Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Tips Temukan Pasangan Tepat untuk Wanita Mandiri di Dating App

Jangan turunkan value dalam dirimu, Bela

Windari Subangkit

Ada sebuah stereotip kuno yang terus diyakini banyak orang mengenai hubungan percintaan, yaitu laki-laki harus selalu menjadi seseorang yang berinisiatif dalam suatu hubungan. Mulai dari melakukan PDKT, mengajak pacaran, hingga melamar untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Sebaliknya, jika perempuan bergerak lebih dulu dalam hal ini, mereka akan dianggap sebagai perempuan agresif, bahkan memalukan.

Padahal, perempuan juga bisa mengambil kendali dan maju duluan untuk memulai perkenalan dengan lawan jenis. Untuk merayakan Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret lalu, aplikasi kencan Tinder mendorong para kaum Hawa untuk bisa menentukan jalan mereka sendiri dan menjadi lebih aktif.

Dok. Tinder Indonesia

Sejalan dengan hal ini, relationship expert Inez Kristanti mengatakan, terdapat stereotip bahwa perempuan berpendidikan tinggi sulit untuk menemukan match di aplikasi kencan. Padahal, kenyataannya nggak begitu, lho. Inez pun membagikan tips untuk para perempuan mandiri dan berpendidikan tinggi agar bisa menemukan match yang tepat di aplikasi kencan. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

1. Temukan kebahagiaan dalam dirimu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah temukan kebahagiaan dalam dirimu sebelum memulai berkencan. Inez mengingatkan untuk tidak menggantukan kebahagiaanmu pada respons orang lain. Misalnya, memperlihatkan sisi keanggunanmu sebagai seorang perempuan dengan perawatan diri, itu bisa menjadi bagian untuk membuatmu bahagia terhadap diri sendiri.

Kamu perlu melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia dan puas karena kamu mulai membangun kecantikan dari dalam diri dengan cara ini. Jadilah dirimu sendiri dan jangan menunda kebahagiaan demi orang lain.

2. Ketahui self-worth kamu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu memiliki kendali penuh atas hidupmu dan sekarang saatnya untuk mulai mengukir jalanmu sendiri dan membuat keputusan untuk kebahagiaanmu. Tentukan apa yang terbaik dan cocok untukmu.

Selain itu, jangan puas dengan sesuatu yang kamu rasa kurang karena kamu pantas diperlakukan dengan layak. Jika kamu menerima saat pasangan merendahkan atau meremehkanmu, maka kamu menerima apa yang seharusnya tidak pantas kamu dapatkan.

3. Ambil kendali akan hidupmu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sudah tahun 2022, Bela! Jika kamu match dengan seseorang yang kamu sukai di aplikasi kencan, tak perlu malu untuk chat duluan. Mengirim pesan pertama adalah langkah untuk mengambil alih kehidupan kencanmu dan bersikap proaktif yang memberi kamu kesempatan untuk ambil kendali. Jangan lewatkan potensi yang luar biasa ini, ya.

Tetap optimis, tapi hati-hati dan waspada. Carilah pasangan yang mau berusaha untuk mendukung dan menghargaimu. Beri komentar mengenai foto mereka, bertanyalah tentang hewan peliharaan yang mungkin mereka miliki, atau puji pakaian mereka. 

4. Bangga dan percayalah dengan diri sendiri

Pexels.com/Andre Furtado

Wajar jika kamu ingin menampilkan dirimu sebaik mungkin. Namun, ketika kamu mulai menyembunyikan karakteristik dan minatmu karena khawatir diartikan secara negatif, kamu menyabotase peluang untuk memiliki pengalaman kencan online yang sukses.

Kamu nggak perlu berpura-pura 'bodoh'. Sebab, tujuannya bukan untuk mendapatkan match terbanyak, melainkan untuk menarik orang-orang yang dapat melengkapi dirimu yang sesungguhnya.

Tebakan cerdasmu tentang apa yang mungkin dianggap tidak menarik oleh orang lain hanyalah perkiraan semata. Jujurlah pada dirimu sendiri yang punya kepribadian unik, lucu, dan cerdas. Tak perlu khawatir dengan penilaian orang lain. Mengomunikasikan intensimu dengan jelas dapat membawamu menuju hubungan yang indah dengan seseorang yang menghargai semua kualitas yang kamu miliki.

Nah, itulah empat tips dari Inez Kristanti untuk memulai perjalanan asmara yang menyenangkan lewat aplikasi kencan. Selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating