Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Pernikahan

Kamu jadi bisa melihat kehidupan pernikahan dari banyak sisi

Citra Purnamasari

Bagi sebagian orang, pernikahan merupakan saat yang membahagiakan dan menjadi langkah baru dalam kehidupan. Tidak selamanya bahagia, kehidupan pernikahan sejatinya juga penuh dengan tantangan dan rintangan.

Kisah-kisah mengenai kehidupan pernikahan menjadi salah satu tema yang banyak diangkat ke dalam karya seni, misalnya novel hingga film. Selain relate dengan kehidupan sehari-hari, pernikahan juga menyuguhkan banyak adegan romantis, menyentuh, hingga permasalahan yang kompleks.

Berikut ini 13 rekomendasi film Indonesia bertema pernikahan yang bisa kamu tonton bareng pasangan atau teman. Bisa menjadi pelajaran buat nanti, nih!

1. Test Pack (2012)

imdb.com

Setelah menikah salah satu goals yang biasanya dimiliki pasangan suami istri tentu adalah memiliki buah hati. Perjuangan memiliki seorang anak dirangkum dengan apik pada film Test Pack yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Acha Septriasa.

Berkisah tentang Rahmat (Reza) yang harus menerima kenyataan bahwa dia mandul, namun rupanya dia tidak sanggup berterus terang kepada sang istri, Tata (Acha), mengenai hal ini.

Bukan hanya soal perjuangan untuk memiliki anak, film ini juga mengajarkan kita mengenai arti kesetiaan pada pasangan.

2. Get Married 3 (2011)

imdb.com

Setelah menikah, Mae (Nirina Zubir) dan Rendy (Fedi Nuril) langsung dikarunai anak dan memutuskan untuk fokus dengan keluarga kecil mereka. Kenyataan memang tidak seindah angan, Mae merasakan baby blues pasca melahirkan.

Mae yang menjadi emosional dan moody membuat Rendy kebingungan dan akhirnya meminta bantuan dari teman-teman Mae. Namun, Rendy malah merasa tidak percaya diri dan gagal menjadi seorang suami yang baik.

Memiliki anak, apalagi sampai mengalami baby blues, tentu bukan hal yang mudah dalam pernikahan. Di sini kamu bisa belajar saling memahami dan menyelesaikan permasalahan yang mungkin muncul dalam pernikahan.

3. 7 Hari 24 Jam (2014)

imdb.com

7 Hari 24 Jam menceritakan Prasetyo Ichsan (Lukman Sardi) dan sang Istri, Tania Wulandary (Dian Sastrowardoyo). Sibuk dengan pekerjaan masing-masing membuat pasangan suami istri ini jarang menghabiskan waktu bersama, hingga akhirnya mereka berdua jatuh sakit dan harus dirawat bersama di rumah sakit.

4. Honeymoon (2013)

imdb.com

Bukannya menjadi sesi bulan madu yang manis dan mesra, film Honeymoon justru mengisahkan tentang Farah (Shireen Sungkar) yang takut untuk berhubungan badan dengan sang suami yakni David (Farid Muchtar). Ketakutan ini dikarenakan traumanya di masa lalu.

Konflik mulai muncul ketika Farah mendapati suaminya tengah berada di hotel dengan wanita lain. Wah, bagaimana ya kisah Farah selanjutnya? Apakah pernikahan mereka bisa diselamatkan?

5. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

imdb.com

Surga yang Tak Dirindukan mengangkat isu poligami yang bisa dibilang masih cukup tabu untuk dibahas. Film ini bercerita tentang Pras (Fedi Nuril) yang harus merasakan kehilangan sosok Ibu sejak kecil karena bunuh diri.

Pras akhirnya tumbuh menjadi pria yang sangat menghargai wanita dan menikah dengan Arini (Laudya Chintya Bella). Permasalahan dalam pernikahan pun muncul ketika Pras mencoba menyelamatkan seorang wanita, yakni Meirose (Raline Shah).

Pras yang tidak ingin Meirose mengakhiri hidup dengan sia-sia akhirnya memutuskan untuk menikahinya. Bagi kamu yang ingin menyaksikan film penuh haru, tentunya Surga yang Tak Dirindukan wajib masuk ke dalam tontonan wajib.

6. Milly & Mamet (2016)

imdb.com

Milly & Mamet adalah film spin off dari film populer Ada Apa Dengan Cinta?. Film ini fokus pada karakter Milly (Sissy Priscillia) dengan Mamet (Dennis Adhiswara) yang sudah berumah tangga, namun tetap penuh problematika.

