Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Panggilan Sayang dalam Berbagai Bahasa untuk Pasangan

Bikin hubungan kamu dan pasangan jadi menggemaskan

Windari Subangkit

Setiap orang tentu memiliki cara khas tersendiri untuk memanggil pasangannya dengan manja. Selain manis, panggilan sayang juga biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta pada pasangan dengan cara yang lebih spesial. 

Di Indonesia sendiri, biasanya seseorang memanggil pasangannya dengan sebutan ‘Sayang’. Lantas, bagaimana dengan negara-negara lainnya? Nah, berikut ini Popbela telah menyiapkan 17 panggilan sayang untuk pasangan dalam berbagai bahasa" href="https://www.popbela.com/relationship/dating/windari-subangkit/panggilan-sayang-untuk-pasangan-dalam-berbagai-bahasa" target="_blank" rel="noopener">panggilan sayang dalam berbagai bahasa untuk pasangan yang bisa kamu jadikan referensi. Apa saja, ya?

1. Panggilan sayang dari Amerika - Honey atau Baby

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bisa dibilang, panggilan sayang yang satu ini adalah sebutan yang paling populer bagi pasangan. Kebanyakan perempuan di Amerika Serikat sering memanggil pasangannya dengan sebutan 'honey' yang artinya 'sayang'. Ada juga orang yang memanggil kekasihnya dengan sebutan ‘baby’, ‘babe’, atau ‘bae'.

2. Panggilan sayang dari Arab - Habib albi atau Ya amar

Pexels.com/Freestock.org

Di Arab, biasanya seseorang memanggil pasangannya dengan sebutan 'habib albi', yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘cinta dalam hatiku’. Nah, panggilan sayang ini biasanya diucapkan baik oleh laki-laki maupun perempuan, kepada pasangannya. Kalau kamu ingin punya panggilan yang berbeda, kamu bisa memanggil pasanganmu dengan 'ya amar' yang artinya 'bulanku'.

3. Panggilan sayang dari Inggris - Love atau My dear

Pexels.com/Artem Beliaikin

Kata 'love' merupakan panggilan sayang untuk pasangan yang diambil dari bahasa Inggris. Panggilan ini cukup populer digunakan di berbagai negara, tak hanya di Inggris. Kamu juga bisa menunjukkan kasih sayangmu dengan memanggil pasangan 'my dear' alias ‘sayangku’.

4. Panggilan sayang dari Denmark - Elskede atau Yndling

Pexels.com/Edward Eyer

Dalam bahasa Denmark, kamu bisa memanggil pasanganmu dengan sebutan 'elskede' yang artinya 'kekasih' atau 'sayang'. Sementara jika kamu merasa pasanganmu begitu berharga dan paling kamu sukai, kamu dapat memanggilnya ‘yndling’ yang artinya ‘favorit’.

5. Panggilan sayang dari Jerman - Liebling atau Perle

Pexels.com/Flora Westbrook

Dalam bahasa Jerman 'liebling' artinya adalah ‘favorit’. Nah, ‘liebling’ diambil dari kata 'liebe' yang artinya ‘cinta’. Sementara ‘perle’ dalam bahasa Jerman memiliki arti ‘mutiara’. Kata ‘perle' biasanya digunakan laki-laki untuk memanggil pasangannya.

6. Panggilan sayang dari Belanda - Schat atau Lieve

Pexels.com/Helena Lopes

'Schat' dan 'lieve' menjadi panggilan sayang berikutnya yang berasal dari bahasa Belanda. Orang-orang Belanda biasanya memanggil pasangannya dengan panggilan ‘schat’ atau ‘lieve’. Panggilan ini biasanya diucapkan oleh pasangan suami istri yang artinya ‘sayang’.

7. Panggilan sayang dari Prancis - Mon amour atau Mon chéri/Ma chérie

Pexels.com/Jonathan Borba

Di Prancis, kata ‘mon amour’ biasa diartikan sebagai ‘cintaku’, sedangkan ‘mon chéri’ dan ‘ma chérie artinya ‘sayangku’. Nah, panggilan ''ma chérie'' digunakan untuk memanggil kekasih perempuan, sementara ''mon chérie'' digunakan untuk memanggil kekasih laki-laki.

