Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukan Cuma Nggak Selingkuh, Ini 6 Arti Kesetiaan yang Sesungguhnya!

Kesetiaan itu mahal harganya

Puspita Ramadhani

Dalam sebuah hubungan, kesetiaan adalah hal mutlak. Jika seseorang setia kepada pasangannya, maka itu akan memberikan kontribusi besar pada kesuksesan hubungan tersebut sekaligus menunjukkan bagaimana karakter sebenarnya sebagai individu. 

Ketahuilah bahwa semua hubungan yang memerlukan kesetiaan perlu memiliki kesamaan paham soal kesetiaan itu sendiri. Sebab pada faktanya, tidak semua orang punya gambaran yang jelas seperti apa bentuk kesetiaan dalam hubungan mereka. 

Nah kalau begitu, kamu perlu tahu apa saja makna kesetiaan yang harus ada dalam komitmen asmaramu bersama si dia. Simak, ya, karena kesetiaan bukan hanya soal tidak selingkuh!

1. Jujur dalam situasi apa pun

Pexels.com/Samson Katt

Sejatinya, nilai kejujuran harus ditanam pada setiap pribadi seseorang. Sebab, dengan kejujuran kita akan mampu menghargai diri sendiri dan orang lain. Maka begitu pula pada hubungan asmara. Kalian harus berani jujur kepada pasangan apa pun yang terjadi. 

Jujur dan terbuka adalah suatu hal penting yang harus ada jika kamu ingin mempunyai hubungan yang kuat. Akan tetapi, bentuk kesetiaan yang satu ini membutuhkan waktu untuk dibangun secara perlahan. Pasalnya, kamu hanya akan terbuka pada seseorang yang sudah benar-benar kamu percaya, bukan?

2. Ada di saat duka

Pexels.com/Trung Nguyen

Semua hubungan mengalami pasang surut. Bahkan, hubungan terbaik dan terkuat sekalipun pasti pernah melalui masa-masa sulit. Itulah sebabnya, bersabar dengan orang yang kamu cintai merupakan bentuk kesetiaan lainnya yang sangat dibutuhkan agar hubunganmu dapat bertahan di situasi terburuk.

Jadi, tak perlu diungkapkan dengan kata-kata. Cukup dengan hadir untuk menemani dan mendengar keluh-kesah pasanganmu dan menemaninya hingga bangkit kembali merupakan salah satu bentuk kesetiaan. 

3. Memberikan dukungan dengan bijak

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Akan ada masanya pasanganmu terlibat konflik dengan orang lain. Maka, sebagai pasangan yang suportif dan juga setia, kamu bisa memberikan bantuan sesuai apa yang dibutuhkannya. 

Jika iya bersalah, maka besarkanlah hatinya untuk bisa menerima dengan lapang hati dan membujuknya untuk berdamai dengan orang lain. Begitu pun sebaliknya, jika iya tidak bersalah maka teguhkanlah hatinya bahwa mereka telah benar mempertahankan prinsip tersebut. 

4. Tidak mengejeknya

Pexels.com/Katerina Holmes

Di mana pun kamu berada, baik sedang bersama kekasih atau pun tidak, bentuk kesetiaan itu akan tetap dapat terlihat. Pasalnya, beberapa pasangan akan cenderung menjelek-jelekkan pasangannya kepada orang lain ketika mereka bertengkar. Tentu ini adalah hal keliru yang seharusnya tak perlu dilakukan. 

Saat bertengkar, justru kesetiaan itu akan dibuktikan dengan sendirinya. Kamu bisa saling menilai satu sama lain apa yang dilakukan pasanganmu ketika perselisihan tengah terjadi di antara kalian. Jika keduanya sama-sama menjaga aib tanpa membuat perjanjian sebelumnya, maka bisa dipastikan bahwa keduanya adalah pasangan yang setia. 

5. Tidak berkhianat meski tertarik pada orang lain

Pexels.com/Denis Gvozdov

Ada banyak hal yang bisa membuat kita mudah tertarik pada orang lain, baik itu paras, prestasi, gaya bicara, dan lainnya. Merasa tertarik dengan orang yang kita anggap memiliki nilai lebih adalah sebuah hal wajar. 

Akan tetapi, yang membedakannya adalah kamu akan kembali mengingat komitmenmu dan tidak akan berkhianat dengan cara membesar-besarkan perasaan kagum tersebut. Sebab, sering kali perasaan kagum yang tidak segera dibatasi itu akan berubah menjadi rasa cinta kepada orang lain.

6. Yakin bahwa ia adalah yang terbaik

Pexels.com/Jonathan Borba

Menyadari dan menghargai kalau pasanganmu saat ini adalah sosok yang terbaik untukmu, merupakan bentuk kesetiaan yang paling berharga dan jarang disadari oleh banyak orang. Kamu dan pasangan saling yakin dengan sepenuh hati, bahwa meskipun dengan berbagai kekurangan yang ada pada kalian, hubungan tersebut akan tetap terasa indah.

Jadi, kesetiaan itu mempunyai banyak makna yang tidak melulu soal tidak selingkuh pada orang lain. Dengan kamu menyadari apa saja makna di baliknya, maka kamu semakin sadar bahwa kesetiaan itu adalah salah satu komitmen yang harus selalu ada di setiap hubungan mana pun. 

IDN Media Channels

Latest from Dating