Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Rekomendasi Film Tentang Lika-liku Rumah Tangga, Tak Selamanya Indah

Penuh dengan konflik dan amarah

Anatasia Anjani

Pernikahan tidak selamanya indah, penuh dengan lika-liku dan masalah. Kisah-kisah mengenai manis pahit pernikahan sering kali menjadi inspirasi untuk sebuah karya termasuk salah satunya film.

Biasanya film dengan tema-tema pernikahan tidak hanya menonjolkan kisah-kisah bahagia, namun lebih banyak membahas tentang konflik tiap pasangan. Bahkan, konflik itu akan berujung pada perceraian.

Nah, ada baiknya sebelum kamu menikah cobalah menonton film-film berikut ini agar dapat memahami dan mengerti kehidupan rumah tangga. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini:

1. Noktah Merah Perkawinan

Instagram/ rapifilm

Film yang tayang tanggal 15 September 2022 di bioskop ini menorehkan beragam tanggapan positif dari warganet. Alasannya selain ceritanya yang relate, chemistry para pemainnya pun patut diacungi jempol.

Noktah Merah Perkawinan adalah film remake dari sinetron fenomenal dengan judul yang sama di tahun 1996. Filmnya disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangi yang sebelumnya menyutradarai film Terlalu Tampan (2019).

Mengisahkan tentang hubungan Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang (Oka Antara) yang sudah di ujung tanduk. Konflik yang diawali keduanya bermula setelah kedua orangtuanya ikut campur dalam urusan rumah tangga mereka. Hubungan suami istri ini semakin dingin karena Gilang selalu menghindar saat diajak berkomunikasi oleh Ambar.

Di sela-sela keretakan rumah tangganya, hadirlah sosok Yuli (Sheila Dara Aisha) yang merupakan murid di kelas keramik Ambar. Yuli dekat dengan Gilang setelah ia harus bekerja sama untuk mendesain kafe milik kekasihnya, Kemal (Roy Sungkono).

Keberadaan Yuli mampu memberikan kenyamanan untuk Gilang, begitu pun sebaliknya. Melihat itu, Ambar juga mempertanyakan apakah pernikahannya layak diperjuangkan atau tidak.

2. Blue Valentine

imdb

Senada dengan Noktah Merah Perkawinan, Blue Valentine juga mengisahkan tentang perjalanan cinta suami istri yang merasa saling mati rasa dan berada di titik jenuh hubungan percintaan mereka.

Setelah bertahun-tahun menikah, Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams) mengalami kemunduran dalam menjalani hubungannya. Rasa jenuh itu menciptakan pemudaran rasa cinta dan gairah antara satu sama lain hingga berujung pada perpisahan.

Masalah demi masalah terus menghantui keduanya, hingga ada di suatu titik kalau keduanya ingin bercerai. Sampai pada titik di mana Dean berusaha membujuk istrinya agar tidak bercerai dengannya demi sang anak, namun Cindy tidak menginginkan hal tersebut dan memilih berpisah.

3. Marriage Story

The New York Times

Film besutan Noah Baumbach yang rilis pada tahun 2019 lalu ini berhasil menjadi perbincangan warganet berkat kepiawaian Scarlett Johansson dan Adam Driver sebagai pemeran utamanya. Nggak cuma itu, Laura Dern juga disebut-sebut sebagai scene stealer.

Marriage Story bercerita tentang kehidupan pernikahan Charlie dan Nicole yang mengalami keretakan. Charlie merupakan sutradara teater yang tinggal di New York, sedangkan Nicole adalah mantan aktris film remaja. Pasangan suami istri ini memiliki seorang putra bernama Henry Barber (Azhy Robertson). Walaupun pernikahannya belum lama, hubungan keduanya tidak baik. Mereka pun berusaha memperbaikinya dengan bantuan penasehat pernikahan. Sayangnya, hal itu tidak berbuah manis.

Konflik pun tak berakhir sampai di situ, Nicole dan Charlie sama-sama memperebutkan hak asuh anaknya. Nah, untuk mengetahui kisah selanjutnya, jangan lupa ditonton filmnya, di Netflix, ya, Bela!

4. Revolutionary Road

Cassava Films

Pernah beradu akting sebagai sepasang kekasih di film Titanic (1997), Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet dipertemukan dalam film romantis, Revolutionary Road.

Film arahan sutradara Sam Mendes ini dirilis pada tahun 2008 yang berfokus pada kehidupan pernikahan. Frank adalah seorang buruh pelabuhan sedangkan April seorang aktris, keduanya menjadi dekat karena bertemu di pesta dan kemudian menikah.

Setelah menikah, mereka dikarunia dua orang anak yaitu Michael (Michael Wheeler) dan Jennifer (Ryan Simpkins). Romansa keduanya sering dipuji-puji oleh orang-orang sekitar karena mereka keharmonisannya.

Namun sayangnya, hal itu bukanlah segalanya. Rumah tangga mereka diuji setelah April hamil anak ketiga dan Frank naik jabatan, namun pekerjaan itu tidak membawa kebahagiaan padanya. Kira-kira, apa yang akan terjadi pada April dan Frank, ya?

5. Manchester By The Sea

The Times

Film yang berhasil rilis pada tahun 2016 ini berhasil memenangkan penghargaan Naskah Film Terbaik di ajang Academy Award. Film ini mengisahkan tentang Lee Chandler (Casey Afleck) yang harus menerima kabar duka kakaknya, Joe (Kyle Chandler).

Lee pun bergegas menuju Massachusetts karena ingin mempersiapkan prosesi pemakaman. Di sana ia bertemu keponakannya, Patrick (Lucas Hedges), Lee pun merasa kasihan dan menemani keponakannya tinggal sementara di Manchester by the Sea.

Kabar mengejutkan datang dari pengacara Joe setelah membacakan wasiat, hak asuh Patrick diberikan kepada Lee. Hal ini membuat trauma yang dimilikinya muncul kembali, setelah bercerai dari istrinya, Randi (Michelle Williams).

Rumah tangganya usai setelah kematian anak ketiganya karena kebakaran yang terjadi di Manchester by the Sea. Tempat dan memori itu membangkitkan rasa sakit akan luka lamanya.

Demikianlah rekomendasi film bertema lika-liku pernikahan yang bisa kamu tonton. Jangan lupa masukkan watch list-mu, ya, siapa tahu bisa mengajarkan sesuatu yang berharga.

IDN Media Channels

Latest from Married