Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Patut Dihindari! Ini 8 Kesalahan Umum dalam Merencanakan Pernikahan

Jangan sampai kamu lakukan!

Astri Amalia

Hari pernikahan merupakan hari yang amat sakral bagi tiap pasangan. Tentunya, besar harapan pasangan untuk merasakan kebahagiaan seutuhnya di hari istimewa ini. Untuk mewujudkannya, tentu dibutuhkan perencanaan pernikahan yang matang dan menghindari beberapa kesalahan umum. Apa saja? Cek 8 kesalahan umum dalam merencanakan pernikahan yang dikutip dari laman Hitched berikut ini. Keep scrolling!

1. Mengumumkan pertunangan terlalu cepat

Pexels/ Andrea Piacquadio

Mengumumkan pertunangan memang salah satu bagian menarik dari keseluruhan rencana pernikahan. Kendati demikian, pasangan bisa jadi merasa kewalahan dengan munculnya pertanyaan dan pendapat seputar pernikahan. Bayangkan, kamu baru saja bertunangan dan belum punya rencana final untuk pernikahanmu kelak. Bisa jadi, hal ini menyebabkan kamu stres, padahal harusnya kamu merasa bahagia dan bersemangat.

Untuk itulah, kamu perlu menahan diri agar nggak mengumumkan pertunanganmu dengan pasangan terlalu cepat, ya.

2. Memesan vendor terlalu cepat

weddingbazaar.com

Terburu-buru untuk memesan vendor karena merasa panik tentang rencana pernikahan adalah kesalahan pernikahan yang umum dilakukan oleh begitu banyak pasangan. Faktanya, terburu-buru bisa membuatmu menyesal ketika bertemu vendor yang lebih sesuai dengan keinginanmu.

Maka dari itu, sebelum memesan tempat atau vendor pernikahan, pastikan mereka bukan satu-satunya yang kamu pertimbangkan. Cobalah untuk mencari beberapa opsi sebagai agar bisa kamu bandingkan.

3. Berbagi seputar rencana pernikahan terlalu banyak

https://www.pexels.com/Foto oleh Julia Larson

Berbagi terlalu banyak seputar rencana pernikahanmu dengan teman dan keluarga bisa jadi menimbulkan permasalahan. Setiap detail yang kamu bagikan dengan seseorang, akan mengurangi satu kejutan bagi mereka pada hari istimewamu itu. Terlebih lagi, semakin banyak kamu berbagi, semakin banyak pendapat dari orang-orang yang kamu undang dan berpotensi bikin kamu stres. Jadi, coba kamu hindari hal satu ini ya, Bela.

4. Kehilangan peluang berfoto bersama orang-orang penting

jasminebridal.com

Banyak pasangan yang mengungkapkan kekecewaan karena nggak berfoto dengan orang tertentu di pernikahan mereka. Kesalahan ini biasanya mungkin baru terungkap beberapa bulan setelah acara pernikahanmu, yaitu saat kamu membolak-balik album foto pernikahan. Maka dari itu, sebaiknya beri tahu fotografermu kelak untuk memegang daftar semua orang paling penting untuk berfoto denganmu dan pasangan.

5. Memilih orang yang salah untuk membantumu di acara pernikahan

greenweddingshoes.com

Cukup banyak pasangan yang menyesal memilih orang untuk membantu pesta pernikahan mereka, seperti pengiring untuk pengantin laki-laki dan pengantin perempuan. Selalu pastikan bahwa pengiring baik untuk pengantin laki-laki maupun perempuan bisa hadir di acara pernikahanmu. Jaga juga komunikasimu dengan mereka, agar nggak terjadi miskomunikasi atas rencana yang sudah kamu buat. 

6. Mengkhawatirkan pendapat orang lain

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sering kali, sangat mudah untuk membiarkan pendapat orang lain memengaruhi setiap keputusan yang kita buat. Akan tetapi, membuat keputusan tentang pernikahan berdasarkan opini orang lain nggak akan membuatmu senang dan puas.

Sadari bahwa kamu sedang merencanakan pernikahanmu dengan pasangan, bukannya rencana pernikahan orang lain. Berikan juga batasan yang ketat bagi mereka yang memaksa untuk mengubah detail rencana pernikahanmu dengan menolaknya secara tegas.

7. Membiarkan orang lain mengatur daftar tamu yang hadir dalam pernikahanmu

theknot.com

Nggak ada hal yang lebih buruk daripada berdiri di atas pelaminan dan menyalami tamu yang nggak kamu kenali. Meskipun keinginan keluarga untuk mengundang banyak tamu mungkin sulit untuk ditolak, tapi kamu akan menghemat banyak uang, terutama urusan katering, jika kamu belajar menetapkan batasan saat orang di sekelilingmu mendikte daftar tamu pernikahanmu nanti.

8. Tidak mempertimbangkan cuaca jika memilih lokasi pernikahan di luar ruangan

oklahomaplantation.com

Saat memilih tempat pernikahan, selain mempertimbangkan biaya dan kapasitas ruangan, kamu juga perlu memperhatikan ramalan cuaca, jika memilih venue di luar ruangan, Bela. Jangan sampai kamu dan pasangan ceroboh dalam menentukan lokasi resepsi. Nggak mau kan kalau di hari H nanti tamu undangan pada berlarian karena kehujanan?

Itulah tadi 8 kesalahan umum dalam merencanakan pernikahan yang patut kamu hindari. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married