Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Alasan Prosesi Lamaran Sebaiknya Disembunyikan

Kenapa, ya, kira-kira?

Amalia Azizah

Seperti halnya pernikahan, prosesi lamaran juga merupakan hal yang penting di mana acara tersebut merupakan satu langkah menuju pernikahan. Dalam acara lamaran, biasanya selain pertemuan dan silaturahmi dua keluarga, kalian juga akan membahas tanggal pernikahan.

Tapi, Bela, ada baiknya kamu menyembunyikan prosesi lamaranmu ini. Seperti ada pepatah yang mengatakan "sembunyikan lamaran, sebarkan undangan". 

Ada beberapa alasan mengapa prosesi lamaranmu harus kamu sembunyikan, berikut ini alasannya.

1. Mengantisipasi niat nggak baik pihak tertentu untuk menghalangi pernikahan, seperti mantan.

unsplash.com/@scaitlin82

Sebelum pernikahan, biasanya akan banyak sekali rintangan. Entah itu dari keyakinan kalian, keluarga, sampai orang ketiga seperti mantan. Nah, nggak sedikit pula pasangan yang nggak berhasil sampai ke jenjang pernikahan meski telah lamaran, dikarenakan adanya orang ketiga.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya prosesi lamaranmu disembunyikan agar mantanmu atau  mantan dari calon suamimukalian bersama nggak akan mengganggu rencana pernikahan kalian.

2. Menjaga nama baik jika ternyata nggak berjodoh.

unsplash.com/@averieclaire

Kita memang hanya bisa berencana, namun tetap Tuhan yang menentukan. Ada beberapa pasangan yang sudah jauh melangkah dan padahal tinggal menghitung hari ternyata nggak berjodoh. 

Salah satu alasana lain kenapa lamaranmu lebih baik disembunyikan adalah untuk menjaga nama baik kamu dan keluarga juga. Jika nanti ternyata jodohmu bukan dirinya, kamu nggak perlu merasa malu.

3. Menjauhkan dari gosip dan fitnah.

unsplash.com/@benwhitephotography

Selain itu, alasan kamu lebih baik menyembunyikan lamaranmu adalah agar kalian terhindar dari gosip dan fitnah.

Nggak jarang, lho, Bela, rencana pernikahan berantakan karena gosip atau fitnah salah satu dari kalian yang sengaja disebar oleh orang yang nggak suka dengan kebahagiaan kalian.

4. Menjaga hati teman atau kolega yang nggak diundang ke pernikahan nanti.

unsplash.com/@ricardomoura

Kamu mungkin beranggapan kalau acara lamaran ini memang hanya untuk kolega dan teman terdekat saja. Tapi bisa jadi Bela, ada temanmu yang sudah menganggapmu teman dekat dan ternyata nggak kamu undang di acara lamaranmu bisa membuatnya sakit hati.

Untuk itu, prosesi lamaran sebaiknya hanya dihadiri oleh keluarga terdekat saja.

5. Hemat Budget

unsplash.com/@thoughtcatalog

Semakin sedikit orang yang kamu undang ke prosesi lamaranmu, maka semakin sedikit pula budget yang kamu keluarkan.

Dengan hanya mengundang keluarga saja tentu nggak akan melunturkan prosesinya. Sisa budget yang seharusnya untuk tamu-tamu selain keluarga bisa kamu alokasikan untuk biaya menikahmu kelak atau untuk tabungan kalian setelah menikah. 

IDN Media Channels

Latest from Married