Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Curhat Pilu Felicia Tissue Soal Ghosting, Pihak Kaesang Respons Begini

Akhirnya Felicia buka suara untuk pertama kalinya

Windari Subangkit

Kandasnya hubungan asmara Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue masih terus menjadi bahan perbincangan netizen hingga saat ini. Setelah lama bungkam, Felicia akhirnya angkat bicara soal perpisahannya dengan Kaesang. Melalui video yang ia unggah ke YouTube, Felicia mengaku terpukul karena hubungan yang sudah berjalan 5 tahun itu harus berakhir.

Yang lebih menyakitkan lagi, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu tiba-tiba menghilang tanpa kabar, tapi muncul dengan berita sudah menggandeng pacar baru. Perpisahannya yang diwarnai drama ini pun sampai menyeret keluarga Presiden Jokowi. Bahkan, kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, akhirnya ikut bicara soal masalah ini.

Berikut ini Popbela telah merangkum fakta-fakta di balik pengakuan Felicia Tissue soal Kaesang serta respons keluarga Jokowi mengenai kandasnya hubungan asmara mereka. Check this out!

1. Alasan Felicia kini angkat bicara

Instagram.com/feliciatissue

Selama berbulan-bulan, Felicia memilih untuk diam meski pemberitaan soal kandasnya hubungannya dengan Kaesang ramai di media. Tapi kini, Felicia memutuskan berbicara karena lelah dengan hujatan yang kerap menerpa dirinya dan keluarga.

“Ini pertama kalinya saya memberanikan diri untuk berbicara ke publik untuk meluruskan hal-hal yang selama ini menjadi simpang siur dengan tidak adanya kejelasan dan penyelesaian oleh pihak Bapak Jokowi dan keluarga. Akibatnya, akhir-akhir ini telah terjadi hujatan kejam yang dilontarkan terhadap saya dan keluarga dengan membawa isu suku, agama, dan kewarganegaraan. Setelah memilih untuk diam selama ini, saya rasa ini tidak bisa terus dibiarkan. Hujatan harus dihentikan dan publik harus mengetahui apa yang terjadi sebenarnya."

2. Kenang awal kisah cintanya dengan Kaesang

Instagram.com/feliciatissue

Dalam video berdurasi 9 menit itu, Felicia menceritakan bagaimana hubungannya dengan Kaesang yang awalnya berjalan dengan baik dan penuh kekeluargaan. Bahkan, keduanya juga sudah saling mengenal dan berhubungan baik dengan keluarga satu sama lain.

“Pada tahun 2016, saya diminta oleh putra bungsu Bapak Jokowi untuk bertemu dengan beliau dan Ibu Iriana. Dan juga sempat diperkenalkan dengan keluarga beliau. Sejak berjalannya hubungan antara saya dengan putra bungsu beliau, sudah beberapa kali saya diundang untuk menghadiri acara keluarga besar beliau. Dengan pihak keluarga saya pun, putra beliau sudah meminta izin kepada orangtua, bapak, dan nenek saya, dan sering bertemu untuk menjalin hubungan yang baik.”

Karena keakraban itulah, kepergian Kaesang yang begitu tiba-tiba dan tanpa alasan membuat Felicia sangat terpukul. Bahkan, perempuan berwajah oriental ini sampai bergetar saat mengingat kepedihannya ditinggal oleh Kaesang saat itu.

“Dengan keakraban tersebut yang dijalin sedemikian waktu, tentunya kehilangan mendadak putra beliau dari kehidupan saya bukanlah hal sepele yang bisa dipertimbangkan dan diperlakukan seperti beberapa hal politik yang sering waktu diabaikan dengan cara mendiam. Tapi masalah saya ini harus diselesaikan secara kekeluargaan, no if and no buts.”

