Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Biaya Pernikahan yang Harus Disiapkan, Berapa Estimasinya?

Persiapkan dengan matang

Dina Lathifa

Biaya pernikahan menjadi hal paling penting yang perlu dipersiapkan pasangan yang berencana menuju pelaminan. Tanpa rincian yang teliti dan estimasi yang akurat, budget pernikahan ini akan keluar lebih banyak dengan hasil yang nggak sesuai dengan impian. Nggak mau kan, ada banyak uang terbuang percuma untuk hari pernikahanmu dan pasangan nanti?

Jika sedang mempersiapkan hari bahagia dengan pasangan, kamu perlu menghitung dan mempersiapkan biaya pernikahan yang akan dikeluarkan. Kemudian, kamu pun perlu mengetahui hal-hal pernikahan yang perlu dibayar. Lebih baik lagi jika kamu mengetahui estimasi biaya nikah tahun terkni. Dengan begitu, kamu dapat membuat tips strategi mengumpulkan biaya pernikahan.

Biaya pernikahan yang akan dikeluarkan

Pixabay.com/StockSnap

Ada berbagai hal dalam persiapan pernikahan dan pernikahan itu sendiri yang memerlukan biaya. Jangan sampai melupakannya karena beberapa hal ini cukup vital dalam persiapan pernikahan. Ini dia daftar pengeluaran biaya pernikahan yang perlu kamu persiapkan.

1. Biaya administrasi pendaftaran pernikahan

Sebelum menikah, hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah administrasi pendaftaran menikah. Jika beragama Islam, kamu harus mempersiapkan biaya pendaftaran pernikahan ke kantor urusan agama (KUA) tempatmu melangsungkan pernikahan. Hal yang sama berlaku pada pernikahan pada agama dan keyakinan lain, kamu harus mendatangi Kantor Catatan Sipil untuk mendaftarkan pernikahan itu. Jika nggak mendaftarkan diri, pernikahanmu nggak akan dianggap sah oleh negara.

2. Biaya sewa gedung

Unsplash.com/Cinematic Imagery

Selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan biaya sewa gedung. Jika berniat melangsungkan pernikahan yang mewah atau besar, kamu perlu menyewa gedung yang dapat memuat banyak seperti aula serbaguna, ruang konferensi hotel, atau aula masjid. Jika ingin melangsungkan pernikahan di kediaman perempuan, kamu terbebas dari biaya sewa gedung.

Namun, kamu tetap menghitung sewa tenda untuk acara pernikahan di rumah. Semakin luas dan semakin tinggi tenda, semakin besar biaya yang dikeluarkan. Serta, pastikan kamu tetap menghitung biaya parkir jika ingin merekrut tukang parkir atau ingin menyewa suatu halaman sebagai lahan parkir pada saat acara nanti.

3. Biaya prasmanan atau katering

Faktanya, biaya makanan pernikahan atau katering menjadi salah satu biaya nikah terbesar. Karena itu patut kamu perhitungkan sebijaksana mungkin. Kamu perlu menentukan jenis menu dan banyaknya tamu untuk mendapatkan perhitungan biaya katering yang tepat. Semakin banyak jenis makanan, semakin sulit olahan hidangan, dan semakin banyak tamu yang diundang, dapat memengaruhi besaran budget katering nikah. Sebagai alternatif, kamu bisa menyewa tukang masak untuk hidangan pernikahanmu nanti.

4. Biaya rias dan gaun pengantin

Unsplash.com/Thomas Ae

Biaya gaun dan makeup pengantin juga cukup vital dalam pernikahan. Istilah 'ada harga ada rupa' menjadi kunci dalam menyewa jasa riasan pengantin. Kamu benar-benar perlu mempertimbangkan pemilihan jasa rias pengantin karena jika nggak cocok, tentu akan berpengaruh pada riasanmu di hari pernikahan. Biaya rias pengantin akan menjadi lebih banyak ketika kamu akan melangsungkan pernikahan dengan prosesi adat. Ada banyak jasa rias pengantin yang menawarkan paket rias dan gaun. Tentu ini akan lebih menghemat pengeluaranmu dan pasangan.

5. Biaya undangan dan suvenir nikah

Undangan dan suvenir nikah juga nggak boleh kamu lupakan, Bela. Meski terkesan sederhana, undangan dan suvenir sendiri dapat memaka biaya yang besar jika kamu menginginkan desain yang beragam. Semakin banyak permintaan desain dan semakin banyak jumlah yang dipesan, dapat memengaruhi besaran pengeluaranmu.

6. Biaya foto dan video

Unsplash.com/Todd Ruth

Apa kamu ingin menyewa jasa foto yang sama untuk prewedding dan pernikahan nanti? Atau kamu ingin menyewa jasa yang berbeda untuk kedua acara tersebut? Seberapa banyak tim foto dan video yang kamu butuhkan? Hal-hal seperti ini dapat memengaruhi penghitungan biaya foto dan video. Juga semakin bagus portofolio yang ia miliki, semakin tinggi harga sewa yang akan ia berikan padamu.

7. Biaya dekorasi pernikahan

Tentunya, kamu perlu mendekorasi ruangan untuk pernikahanmu nanti! Bagaimana konsep dekorasi yang kamu inginkan untuk pernikahanmu nanti? Kamu dapat menentukannya setelah menemukan gedung yang tepat. Karena desain gedung itu sendiri dapat memengaruhi jenis dekorasi yang kamu inginkan.

