Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Dampak yang Terjadi Bila Tidak Ada Rasa Hormat dalam Hubunganmu

Bisa mengantarkan cintamu pada perpisahan

Puspita Ramadhani

Bela, jika kamu menginginkan hubungan romansa yang harmonis, maka kamu tak cuma butuh cinta. Ada banyak hal yang perlu kamu hadirkan agar hubunganmu bersama kekasih bisa berjalan baik, salah satunya adalah rasa hormat. 

Apabila rasa saling menghormati dan menghargai telah ada sejak awal, maka bisa dipastikan bahwa hubunganmu dapat berjalan baik sebagaimana mestinya. Akan tetapi, bagaimana bila tidak ada rasa saling menghormati antara kamu dan kekasih? Maka, kamu bisa melihat sederet dampaknya di bawah ini. 

1. Selalu menghakimi dan mengkritik

Jika pasanganmu telah beralih dari semula saling mengagumi menjadi saling merendahkan, itu adalah tanda bahwa sudah tak ada rasa menghormati di dalam hubunganmu. Apabila memang terjadi perubahan sifat atau pun sikap yang dirasa merugikan, maka kalian tetap bisa mengomunikasikannya dengan baik. 

Kritik pribadi yang hanya berfokus pada aspek negatif hanya akan memicu pertikaian dan meningkatkan konflik. Itulah mengapa penting untuk tetap saling menghormati dan menghargai pasangan, sekalipun sedang alami permasalahan. 

2. Timbul perasaan superior

pexels.com/shvets-production

Ketika kamu kehilangan rasa hormat kepada pasangan, maka sangat memungkinkan akan timbul perasaan superior atau merasa jauh lebih unggul daripada pasanganmu. Umumnya, saat perasaan superior ini telah muncul, secara sadar atau tidak kamu akan mulai merendahkan pasanganmu dan menyakitinya dengan kekerasan verbal. 

Tentu tidak ada orang yang ingin direndahkan, bukan? Maka dari itu, jagalah perasaan saling menghormati agar hubunganmu tidak berubah menjadi sesuatu yang toxic

3. Lepas tanggung jawab

Pexels/ cottonbro

Bagaimana mungkin kamu melepaskan tanggung jawab sedangkan hubungan yang baik adalah tentang berbagi tugas secara merata dan berusaha untuk terus bertanggung jawab dengan perannya? Hal ini masih berkaitan erat dengan dampak perasaan superior. 

Sebagian besar orang yang tak lagi menghormati pasangannya, maka mereka akan selalu menunjukkan sikap defensif kepada orang yang dianggap lebih lemah. Karena itulah, dalam hubungan kalian, kamu cenderung menyalahkan pasangan dan membuat alasan bahwa karena dialah kamu tidak menjalankan tanggung jawabmu dengan baik. 

4. Pengabaian dan tidak peduli

Pexels/ Polina Zimmerman

Perilaku menghindar seperti mengabaikan pasangan dan menunjukkan ketidakpedulian terhadap kehadirannya, bisa menunjukkan bahwa kamu tidak ada rasa hormat yang tinggi kepada pasanganmu. Selain itu, hubungan tanpa rasa hormat juga cenderung membuat kalian tidak berminat untuk menyelesaikan konflik yang terjadi sehingga membiarkan asmaramu kandas begitu saja. 

5. Terus merasa kecewa

Pexels.com/MART PRODUCTION

Ketika kamu memutuskan untuk menjalani sebuah komitmen, maka rasa saling menghormati atau respect sangat dibutuhkan. Sebab, hal ini akan berkaitan dengan cara kalian untuk mewujudkan visi dan misi hubungan. 

Dalam setiap keputusan, kamu perlu berdiskusi untuk menentukan mana jalan yang terbaik agar sampai tujuan. Namun, jika salah satu dari kalian tidak menghormati dan tidak menganggap keberadaan pasanganmu, maka hanya akan timbul rasa kecewa lantaran pendapatmu tak didengarkan. 

6. Membandingkan hubunganmu dengan orang lain

Freepik.com

Untuk apa bisa bersama orang yang kamu cintai, namun kamu tak merasa bahagia saat menjalaninya? Bisa saja semua orang menganggapmu sangat beruntung bisa bersama orang yang kamu cintai sejak lama. Akan tetapi, semua itu terlihat kosong bila si dia tak mampu menghormatimu.

Tidak menghormatimu membuat hubungan menjadi hambar dan kamu merasa tersakiti. Alhasil, melihat dan membandingkan hubungan orang lain yang tampak lebih sederhana namun harmonis, akan dilakukan. Alhasil, timbullah rasa iri dan perasaan semakin tidak bahagia meski sudah bersama orang yang kamu cintai. 

7. Selalu merasa kesepian

freepik.com/Drazen Zigic

Hidup bersama kekasih seharusnya membuatmu merasa dihargai, dicintai, dan tidak merasa sendirian. Sayangnya, hal itu tidak bisa kamu rasakan lantaran si dia tidak pernah menghormati dan menganggap kehadiranmu. 

Jika sudah seperti ini, kamu akan tetap merasa kesepian meski telah menjalin hubungan dengan orang lain. Lantas, apa bedanya dengan saat kamu masih lajang? 

Itulah mengapa rasa saling menghormati sangat penting dalam suatu hubungan. Sebab, rasa hormat tersebut yang akan membuat kalian mampu untuk memegang komitmen masing-masing, dan mempertahankan hubungan agar tetap kuat dan sehat. 

Oleh karena itu, jangan pernah kamu menyepelekan rasa hormat. Selalu perlakukan pasanganmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. 

IDN Media Channels

Latest from Dating