3. Menjanjikan pernikahan, tapi menghilang begitu saja

Yang lebih menyakitkannya lagi, Kaesang sempat menjanjikan akan menikahi Felicia. Tapi dua minggu kemudian, lelaki berusia 26 tahun itu justru menghilang dan memblokir semua kontaknya dengan Felicia.

"Pada akhir Desember 2020, putra beliau menelepon dan mengatakan secara langsung kepada saya keinginan untuk menikah dan sudah memberitahukannya kepada Bapak Jokowi. Putra beliau pun sudah meminta restu kepada orangtua saya. Dua minggu kemudian putra beliau menghilang dan memblokir seluruh kontak seluler.”

4. Berupaya menghubungi Kaesang lewat keluarga

Felicia terus berupaya untuk menghubungi Kaesang dan keluarganya. Ia bahkan sampai mengirim surat tulisan tangan kepada Jokowi, tapi hasilnya nihil. Mirisnya lagi, Kaesang tetap aktif di Twitter, tapi ia justru mengabaikan Felicia yang notabene sudah menjadi pasangannya selama 5 tahun terakhir.

“Walaupun saya sangat terpukul, saya menegarkan diri dan mencari cara apa yang sebetulnya terjadi dengan mencoba menghubungi putra beliau dengan berbagai cara dan juga kepada keluarga Bapak Jokowi. Tapi dengan sesatnya, tidak ada satu pun yang merespons. Dan Ibu Iriana pun mengganti kontak selulernya.”

“Dan yang lebih kejam lagi, putra beliau tetap aktif di social media Twitter, tetapi saya diabaikan begitu saja tanpa kabar dari semua pihak keluarga Bapak Jokowi. Namun, dengan demikian saya pun tetap berusaha untuk menulis surat tangan yang dikirim langsung dari Singapura ke Indonesia dengan tujuan kepada Bapak Joko Widodo. Isi surat tersebut meminta untuk hal ini diselesaikan secara kekeluargaan karena dampaknya akan sangat berat bagi saya apabila tidak ada penjelasan dan penyelesaian dari pihak beliau."

5. Nenek Felicia sampai mendatangi Istana Bogor

Instagram.com/meilia_lau

Tak lama kemudian, Kaesang justru menghapus foto-foto kebersamaan mereka di Instagram. Hal ini membuat kabar kandasnya hubungan mereka santer beredar. Kaget dengan pemberitaan tersebut, nenek Felicia pun memutuskan datang ke Istana Bogor dengan harapan dapat titik terang dari Kaesang.

“Tetapi saat putra beliau menghilangkan semua foto-fotonya di halaman Instagramnya, berita mulai muncul. Nenek saya yang sudah berusia 84 tahun menelepon untuk bertanya, namun saya hanya bisa menyampaikan, 'Belum tahu Ama, tapi jangan khawatir, ya.' Karena saya mengkhawatirkan kesehatannya. Tetapi nenek saya tetap menempuh perjalanan ke Istana Bogor untuk mempertanyakan ada apa sebetulnya dengan putra beliau. Sayangnya, perjalanan itu sia-sia. Dinding istana begitu tebal, dan tak ada seorang pun yang menjawab pertanyaan nenek saya."

6. Hancurnya hati Felicia melihat Kaesang mesra dengan Nadya Arifta

Instagram.com/feliciatissue, nadriftakaesangp

Seakan tak cukup, kepedihan Felicia semakin bertambah saat foto-foto kemesraan Kaesang dengan Nadya Arifta beredar di media. Sang ibu, Meilia Lau, yang tak terima dengan perlakuan Kaesang terhadap putrinya pun menumpahkan kekesalannya lewat Instagram. Felicia mengungkapkan, hal itu dilakukan ibunya bukan maksud untuk memperkeruh keadaan, tapi hanya untuk menyampaikan perasaan hati karena putrinya telah diperlakukan secara tidak wajar.

