Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Kado Pernikahan yang Bermanfaat dan Terjangkau Harganya

Pilih kado yang pasti akan digunakan oleh si pengantin baru

Angga Prayudhatama

Banyak sekali rekomendasi kado pernikahan unik dan tentunya mewah. Tak jarang, orang berlomba-lomba untuk memberikan kado pernikahan yang harganya mahal. Namun pernahkah kamu berpikir, apakah hadiah tersebut bermanfaat atau tidak?

Mulai sekarang gantilah pemikiran, dengan memilih kado pernikahan yang bermanfaat bagi penerimanya, bukan sekadar mahal harganya.

Pengertian Kado

Kado adalah suatu barang yang diberikan kepada orang lain tanpa mengharap kembalian atau kompensasi balik. Biasanya diberikan untuk menghadiahi seseorang karena ada satu momen spesial, misalnya ulang tahun, perayaan hari keagamaan, seseorang baru saja menikah, atau melahirkan. Tidak perlu mahal dan bermerek, tapi bisa bermanfaat dan dapat digunakan dalam waktu cukup lama. 

Tujuan memberikan hadiah adalah agar hubungan antar individu menjadi lebih dekat. Mengingat hadiah adalah bentuk apresiasi juga penghormatan kepada seseorang. 

Berbagai macam barang dapat dijadikan kado, tentunya disesuaikan dengan momen dan siapa penerimanya. Keikhlasan dalam memberi juga wajib dipertimbangkan, karena seperti dijelaskan di atas, kado adalah bentuk pemberian yang tidak mengharapkan kompensasi balik.

Inspirasi Kado Pernikahan yang Bermanfaat

Pernikahan merupakan sebuah momen besar dalam kehidupan seseorang, karena (harapannya) terjadi sekali seumur hidup. Tak heran jika momen pernikahan dirayakan dengan pesta dan mengundang keluarga, kerabat, serta sahabat.

Untuk turut memeriahkan momen tersebut, biasanya sahabat atau keluarga memberikan kado yang berkesan untuk kedua mempelai.

Tentunya untuk memberikan hadiah spesial kepada orang terdekat, kamu ingin memberikan sesuatu yang spesial tapi juga memiliki nilai guna. Tak hanya membuat penerimanya senang, tapi kado tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang. Namun tentunya pemberian kado juga harus disesuai dengan bujet pribadi kamu.

Berikut ini Popbela berikan rekomendasi kado pernikahan yang bermanfaat dan terjangkau harganya.

1. Perlengkapan mandi

publichealth.com

Mandi adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan seseorang dalam setiap harinya. Kegiatan tersebut berguna untuk membersihkan badan, sebelum maupun setelah selesai melakukan kegiatan selama seharian. Tak hanya sekadar menjaga kebersihan, mandi juga bagian dari kesehatan.

Kado berupa perlengkapan mandi, seperti sabun, sampo, loofah, bath bombs, lotion, dan lain sebagainya bisa menjadi hadiah yang bermanfaat untuk diberikan kepada pasangan pengantin baru.

Pilihan perlengkapan mandi ini pun beragam, harganya tentu tergantung dengan mereka yang kamu pilih. Selain itu, jangan lupa untuk menghiasnya menjadi lebih cantik dan menarik. Walaupun sederhana, kamu bisa mengubahnya dengan apik. Jika tak ingin repot, kamu cukup mencari satu set perlengkapan mandi yang sudah dibungkus seperti parsel.

2. Seprai dan bedcover

unsplash.com/GregRivers

Kado pernikahan yang bermanfaat dan simpel, tapi juga memiliki nilai guna tinggi, adalah seprai dan bedcover. Barang ini akan terpakai secara rutin dan diganti setiap seminggu sekali oleh pasangan pengantin. Pilihan motifnya beragam, bisa disesuaikan dengan warna kesukaan si pengantin atau pilih warna-warna netral yang pasti akan cocok dengan tema kamar tidur seperti apa pun. 

Selain motif, harga seprai juga beragam dan kamu bisa memilihnya sesuai bujet. Jika ingin yang lebih mahal, kamu bisa patungan bersama teman-teman lainnya. Pilih seprai yang berbahan tebal serta lembut.Tujuannya supaya tidur mereka nyenyak juga nyaman. 

