulan madu akan lebih membengkak. Hal itu tentu saja tidak sepadan dengan harga tiket pesawat dan penginapan yang murah.

7. Tentukan ingin menetap di satu lokasi atau berpindah-pindah

Pexels/Veerasak Piyawatanakul

Saat pergi ke sebuah kota atau negara, biasanya tempat wisata yang ingin dikunjungi bisa berjauhan. Tak perlu jauh-jauh, Bali misalnya.

Jika kamu dan pasangan menginap di daerah Kuta, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika ingin mengunjungi banyak tempat wisata di Bali Utara. Daripada menghabiskan waktu di jalan, maka lebih baik jika kalian pindah-pindah penginapan.

Namun, tentu saja hal itu akan mempengaruhi anggaran yang dimiliki. Jadi, tetapkan sejak awal apakah kalian ingin menetap di satu lokasi atau akan berpindah-pindah penginapan selama bulan madu.

8. Pergi ke tempat yang sudah pernah dikunjungi atau tempat baru?

www.unsplash.com/ Nathan Dumlao

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pergi ke lokasi yang sudah dikenal membuat kalian berada di zona nyaman. Namun, pergi ke tujuan baru mungkin saja akan lebih menyenangkan.

Sekali lagi bicarakan dengan pasangan mengenai hal ini. Apakah kalian ingin menghabiskan bulan madu di tempat yang sudah familier atau mencari petualangan baru? Keduanya pasti akan sama-sama menyenangkan.

9. Periksa kondisi di destinasi bulan madu yang dituju

Pexels.com/Gustavo Fring

Sebelum membeli tiket transportasi dan booking hotel, periksa dulu kondisi di tempat bulan madu yang akan dituju. Apakah di sana sedang musim kampanye karena akan pemilu atau memiliki risiko kesehatan tertentu atau bahkan keamanannya sedang tidak stabil?

Semua hal itu tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan kamu dan pasangan saat berbulan madu nanti. Jangan sampai waktu penting tersebut jadi rusak karena salah memilih destinasi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih destinasi wisata bulan madu bersama pasangan. Intinya, jangan terburu-buru saat menentukan pilihan agar tidak menyesal di kemudian hari ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married