Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terjerat Love Bombing? Lakukan 8 Cara Ini agar Bisa Lepas Secepatnya!

Tegaslah dalam memberi batasan

Puspita Ramadhani

Bela, meski mendapat perhatian itu menyenangkan, namun berhati-hatilah. Bisa jadi, kamu sedang masuk ke dalam jeratan love bombing. Pasalnya, sering kali perempuan terlena akan rayuan dan perhatian yang diberikan, tanpa menyadari tujuan dari semua itu. 

Secara singkat, love bombing bisa diartikan sebagai taktik menujukkan kasih sayang dengan memberi perhatian, rayuan, dan pujian secara terus-menerus dengan tujuan mendapatkanmu dalam waktu yang relatif singkat. Akibatnya, kamu akan kesulitan membedakan perasaan tulus dan besar kemungkinannya membawamu masuk dalam hubungan yang manipulatif. 

Sebagian perempuan mungkin merasa ilfeel dan langsung menjauh ketika mendapat pesan-pesan romantis. Akan tetapi, bagi kamu yang sudah masuk dan terjerat love bombing tersebut, maka kamu perlu melepaskan diri dengan segera. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk lepas dari jeratan love bombing. Yuk, simak!

1. Berikan respons sewajarnya

Andrea Piacquadio/Pexels

Hal pertama yang akan dilakukan para pelaku love bombing adalah memberikan pesan-pesan romantis kepadamu. Ia akan memulainya dengan memberi pujian dan perhatian, yang kemudian menjurus pada hal-hal romantis. 

Pesan tesebut akan terus datang menghampirimu, jika kamu memberikan respons sesuai dengan keinginannya. Hingga tanpa kamu sadari, kamu telah merasa bergantung akan kehadirannya dan enggan untuk terlepas dari hubungan tersebut. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak langsung merespons baik semua pesan mesra yang ia berikan. Ingatlah bahwa yang mereka lakukan nggak lebih dari sekadar gombal. 

2. Tolak pemberian yang tidak masuk akal

freepik.com/dusanpetkovic

Bentuk love bombing yang jarang disadari adalah memberikan hadiah mahal atau barang-barang tidak masuk akal lainnya. Sebab dengan begitu, akan timbul rasa berutang dan keinginan untuk membayar apa yang telah mereka lakukan. 

Menurut seorang ahli terapis, pemberian hadiah yang terasa tak masuk akal menjadi ciri nyata dari perlakuan love bombing. 

“Ketika pasanganmu memberikan hadiah yang terasa berlebihan, dan memberi tahu kamu betapa mahalnya hadiah tersebut, maka itu adalah love bombing,”  ujar Kaylin Zabienski, dilansir dari Insider.

Jadi, saat mereka mulai menawarkan untuk memberikan hadiah, cobalah untuk menolaknya dengan cara yang baik, ya. 

3. Buat batasan komunikasi

Freepik.com/Racool_studio

Percakapan yang tidak ada batasan, akan mengantarkanmu pada gerbang rasa suka. Pasalnya, para pelaku love bombing akan selalu menyelipkan rayuan di setiap pesan yang ia kirimkan padamu. Kamu dapat membahayakan diri sendiri, jika tidak menerapkan batasan yang tegas dalam berkomunikasi. 

Selain itu, pelaku love bombing juga sangat senang apabila kamu selalu membalas pesan dengan cepat dan mengangkat setiap telepon yang ia lakukan. Jadi, sadarilah setiap perlakuan yang ia berikan dan tegaslah dalam menghentikannya jika obrolan tersebut sudah terlalu jauh. 

4. Jangan mudah baper

pexels.com/windd

Cara jitu agar seseorang langsung menyukai pelaku love bombing adalah dengan membangun image sesuai dengan laki-laki idamanmu. Saat kamu bercerita bahwa kamu menyukai laki-laki dengan kriteria khusus, maka hanya dengan semalam, dia bisa berubah menjadi sosok tersebut. Akan tetapi, tentu itu bukanlah jati dirinya yang sebenarnya. 

Dia hanya ingin membuatmu terkesan dan jatuh hati dalam waktu yang singkat. Padahal, karakter yang selalu dibuat-buat itu tentu akan menunjukkan sisi aslinya seiring berjalannya waktu.

Itulah mengapa korban love bombing sering melihat pasangannya berubah menjadi seseorang yang tak pernah dikenalnya. Dengan tidak mudah baper, maka kamu telah menutup kemungkinan untuk terjerat dalam hubungan love bombing.

5. Tidak mudah terbuka dengan masa lalumu

Pexels.com/Antoni Shkraba

Jangan hanya karena si dia terus-menerus memberikan afirmasi kepadamu, kamu jadi membuka semua cerita masa lalumu kepadanya. Sebab, ia bisa menggunakan cerita tersebut sebagai titik lemah dan semakin memanipulasimu. 

Pada awalnya, ia akan terus memberikan perhatian kepada kondisimu yang mungkin sedang tidak baik-baik saja. Akan tetapi, lama-kelamaan hal itu akan berubah menjadi sebuah ancaman bagimu jika tidak menerima cintanya. 

6. Cerita dan tanyalah pendapat orang sekitar

Pexels.com/Katerina Holmes

Sebagai sosok yang bersikap netral, maka kehadiran orang-orang di sekitarmu sangat berarti untuk menilai apakah laki-laki yang sedang mendekatimu saat ini memiliki niat baik atau tidak. Jangan sungkan untuk menceritakan ke mereka bagaimana ia memperlakukanmu. Jika sahabatmu mempunyai feeling bahwa laki-laki itu tidak baikmu, ada baiknya kamu tidak tutup telinga dan mata, kemudian cobalah untuk mempertimbangkannya. 

7. Cari tahu bagaimana bentuk cinta yang sehat

Pexels.com/Roman Tymochko

Mendapat cinta yang sehat bukanlah suatu hal yang mustahil untuk didapatkan di awal hubungan. Kendati demikian, kamu harus mengetahui lebih dulu bagaimana bentuk cinta yang sehat itu sendiri. 

Jika benar mereka tidak berniat untuk menjebakmu dalam hubungan love bombing, maka seharusnya perhatian dan rasa sayang itu berada dalam dosis yang pas dan tidak terus-menerus berlebihan. Bahkan jika perlu, kamu bisa menanyakan hal ini kepada profesional untuk mengetahui secara pasti bagaimana bentuk cinta yang seharusnya. 

8. Kembali cintai dirimu sendiri

Freepik.com

Tips terakhir ini menjadi cara jitu yang terakhir agar kamu bisa benar-benar terlepas dari jeratan love bombing. Saat kamu sudah menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak sesuai dengan hubunganmu, maka semua keputusan ada di tanganmu. Apakah kamu akan membiarkan hubungan itu membuatmu sakit secara perlahan, atau memilih untuk lebih dulu pergi sebelum semuanya semakin runyam.

Itulah cara agar kamu bisa terlepas dari jeratan love bombing yang mungkin saat ini sedang kamu rasakan. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kebahagiaanmu lebih dulu, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Dating