3. Voucher belanja

greyshairdressing.co.uk

Siapa yang tidak suka belanja? Tentunya tidak ada. Semua orang perlu berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Maka dari itu, kado pernikahan ini sangatlah bermanfaat untuk pasangan baru, karena mereka dapat membeli barang-barang sesuai keperluan. 

Kamu tak perlu repot memikirkan barang apa yang mereka sukai, karena mereka bisa langsung memilihnya dengan voucher hadiah darimu.

Selain itu, kado ini dapat dinikmati berdua, bukan hanya mempelai wanita saja. Mereka bisa menghabiskan waktu bersama di pusat perbelanjaan. Mencari keperluan sehari-hari bersama, pasti sangat menyenangkan. Nominalnya sesuaikan juga dengan bujet kamu, ya.

4. Peralatan ibadah

Freepik.com/Free Picture

Dalam pernikahan, semua yang dilakukan dapat bernilai pahala. Menyediakan alat ibadah untuk pasangan pengantin juga akan menambahkan pahala bagimu. Kado pernikahan ini tentunya bisa disesuaikan dengan agama yang dianut oleh pengantin.

Contoh alat ibadah untuk umat Muslim yang dapat diberikan adalah mukena, sarung, peci, Alquran, sajadah, dan sebagainya. Kado ini bermanfaat sekali bagi mereka. Pilihlah motif mukena menarik atau bisa dipadukan dengan baju koko prianya. Terlihat sangat harmonis, bukan?

5. Peralatan dapur

unsplash.com/RoaminColor

Pasangan pengantin baru pasti sangat membutuhkan barang ini, yaitu peralatan dapur, sebagai alat penunjang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Makan adalah kebutuhan utama manusia, sehingga peralatan dapur pasti akan berguna untuk diberikan pada mereka yang baru menikah.

Tak hanya memberikan hadiah bermanfaat, kado ini juga bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Belilah peralatan dapur yang berkualitas, karena pastinya ketahanannya sudah terjamin dengan baik. Jika harganya ternyata melampaui bujet, kamu bisa mengajak teman-teman lain untuk patungan.

6. Parfum

instagram.com/maisonfranciskurkdjian

Mungkin kado pernikahan ini terkesan mainstream. Namun jika memberikan parfum wangi berbeda atau spesial, makan akan terkesan berbeda. Hadiah ini memang sifatnya personal, karena setiap orang bisa memiliki preferensi wewangian yang berbeda. Cara agar bisa memberikan parfum yang bermanfaat bagi pasangan pengantin baru adalah dengan menanyakan jenis wewangian apa yang mereka suka.

Ada tipe orang yang senang aroma floral, citrus, musk, ataupun woody. Dari situ kamu bisa memilihkan parfum yang sesuai dengan kesukaan pasangan pengantin. Pilih parfum yang punya versi perempuan dan laki-laki, tentunya hal ini akan terasa spesial buat mereka.

7. Album foto kenangan

freepik.com/cottonbro

Bagi kamu yang mengikuti setiap lika-liku pasangan tersebut, maka kado ini cocok untuk diberikan. Album foto kenangan berisi kisah perjalanan mereka dalam menjalin percintaan sampai ke jenjang pernikahan tentu akan memberikan kesan tersendiri. Hadiah tersebut akan sangat berarti, karena secara tidak langsung kamu juga mengikuti perjalanan cinta mereka.

8. Barang couple

Freepik.com

Semua yang dilakukan setelah menikah adalah ingin selalu bersama. Melakukan segala hal berdua. Tidak terkecuali pada barang-barangnya. Banyak sekali toko-toko menyediakan barang couple, seperti sepatu, mug, bantal, handuk, dan lainnya.

Kamu juga bisa memesan barang couple ini dan menyematkan nama atau inisial mereka di dalamnya. Tentu akan terasa lebih spesial, bukan? Jangan lupa untuk pilih warna atau motif yang cukup netral, sehingga penganti baru akan dengan senang hati menggunakannya.

Itulah beberapa rekomendasi kado pernikahan yang bermanfaat dapat diberikan kepada kerabat. Jangan lupa untuk sesuaikan kado pernikahan dengan karakter si pengantin. Cari tahu apa yang mereka sukai dan yang kira-kira akan bermanfaat untuk mereka. Semoga artikel ini membantu.

IDN Media Channels

Latest from Married