Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Study Date Adalah Kencan Sambil Belajar, Ini Tips Lakukan Sama Gebetan

Cara agar belajar lebih semangat dan menyenangkan

Puspita Ramadhani

Demi orang yang dicinta, kamu akan rela melakukan hal apa pun. Termasuk, jika si dia adalah sosok yang suka belajar, dengan sekejap saja kamu bisa ikut menyukai aktivitas belajar tersebut.

Alhasil, muncullah kata study date di kalangan remaja saat ini. Study date adalah bahasa gaul yang merujuk pada kegiatan kencan yang bisa kamu lakukan bersama gebetan.

Mau tau lebih lanjut tentang study date ini? Simak pengertiannya dan tips agar berhasil melakukan study date!

Pengertian study date

pexels.com/health-america

Dalam bahasa gaul, study date adalah belajar sembari kencan. Maksudnya, kamu kencan berduaan dengan pacar atau gebetan, namun aktivitas yang kalian lakukan adalah belajar. Baik itu belajar sendiri-sendiri, atau bekerja sama menyelesaikan tugas yang sama.

Tentu saja, dikatakan 'date' karena lewat kegiatan belajar itu, kamu menjadi semakin dekat dengannya. Selain itu, perasaan berdebar-debar sembari belajar adalah momen yang sangat disukai oleh mereka yang melakukan study date ini.

Cara melakukan study date

pexels.com/stock-project

Lantaran tujuan utama study date adalah tidak hanya bersenang-senang dengan pasangan, kamu tidak perlu menjadikannya sebagai beban. Cukup tuntaskan niat belajarmu dan ambil waktu istirahat sejenak untuk kembali berinteraksi dengan pasanganmu. Dengan begitu, semangat untuk belajar dan menuntaskan tugas akan terus bergejolak.

Kalau kamu ingin mencoba melakukan study date ini, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui!

1. Cari tempat yang nyaman dan tenang

pexels.com/stock-project

Seperti yang sudah dikatakan, tujuan study date adalah memacu semangat kamu dan pasangan untuk lebih banyak belajar, maka pilihlah lokasi yang tenang dan nyaman untuk digunakan belajar. Bagaimana jadinya, jika kamu terlalu asal memilih tempat dan hanya akan mendengar keramaian di saat kamu harus membaca materi pelajaran.

Kamu bisa memilih perpustakaan sebagai lokasi belajar terbaik. Jika kamu ingin belajar di kafe, pastikan untuk tidak memilih waktu saat jam istirahat.

2. Tetap fokus belajar

pexels.com/budgeron-bach

Kamu harus ingat kalau tujuan study date adalah menuntaskan target belajar yang sudah kalian rencanakan. Oleh karena itu, minimalisirkanlah obrolan terlalu lama yang membuat kamu menjadi lalai akan tugas tersebut.

Kamu tetap boleh curi-curi pandang kepadanya. Akan tetapi, jangan sampai kamu lebih sibuk salah tingkah dibandingkan belajar, ya.

3. Jangan lupa istirahat

pexels.com/budgeron-bach

Baik saat belajar sendiri atau sedang study date, kamu tetap harus memasukkan waktu istirahat. Istirahat ini bisa membuat kamu menjadi lebih rileks ketika sudah terlalu lama berkutat dengan materi pelajaran.

Di waktu istirahat ini pula, kamu bisa kembali berinteraksi dengan pasanganmu. Kamu bisa mengisinya dengan progres belajar atau topik obrolan yang santai dan ringan.

4. Jalan-jalan setelah belajar

pexels.com/budgeron-bach

Setiap goals yang tercapai, harus dirayakan dengan self reward! Jika kamu dan gebetanmu sama-sama bisa menuntaskan target yang sudah kalian buat sebelumnya, waktunya kalian kencan setelah belajar. Kencan ini juga bisa jadi bentuk self reward kalian, lho.

Makan es krim berduaan, menghabiskan secangkir kopi di kafe, hingga berswafoto sembari keliling taman adalah beberapa ide kencan yang bisa kamu lakukan selepas study date. Sesederhana apa pun kencan yang kamu lakukan, tetap akan terasa indah jika bersamanya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa study date adalah cara menarik untuk meningkatkan semangat belajar dengan mengajak pacar atau gebetanmu belajar bersama. Dengan begitu, kalian juga bisa membuat hubungan tersebut menjadi lebih positif!

IDN Media Channels

Latest from Dating