Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Pengantin Baru Lengkap agar Langgeng dan Berkah

Baca doa berikut ini

Dina Lathifa

Selain ucapan pernikahan, doa pengantin baru merupakan salah satu hal yang selayaknya kamu ucapkan untuk pasangan yang baru saja menikah. Dengan menyampaikan atau memanjatkan doa, tandanya kamu turut berharap pada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagian kedua mempelai di kehidupan rumah tangga mereka. Dengan mendoakan pengantin, kamu turut menunjukkan kebahagiaanmu pada mereka.

Namun nggak sembarangan doa, Bela. Ada doa khusus yang dapat kamu panjatkan atau kamu kirimkan pada pasangan yang baru saja menikah maupun yang sedang mempersiapkan pernikahan. Bukan pula ucapan "Samawa" maupun "Semoga Sakinnah Mawaddah Warrahmah". Ini bacaan doa pengantin baru yang perlu kamu ketahui.

Doa untuk pengantin baru

pexels.com/Hiển Nguyễn

Ketika menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta resepsi pernikahan seseorang, kata ucapan pernikahan yang umumnya disampaikan adalah "Semoga sawawa, ya!" atau "Sakinnah Mawaddah warrahmah." Itu merupakan doa baik, namun bukan doa untuk pasangan yang baru menikah. Jika ingin menyampaikan doa pengantin baru, ini doa yang tepat.

Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, "Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khairin

Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan" (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Itulah doa yang tepat untuk pasangan yang baru saja menikah, Bela. Kamu bisa membacakan doa ini kemudian mengucapkan "Samawa". Jika nggak sempat bertemu, kamu dapat mengirimkan doa ini dalam ucapan pernikahanmu pada saudara atau teman yang menikah.

Doa untuk calon pengantin

pexels.com/Pixabay

Jika menemani saudara atau teman dalam mempersiapkan pernikahannya dengan pasangannya, panjatkan doa untuk kelancaran menjelang hari bahagianya nanti. Sebab, kadang ada ujian yang datang mendera orang-orang yang sedang menanti hari pernikahannya. Ada beberapa doa yang dapat kamu panjatkan untuk calon pengantin. Doa tersebut merupakan potongan surat dalam Al-Qur'an.

Doa untuk calon pengantin yang dapat kamu sampaikan pada saudara atau teman adalah doa agar mendapatkan jodoh yang baik. Ini merupakan potongan dari surat asy-Syuara ayat 83, yang berbunyi,

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."

Lalu, ada pula doa memohon kelancaran persiapan acara pernikahan. Doa ini berasal dari potongan surat al-Kahfi ayat 10, yang berbunyi,

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

Doa-doa itu dapat kamu beritahukan pada saudara atau teman yang sedang mempersiapkan pernikahan agar mereka dapat mengamalkannya. Doa tersebut memohon pada Allah SWT untuk mendapatkan jodoh yang baik serta memohon kelancaran dalam mempersiapkan pernikahan.

Doa untuk pasangan pengantin

pexels.com/Nappy

Doa untuk pasangan pengantin sama seperti yang tercantum pada poin pertama. Namun selain doa tersebut, kamu dapat membacakan doa pengantin baru lainnya yang memohon rahmat serta keberkahan untuk mempelai berbahagia. Ada beberapa doa yang dapat kamu panjatkan ketika sedang menyantap hidangan di resepsi pernikahan, seperti berikut.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

Doa lainnya, dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR. Muslim).

Ada pula doa lainnya dengan lafaz sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku."

Atau terakhir, dapat dengan lafaz sebagai berikut:

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: "Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian."

Doa keberkahan dalam rumah tangga

pexels.com/Monstera

Setelah doa pengantin baru, setiap orang tentu menghendaki keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Namun, hal itu juga perlu diupayakan melalui doa keberkahan rumah tangga berikut ini. 

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ وَارْزُقْنِيْ مِنْهُمْ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي. اَللّٰهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

Allahumma barik li fi ahli wa barik lahum fiyya warzuqni minhum warzuqhum minni. Allahummajma’ bainana ma jama’ta ila khairin wa farriq bainana idza farraqta ila khairin

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”

Selain itu, Nabi Ibrahim AS juga berdoa berikut ini untuk membangun rumah tangganya. Nabi Ibrahim AS membacanya sebanyak 313 kali setiap waktu supaya diberikan kelapangan rezeki oleh Allah SWT.

رَّبَّنَآ إِنِّىٓ أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِى بِوَادٍ غَيْرِ ذِى زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ ٱلْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱجْعَلْ أَفْـِٔدَةً مِّنَ ٱلنَّاسِ تَهْوِىٓ إِلَيْهِمْ وَٱرْزُقْهُم مِّنَ ٱلثَّمَرَٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Rabbanaa innii askantu min żurriyyatii biwādin gairi żii zar'in 'inda baitikal-muḥarrami rabbanaa liyuqiimus-salaata faj'al af`idatam minan-naasi tahwii ilaihim warzuq-hum minas-samaraati la'allahum yasykurụn

Artinya: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur."

Doa agar dikaruniai anak saleh salihah

Pexels.com/J carter

Terakhir, pengantin baru tentu banyak yang menginginkan untuk segera diberi keturunan yang saleh dan salihah. Maka dari itu, doa pengantin baru untuk memohon anak berikut ini bisa kamu bacakan. 

Pertama, doa ini bisa kamu baca agar cepat dikaruniai anak. 

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ   

Rabbi hab lii mil ladungka dzurriyyatan thayyibah, innaka samii‘ud-du‘aa'.  

Artinya, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (QS Ali ‘Imran: 38).

Selanjutnya, doa ini untuk memohon anak yang saleh dan salihah

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا     

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pandangan mata yang menyejukkan dari para istri dan anak keturunan kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Itulah kumpulan bacaan doa pengantin baru yang dapat kamu panjatkan untuk saudara, teman, atau untuk mereka yang sedang mempersiapkan pernikahan.

Sejatinya sebagai seorang muslim yang baik, sudah seharusnya mendoakan sesama dalam berbagai hal, dan salah satunya ketika menikah. Doa yang baik akan mendatangkan keberkahan untuk yang didoakan, dan orang yang mendoakan kebahagian tersebut.

IDN Media Channels

Latest from Married