Tidak hanya soal rumah tangga saja, film ini juga menyuguhkan kekompakan suami istri dalam menggapai impian. Wajib ditonton, deh!

7. Ngenest (2016)

imdb.com

Ngenest memiliki ide cerita yang terbilang unik karena mengangkat kisah pria keturunan Tionghoa, yakni Ernest, yang ingin menikahi perempuan pribumi. Ernest rupanya memiliki kekhawatiran jika setelah menikah dia akan memiliki anak berwajah Tionghoa.

Akhirnya Ernest pun menikah dengan Meira (Lala Karmela). Meski begitu kekhawatirannya rupanya belum juga sirna. Hmm.. bagaimana nasib Ernest berikutnya?

8. Talak 3 (2016)

imdb.com

Talak 3 mengangkat cerita perceraian antara Bagas (Vino G Bastian) dan Risa (Laudya Chintya Bella). Pernikahan mereka yang tak pernah akur membuat Bagas menceraikan Risa.

Alih-alih berakhir damai, rupanya keputusan Bagas menceraikan Risa malah mempersulitnya ketika ingin rujuk kembali. Pasalnya Risa harus menikah dengan orang lain jika memang ingin rujuk dengan Bagas.

9. Critical eleven (2017)

imdb.com

Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti) saling mempertanyakan cinta dan komitmen yang telah mereka bangun dalam pernikahan. Mereka dihadapkan pada pilihan yang berat, yakni menyerah atau saling menyembuhkan luka dan berusaha bersatu kembali dalam cinta.

Critical Eleven merupakan film tema pernikahan yang penuh dengan pelajaran berharga. Bisa banget, nih, ditonton terutama jika kamu dan pasangan baru saja menikah.

10. Bukaan 8 (2017)

imbd.com

Alam (Chicco Jerikho) dan Mia (Lala Karmela) merupakan sepasang kekasih yang hendak menikah. Namun, terhalang restu karena Alam yang tidak memiliki pekerjaan tetap membuat keluarga Mia ragu.

Meski begitu pernikahan tetap berjalan dan ternyata kehidupan setelah menikah tak seindah yang dibayangkan. Mia yang sedang mengandung anak pertamanya dan hendak melahirkan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ini jelas membuat Alam harus mencari cara agar bisa mendapatkan uang sebelum anak pertama mereka lahir.

11. Wedding Agreement (2019)

imdb.com

Wedding Agreement bercerita tentang pernikahan yang dikarenakan sebuah perjodohan. Mengisahkan tentang Bian (Refal Hady) yang tidak bisa menolak permintaan sang mama untuk menikah, akhirnya menyetujui perjodohan dengan Tari (Indah Permatasari).

Tapi siapa menyangka, Bian membuat kontrak pernikahan selama satu tahun dan setelahnya dia akan menikahi kekasihnya yaitu Sarah (Aghniny Haque). Penuh lika-liku dan penuh hikmah, film ini bisa jadi tontonan di kala senggang.

12. Twivortiare (2019)

imdb.com

Twivortiare dibintangi oleh Reza Rahadian dan Raihaanun yang menceritakan kisah pernikahan harmonis, namun semakin lama perasaan cinta semakin pudar dan renggang karena keduanya sibuk dengan urusan masing-masing.

Film satu ini merupakan sebuah pelajaran yang penting untuk para pasangan agar tetap menjaga komunikasi terutama setelah menikah.

13. Teman Tapi Menikah 2 (2020)

imdb.com

Diangkat dari kisah nyata Ayudia Bing Slamet yang diperankan oleh Mawar de Jongh dan Ditto Percussion yang diperankan Adipati Dolken. Pernikahan penuh warna ini rupanya berawal dari sebuah persahabatan.

Khusus di film ini, fokus cerita ada pada Ayudia yang tengah hamil. Mempersiapkan kedatangan buah hati dikemas begitu apik, tak lupa juga terdapat konflik yang membuat film Teman Tapi Menikah 2 semakin seru untuk disimak.

Nah, itulah rekomendasi film Indonesia bertema pernikahan yang bisa kamu tonton bareng pasangan atau sahabat. Kamu bakal bisa memetik pelajaran berharga soal pernikahan dari film-film tersebut.

IDN Media Channels

Latest from Married