Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Risiko Jika Kamu Terlalu Terbuka Terhadap Pacar

Ternyata kalau terlalu terbuka bisa merusak!

Wimantyo Resi

Sebagian besar orang menganggap bahwa bersikap terbuka dengan pacar adalah salah satu tanda bahwa kamu percaya sepenuhnya padanya. Selain itu, juga membuat hubungan jadi penuh dengan kehangatan, karena di antara keduanya terjalin komunikasi dan saling pengertian dalam sebuah hubungan asmara.

Namun, itu bukan berarti kamu bisa melakukannya secara bebas tanpa batasan, karena ada lima risiko yang bisa membahayakan kisah cintamu jika kamu bersikap terlalu terbuka sama pacar.

Nah, supaya kamu tidak menyesal selamanya tak berguna, simak dulu penjelasannya di sini!

1. Pacarmu akan beranggapan negatif tentangmu

https://www.pexels.com/@cottonbro

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa pacarmu bisa saja mengetahui karakter aslimu lewat sikap terbukamu padanya. Tak mengapa jika dia tahu karakter baikmu apabila kamu terbuka secukupnya, tetapi hal itu akan menimbulkan persepsi negatif di matanya jika kamu terlalu terbuka padanya, terlebih menyangkut masalah pribadi. 

Pacarmu akan dengan mudah menganggap kamu sebagai sosok yang lemah dan tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, apalagi masalah dalam hubungan yang bisa saja lebih rumit dari ini. Maka tak ayal, dia akan berpikir dua kali untuk menjalin hubungan yang lebih serius denganmu. 

2. Kamu akan dianggap tidak dewasa di matanya

Freepik.com

Risiko yang satu ini sudah seharusnya kamu tahu. Kamu tidak pernah tahu standar atau tipe pasangan seperti apa yang diinginkan oleh pacarmu. Tetapi, kebanyakan menginginkan seseorang yang berkepribadian dewasa sebagai pasangan sehidup semati. 

Jika kamu saja terlalu sering bersikap terbuka sama pacar perihal masalah dalam hubungan, siap-siap saja dia akan memandangmu sebagai sosok rendahan yang tidak dewasa dalam menjalin hubungan.

Karena seseorang yang dewasa dalam percintaan akan selalu fokus pada pemecahan masalah daripada terus mengeluh dengan pasangan. 

3. Dapat menimbulkan prasangka

inc.com

Saat ingin bersikap terbuka dengan pacarmu, coba perhatikan topik yang ingin diceritakan. Bila itu bertema kisah nostalgia cintamu di masa lalu, akan lebih baik untuk dilupakan dan tidak menceritakannya sama sekali.

Menceritakan hal-hal yang berbau 'mantan' tidak jarang mengakibatkan pacarmu bisa berburuk sangka padamu. Pacarmu akan menduga kalau kamu masih ada rasa dengan mantanmu dulu.

Akhirnya, ini akan menyulut pertengkaran antara kamu dan dia yang mungkin saja akan semakin membesar seiring waktu. Mau minta maaf dan memperbaiki hubungan? Tentu saja nggak akan mungkin, jika rasa saling percaya sudah tidak ada lagi!

4. Citramu bakalan buruk di mata orangtua pacar

freepik.com/freepik

Tanpa kamu sadari, keterbukaanmu terhadap pacar bisa berakibat buruk pada citra dirimu di mata orangtuanya karena selain dengan temannya, terkadang dia juga curhat dengan orangtuanya.

Ya kalau dia tidak membeberkan rahasiamu ke mereka. Sebab jika dia sampai seperti itu, maka sudah barang tentu citramu akan hancur lebur di mata mereka.

Ketika orangtuanya tahu semua rahasiamu yang dulu pernah kamu ceritakan ke dia, mereka akan memusuhimu dan sudah jelas hubunganmu dengannya gak bakal dapat restu.  

Nah, mulai sekarang jangan terlalu sering bersikap terbuka pada pacarmu. Masih ada sahabat, teman sepermainan, keluarga, atau Tuhan yang bisa menjadi tempat berkeluh kesahmu. 

5. Dia bisa memutuskanmu secara sepihak

Freepik.com

Mungkin saja pacarmu akan merasa nyaman ketika kamu mulai bersikap terbuka dengan pasangan namun sama seperti kesabaran, rasa nyaman juga ada batasnya. Jika kamu terlalu sering terbuka sama pacar, apalagi jika itu berisi keluhan baik soal hubungan atau masalah pribadi, maka sudah jelas dia akan merasa sangat tidak nyaman mendengarnya. 

Parahnya lagi, sikapmu yang seperti itu juga mengakibatkan dia merasa jengah denganmu, terlebih lagi kalau kamu mengeluhkan hal yang sama berkali-kali. Dijamin dia bakal memutuskan hubunganmu secara sepihak karena dia sudah tak tahan lagi dengan sikapmu yang sangat gampang mengeluh. 

Inilah risiko yang kamu rasakan jika kamu bersikap terlalu terbuka dengan pacar. Sah-sah saja kalau kamu mau terbuka dengannya, tetapi kamu harus tahu batasan dan jangan berlebihan, ya!

Jangan sampai keterbukaan dalam hubungan malah berakibat fatal bagi perjalanan kisah cintamu kedepannya. 

 

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Ini 5 Risiko jika Kamu Bersikap Terlalu Terbuka sama Pacar, Bahaya!"

IDN Media Channels

Latest from Dating