8. Panggilan sayang dari Hawaii - E ku'u aloha/Ko'u aloha

Pexels.com/Jonathan Borba

Panggilan sayang untuk pasangan dalam berbagai bahasa selanjutnya ialah ‘e ku'u aloha’ atau ‘ko'u aloha’ dari bahasa Hawaii. Dalam bahasa Indonesia, panggilan sayang ini artinya ‘cintaku’.

9. Panggilan sayang dari India - Mera pyaar atau Jaanu

Pexels.com/Toa Heftiba Sinca

Mera Pyaar merupakan panggilan sayang dari India. Identik dengan kisah pasangan yang romantis dalam filmnya 'mera pyaar' bermakna 'cintaku'. Sedangkan kata 'jaanu' artinya adalah 'hidupku'. Aw, romantis banget, kan!

10. Panggilan sayang dari Hongaria - Bébi atau Édesem

Pexels.com/Leah Kelley

Dalam bahasa Hongaria, kamu bisa memanggil orang yang kamu sayang dengan sebutan 'bébi'. Kata ini diambil dari bahasa Inggris 'baby' yang artinya sayang. Kamu juga bisa memanggil pasanganmu dengan 'édesem' yang bermakna 'manisku'.

11. Panggilan sayang dari Islandia - Kærasti/Kærasta

Pexels.com/Vlada Karpovich

Dalam bahasa Islandia, para perempuan memanggil pasangannya dengan sebutan 'kærasti'. Sementara untuk laki-laki, memanggil orang yang ia cintai dengan sebutan 'kærasta'. Kata ini bermakna 'sayang' jika dalam bahasa Indonesia.

12. Panggilan sayang dari Spanyol - Mi amor

Pexels.com/Oleg Repka

'Mi amor' adalah panggilan sayang dari bahasa Spanyol yang mempunyai arti 'cintaku'. Panggilan sayang ini tak hanya digunakan untuk sepasang kekasih atau pasangan suami istri, tapi juga untuk panggilan sayang ke anak.

13. Panggilan sayang dari Italia - Amore mio

Pexels.com/Mikhail Nilov

Hampir sama pelafalannya dengan panggilan sayang dari Spanyol 'amore mio' memiliki arti ‘cintaku’. Panggilan ini cukup romantis untuk diucapkan kepada pasangan, lho.

14. Panggilan sayang dari Korea - Yeobo atau Jagiya

Pexels.com/Vlada Karpovich

Para penggemar drama Korea pastinya sudah nggak asing dengan panggilan sayang yang satu ini. Kata ‘yeobo’ atau 'jagiya' memiliki arti sebagai 'sayang. Panggilan sayang ini terbilang cukup umum dan banyak digunakan oleh pasangan di Korea.

15. Panggilan sayang dari Polandia - Mój drogi/Moja droga

Pexels.com/Olya Kobruseva

Dalam bahasa Polandia, 'mój drogi’ dan ‘moja droga’ sama-sama memiliki makna ‘cintaku’. Tapi bedanya 'mój drogi’ digunakan untuk memanggil kekasih laki-laki, sedangkan 'moja droga’ untuk memanggil kekasih perempuan.

16. Panggilan sayang dari Rusia - Zhizn moya

Pexels.com/Helena Lopes

‘Zhizn moya’ menjadi panggilan sayang dari bahasa Rusia yang paling umum digunakan. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, ‘zhizn moya’ artinya adalah 'hidupku'. 

17. Panggilan sayang dari Swedia - Sötnos

Pexels.com/Gustavo Fring

Kata ‘sötnos;, jika diartikan dalam bahasa Inggris memiliki arti ‘sweet nose’. Dalam bahasa Swedia sendiri ‘sötnos’ bermakna ‘si manis’. Panggilan yang membuat pasangan merasa tersanjung karena disebut seperti itu.

Nah, itulah 17 panggilan sayang untuk pasangan dalam berbagai bahasa. Kira-kira kamu ingin memanggil pasanganmu dengan sebutan apa nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating