Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tugas Bridesmaid dan Groomsmen, Apa Saja Ya?

Nomor 2 seru banget!

Bernadette Celine

Pernikahan merupakan salah satu momen istimewa, terutama bagi para calon pengantin. Kehadiran orang-orang terdekat, seperti orangtua, keluarga, dan sahabat sangat berarti untuk memeriahkan acara tersebut. Nggak hanya memeriahkan acara saja, calon pengantin juga membutuhkan pendamping agar acara mereka berjalan lancar. Hadirnya bridesmaid dan groomsmen datang untuk membantu calon pengantin. Lantas, apa saja nih tugas bridesmaid dan groomsmen?

Tugas bridesmaid

Istilah bridesmaid sudah nggak asing lagi di telinga kan, Bela? Bridesmaid adalah pendamping perempuan yang membantu calon pengantin perempuan selama acara pernikahannya atau selama mempersiapkan acara pernikahan itu. Bridesmaid sendiri bisa terdiri dari 3 orang atau lebih, sesuai pilihan calon pengantin. Biasanya, bridesmaid merupakan orang-orang terdekat calon pengantin, seperti sahabat, saudara, atau bahkan kakak adik mereka. Berikut beberapa tugas bridesmaid.

1. Membantu persiapan pernikahan

Wilkieblog.com/Lauren

Tugas pertama sebagai bridesmaid adalah membantu persiapan acara. Menjadi bridesmaid nggak mudah, Bela. Kamu harus siap siaga apabila calon pengantin membutuhkan bantuanmu, baik di hari H maupun sebelumnya. Banyak yang bisa kamu bantu, misalnya fitting baju, membeli sepatu, mencari makeup artist, atau persiapan lainnya.

2. Mempersiapkan bridal shower

Pinterest.com/BigBeryl

Rasanya belum lengkap kalau nggak mengadakan acara bridal shower. Bridal shower adalah sebuah selebrasi untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahannya. Biasanya, bridesmaid mempersiapkan salah satu tempat seperti kafe, restoran, atau tempat liburan seperti pulau untuk mengadakan acara “perpisahan” calon pengantin sebagai single woman.

3. Teman curhat

Etsy.com

Pastinya ada beberapa problem yang harus dilewati oleh calon pengantin dalam mempersiapkan acara ini. Bridesmaid  hadir untuk mendengarkan keluh kesah atau berbagai masalah yang dihadapi calon pengantin dalam mempersiapkan acara besar itu. Sebagai bridesmaid, tentunya kamu harus menjadi pendengar yang baik, Bela. 

4. Menjaga barang pengantin

Unsplash.com/thomasae

Ketika sudah hari H, pasti sang pengantin akan kewalahan apalagi pada barang-barang mereka. Tugasmu menjaga barang-barang pentingnya seperti handphone, dompet, dan lainnya.

5. Pastikan calon pengantin perempuan nggak kelaparan

Pinterest.com/marthastewardweddings

Makan merupakan hal terakhir yang dipikiran oleh pengantin. Saat acara pernikahan, kedua pengantin akan banyak bertemu dengan tamu. Maka dari itu, kamu harus memastikan dia sudah makan sebelum acara tersebut berlangsung. 

Tugas groomsmen

Tentunya bridesmaid juga memerlukan pendamping, sama halnya seperti pengantin perempuan. Groomsmen hadir untuk menjadi pendamping mempelai laki-laki, sekaligus pendamping bridesmaid. Jumlah yang ditentukan untuk groomsmen tentunya harus menyesuaikan dengan bridesmaid. Jika bridesmaid berjumlah 5 orang, maka groomsmen pun 5 orang. Pastinya semua harus memiliki pasangan kan, Bela? Berikut beberapa tugas groomsmen.

1. Menghadiri semua acara

Unsplash.com/jeremywongweddings

Sebagai pendamping pengantin laki-laki, groomsmen wajib banget untuk hadir di semua acara sebelum hari H. Selain sebagai pendamping, groomsmen juga hadir sebagai penerima tamu dan ikut membantu mempersiapkan acara-acara tersebut.

2. Mendampingi pengantin laki-laki

Unsplash.com/kmac3398

Tugas wajib groomsmen adalah berjalan di belakang pengantin laki-laki menuju ke altar pernikahan atau ke pelaminan bersama dengan pasangan bridesmaid-nya masing-masing.

3. Membantu pengantin laki-laki dalam sesi games

Rd.com/IVASHSTUDIO

Rangkaian acara cukup banyak dilewati sebelum hari H pernikahan. Salah satunya Bridesmaid Challenge yang ditujukan untuk pengantin laki-laki dan groomsmen untuk “menjemput” calon pengantin perempuan di kamar atau di rumahnya. Groomsmen harus membantu pengantin laki-laki untuk berhasil “menjemput” sang pujaan hati, seperti mengikuti aturan main yang telah dibuat oleh bridesmaid. Seru banget ya, Bela!

4. Perhatikan agar pengantin laki-laki nggak kelaparan

Unsplash.com/katweil

Sama halnya dengan bridesmaid, groomsmen juga perlu memperhatikan kondisi pengantin laki-laki apakah dia sudah makan atau belum. Karena akan menemui beberapa tamu undangan, mengisi perut nggak terlalu mereka perhatikan. 

5. Selalu tersenyum

Theplunge.com

Nggak hanya pengantin saja, groomsmen pun akan sering bertemu dengan banyak tamu undangan. Menjadi pendamping mempelai tentunya harus selalu tersenyum dan bersikap ramah terhadap siapapun yang mereka temui.

Nah, itu dia tugas bridesmaid dan groomsmen. Jadi, gimana nih Bela, apakah kamu siap untuk menjadi bridesmaid sahabat kalian nanti? 

IDN Media Channels

Latest from Married