Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Halus Jika Kamu Tak Mau Mengundang Teman ke Acara Pernikahanmu

Semoga cara ini nggak sampai membuat temanmu kesal ya, Bela

Elga Windasari

Ada pasangan yang ingin mengundang banyak orang ke acara pernikahannya. Namun, nggak sedikit pula yang membatasi undangan pernikahan hanya untuk orang-orang tertentu. Nah, cara terakhir ini cukup menantang untuk dilakukan, meskipun bukan nggak tidak mungkin.

Sebenarnya, karena ini pesta pernikahanmu dengan pasangan, jadi kalian memiliki hak untuk melakukan apa pun yang diinginkan. Sayangnya, nggak semua orang mengerti hal tersebut. Jadi, kamu mungkin harus melakukan cara sehalus dan sesopan mungkin untuk nggak mengundang teman ke acara pernikahanmu dan pasangan.

Dilansir dari The Wed, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa menimbulkan konfrontasi.

1. Perubahan rencana

Pexels/ Jeremy Wong

Kamu bisa bilang jika rencana acara pernikahan yang tadinya diadakan di venue yang lebih besar, berubah menjadi ke tempat yang lebih kecil. Bisa dengan alasan apa pun, misalnya biaya, venue lebih bagus meski lebih kecil, atau kamu ingin pernikahan yang lebih intimate.

Saat bilang mengenai perubahan rencana ini sehingga kamu nggak bisa mengundangnya, berikan kata-kata penyesalan dan penghibur untuknya. Kamu bisa bilang, “Maaf banget aku nggak bisa ngundang kamu, ya. Mungkin kita bisa ngerayain sama teman-teman yang lain di lain waktu.”

2. Beri tahu situasi yang bisa membuat canggung

pexels.com/thiều-hoàng

Ini sebenarnya bisa alasan yang jujur atau dibuat-buat, ya. Terserah kamu dan pasangan saja.

Jika kamu memiliki teman yang baru saja putus dan mantannya itu akan datang ke acara pernikahanmu, kamu bisa bilang, "Aku mau kasih tahu kalau mantan kamu bakal datang ke acara pernikahan aku karena dia kan sahabat dekat calon aku, ya. Jadi, kayaknya aku nggak bisa ngundang kamu supaya suasananya nggak jadi canggung. Maaf banget, ya.”

Namun, alasan ini sepertinya hanya bisa kamu berikan jika acara pernikahan yang diadakan memang hanya mengundang sedikit orang dan teman yang nggak ingin kamu undang ini bukanlah teman dekat.

3. Ungkit konflik di antara kalian

pexels.com/liza-summer

Kamu mungkin sebelumnya ingin mengundang si teman ini. Namun, sebelum melakukannya, tiba-tiba muncul konflik cukup berat di antara kalian yang membuatmu sangat kesal.

Sebenarnya, jika kamu tetap mengundangnya, kamu bisa menjadikan undangan pernikahan yang akan diberikan nanti sebagai kesempatan untuk memperbaiki hubungan. Namun, jika kamu nggak bisa atau belum mau melakukannya (karena mungkin kamu masih terlalu kesal!), utarakan langsung hal tersebut padanya.

Tanpa emosi, kamu bisa mengatakan, “Aku masih belum bisa berdamai dengan masalah kita. Aku juga belum siap ngomonginnya sama kamu. Jadi, aku rasa lebih baik kamu nggak datang ke acara pernikahan aku supaya kita sama-sama tenang, ya. Maaf banget sebelumnya.”

Ingat ya, Bela. Kamu nggak akan menjadi pribadi yang kejam karena melakukan ini. Hari pernikahan adalah salah satu hari terpenting dalam hidupmu dan kamu harus mendahulukan kepentinganmu dibandingkan kepentingan orang lain.

4. Kamu nggak suka dengan orang yang akan diajaknya

Pexels.com/Polina Zimmerman

Sebelum mengundang di teman ini, dia tak sengaja bilang akan mengajak pacar atau siapa pun yang nggak kamu suka. Bahkan, membayangkan ada orang ini di acara pernikahanmu saja sudah membuatmu nggak senang.

Kalau seperti ini kasusnya, katakan langsung kepada temanmu mengenai hal tersebut. Kamu bisa bilang kalau nggak suka dengan rencananya itu. Kamu juga bisa bilang, jika dia masih tetap ingin mengajak orang tersebut, kamu lebih memilih untuk nggak mengundangnya ke acara pernikahanmu.

Mungkin ini terasa agak kasar. Namun, ingatlah kalau kamu sudah membuat kesepakatan dengan pasangan dan keluarga besar tentang acara pernikahan yang akan dilaksanakan. Dengan tetap berpegang pada rencana tersebut, kamu selangkah lebih dekat ke pernikahan yang diinginkan, bukan pernikahan yang didikte oleh tamu.

5. Jumlah undangan terbatas

Pexels.com/launk motret galery

Mungkin ini cara paling halus, aman, dan sopan yang bisa kamu lakukan jika nggak ingin mengundang teman ke acara pernikahanmu. Bilang saja, "Maaf, ya. Aku dan calon sudah memiliki daftar tamu. Kami sudah menyelesaikan jumlah teman dan kerabat yang akan diundang dan nggak bisa diubah lagi."

Meskipun sudah terasa paling halus, aman dan sopan, tetap saja ada kemungkinan si teman ini merasa tersinggung. Namun, ini juga bisa menjadi pengingat baginya kalau kalian sebenarnya bukan teman dekat, yang mungkin selama ini disangkanya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika nggak ingin mengundang teman ke acara pernikahanmu. Jangan terlalu merasa nggak enak ya, Bela. Biar bagaimanapun itu adalah hari besarmu dan kamu yang berhak menentukan siapa yang ingin diundang.

IDN Media Channels

Latest from Married