8. Biaya seragam keluarga dan bridesmaid/groomsmen

Unsplash.com/Devon Divine

Ini pilihan, namun nggak ada salahnya untuk menghitungnya. Sebab, baju keluarga yang nampak seragam akan melengkapi nuansa pesta secara keseluruhan. Belum lagi jika kamu memiliki teman dekat yang ingin dijadikan sebagai bridesmaid atau groomsmen, kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk memberikan bahan atau baju pada mereka.

9. Biaya hiburan musik

Rasanya, pesta tanpa musik akan terasa sepi, bukan? Karena itu kamu perlu mempertimbangkan penyewaan jasa musik untuk pernikahan. Terutama jika menggunakan prosesi adat, kamu dan pasangan perlu menyewa sanggar seni lengkap dengan pemain musik tradisionalnya.

Estimasi biaya menikah

Pexels.com/Asad Photo Maldives

Jika sudah mengetahui hal-hal yang membutuhkan persiapan biaya dalam pernikahanmu nanti, selanjutnya kamu perlu membuat estimasi biaya nikah. Berdasarkan pengeluaran rata-rata tahun 2019, ini estimasi dari masing-masing daftar persiapan pernikahan yang telah disebutkan di atas:

  • Biaya pendaftaran pernikahan: Rp 600 ribu - Rp 1 juta
  • Biaya sewa gedung: Rp 3,5 juta - Rp 30 juta
  • Biaya tenda: Rp 5 juta - Rp 10 juta
  • Biaya katering pernikahan: Rp 20 juta - 70 juta (dengan estimasi 200 porsi)
  • Biaya rias dan gaun pengantin: Rp 3 juta - Rp 15 juta
  • Biaya undangan pernikahan: Rp 1.500 - Rp 10 ribu per lembar
  • Biaya suvenir: Rp 1.500 - Rp 50 ribu per produk
  • Biaya foto dan video: Rp 2 juta - Rp 12 juta
  • Biaya dekorasi pernikahan: Rp 3 juta - Rp 8 juta
  • Biaya seragam pernikahan: Rp 75 ribu - Rp 300 ribu per baju/per kain.
  • Biaya hiburan musik: Rp 2 juta -  Rp 10 juta

Itulah kira-kira estimasi biaya pernikahan dari masing-masing aspek yang perlu kamu dan pasangan persiapkan. Biaya tersebut bisa kurang, bisa lebih, tergantung dari keiinginan kamu dan pasangan (juga keluarga) dalam menyusun pernikahan kalian nanti.

Tips mengumpulkan dan menyiapkan biaya pernikahan

Pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Ketika sudah tahu estimasi dan konsep pernikahan yang diinginkan, kamu dan pasangan sudah harus memulai mengumpulkan budget nikah itu. Ada beberapa tips mengumpulkan biaya pernikahan yang bisa kamu coba dari sekarang.

1. Menentukan tanggal nikah

Karena dengan menentukan tanggal nikah, kamu dan pasangan bisa menghitung besaran uang yang perlu ditabung dan jangka waktu yang dimiliki untuk mendapatkan biaya nikah yang diinginkan.

2. Urutkan pengeluaran berdasarkan prioritas

Unsplash.com/Alexander Mils

Faktanya, kamu nggak harus mengeluarkan semua biaya persiapan dalam waktu bersamaan. Kamu dapat mengurutkan sesuai prioritas. Misalnya untuk pengeluaran tahap pertama, kamu mempersiapkan dana pendaftaran administrasi pernikahan dan gedung. Lalu pada tahap selanjutnya, kamu mulai mencari katering pernikahan dan rias pengantin. Semuanya pun nggak selalu harus dibayar penuh. Beberapa di antaranya ada yang memiliki pembayaran di muka sehingga sisa biayamu bisa dialokasikan ke persiapan lainnya.

3. Mengurangi biaya kencan

Nggak ada salahnya untuk mulai mengurangi biaya kencan atau jalan-jalan dengan pasangan di setiap minggu atau bulan. Biaya tersebut dapat kamu tabung untuk pernikahanmu nanti, betul?

4. Mengurangi biaya yang nggak penting

Unsplash.com/Jp Valery

Jika ingin pernikahan dengan biaya hemat, ada baiknya untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting. Misalnya, kamu nggak memberikan bahan baju untuk teman-temanmu. Nggak masalah, kok. Karena ini pun bukan sebuah kewajiban.

5. Menahan ego masing-masing pihak

Ketika menginginkan pernikahan yang hemat, sangat disarankan untuk menahan ego dari masing-masing pihak. Tentu, kamu dan pasangan ingin pernikahan yang sempurna. Namun sempurna, nggak selalu harus mewah. Sederhana pun dapat terlihat berkesan. Seringlah melakukan diskusi untuk mempertimbangkan konsep pernikahan dengan pasangan dan keluarga.

6. Mencari paket pernikahan

Unsplash.com/Roma Shackiy

Ada beberapa jasa yang menawarkan paket pernikahan lengkap yang sudah mencakup semua kebutuhan. Paket pernikahan ini akan menghemat biaya sekaligus menghemat waktumu.

Jujur saja, persiapan biaya pernikahan ini terlihat banyak, ya? Namun dengan perencanaan yang matang serta pertimbangan yang bijak, kamu bisa mendapatkan pesta pernikahan sesuai keinginan dengan biaya yang sepadan. Jangan lupa untuk sering-sering mencari rekomendasi vendor pernikahan serta mengumpulkan banyak pilihan sehingga dapat mempertimbangkan secara sungguh-sungguh. Semoga acara pernikahanmu berjalan lancar!

IDN Media Channels

Latest from Married