"Akhirnya badai tidak bisa lagi terbendung. Pada tanggal 7 Maret 2021, dua hari sebelum perayaan ulang tahun saya, saat media online mengungkapkan foto kebersamaan putra beliau dengan sosok wanita yang saya kenal sebagai karyawan perusahaannya. Mulai saat itu foto-foto mesranya mulai beredar luas di media online, dipertontonkan kepada publik."

“Di situlah ibu saya merasakan dengan pedihnya, bahwa anak putri satu-satunya telah dikhianati putra beliau dengan perilaku kejinya diperbolehkan oleh beliau sendiri dan keluarga. Niatnya bukan untuk memperkeruh, tetapi karena tidak ada jalan lain lagi. Satu-satunya adalah menyampaikan perasaan hati dalamnya bahwa putrinya telah diperlakukan secara tidak wajar."

7. Berusaha bangkit meski hatinya hancur

Felicia mengaku, hal ini membuat hatinya hancur dan terpukul. Namun, ia beruntung karena memiliki keluarga yang selalu mendukungnya untuk bangkit dan menjalani hidup baru. Akan tetapi, kini kehidupannya jadi sorotan publik, bahkan ia kerap menuai hujatan yang menyinggung SARA akibat permasalahan asmaranya dengan Kaesang.

"Lima tahun hubungan saya dengan putra beliau bukanlah waktu yang singkat. Saya sangat terpukul dan tidak bisa berkata apa pun. Namun saya beruntung karena ada ibu dan kakak saya yang mewakili saya dan keluarga besar yang menguatkan saya. Beberapa bulan sudah berlalu dan saya berusaha untuk membangkitkan diri dan menjalankan hidup baru saya ini."

“However, under the scrutiny of the public eyes, dan dengan tidak adanya etika baik dari Bapak Jokowi dan keluarga, telah memberikan peluang untuk orang-orang di sosial media telah menggoreng dan menghujat saya dan keluarga, seperti ibu dan nenek saya, sampai saya pun dihujat secara ras, agama, suku, kewarganegaraan, dan juga menggunakan kata-kata kotor yang merendahkan harga diri saya sebagai wanita. Bisa dibayangkan dampak beratnya untuk saya dan keluarga.”

8. Felicia hanya ingin menyelesaikan dengan baik-baik

Instagram.com/feliciatissue

Di akhir video, Felicia menegaskan bahwa ia hanya meminta masalah ini diselesaikan dengan baik-baik dan penuh etika. Dengan begitu, ia bisa hidup tenang tanpa harus terus diusik dengan hujatan yang kejam.

"Saya tegaskan, ini bukan masalah jodoh atau tidak berjodoh. Tapi masalah etika dalam penyelesaian masalah kekeluargaan. Saya ingin bisa menjalankan hidup saya dengan legowo tanpa selalu diusik. Karena tidak ada penyelesaian baik dari pihak beliau (Jokowi), maka saya harus berbicara yang sebenar-benarnya kepada publik agar saya dan keluarga tidak dipertanyakan lagi satu per satu. Apalagi diusik dengan hujatan yang kejam."

9. Respons dari pihak keluarga Kaesang

Instagram.com/meilia_lau

Polemik putusnya jalinan cinta Kaesang dan Felicia itu pun akhirnya ikut menyeret keluarga Jokowi. Gibran Rakabuming Raka yang tak lain adalah kakak pertama Kaesang pun memberikan pesan kepada sang adik untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. Apalagi, sebenarnya itu adalah masalah pribadi yang nyatanya saat ini justru menjadi konsumsi publik.

"Ndang dirampungke (segera diselesaikan),” tutur Gibran saat ditanya wartawan soal drama percintaan Kaesang dan Felicia.

Namun, Gibran enggan berkomentar saat ditanya soal Felicia yang turut membawa nama orangtuanya, Jokowi dan Iriana. “Biar diselesaikan Kaesang. Aja takon aku (jangan tanya saya).”

IDN Media Channels

Latest from Dating