Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Arti Canggung dalam Hubungan, Tanda Ketidakcocokan?

Awkward momen memang bisa terjadi kapan pun

Puspita Ramadhani

Bela, apakah kamu pernah merasa canggung dengan pasangan, meski hubungan kalian telah berjalan selama beberapa bulan? Rasa canggung ini bisa terjadi di saat kamu tengah berkomunikasi dengannya, atau saat sedang berkencan. 

Kira-kira apa arti canggung dalam hubungan itu, ya? Apakah ada kaitannya dengan sinyal ketidakcocokan? Penjelasan arti canggung dalam hubungan bisa kamu lihat selengkapnya di bawah ini.

1. Masih saling mempelajari pasangan

pexels.com/katerina-holmes

Kunci hubungan dapat berhasil adalah keinginan untuk terus mencari tahu dan menyesuaikan antara diri kita dengan pasangan. Maka dari itu, jika perasaan canggung muncul di awal hubungan lantaran belum sepenuhnya merasa cocok, itu sangat wajar terjadi. 

Kamu dan dia sedang sama-sama mencoba mempelajari tentang pasangan lebih jauh lagi. Kamu menjadi sungkan atau berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Apakah kamu akan menyukainya atau tidak. 

2. Terlalu memperhatikan pasangan

Freepik.com/Garetvisual

Arti rasa canggung dalam hubungan juga bisa timbul ketika kamu tidak merasa nyaman dengan dirimu sendiri atau situasi yang sedang mengapitmu. Contohnya, saat kamu terus-menerus memberi perhatian lebih pada pasangan, tapi melupakan dirimu yang juga butuh ruang agar tetap bisa menjadi diri sendiri. 

Hal ini memang lumrah terjadi pada pasangan yang baru jadian. Pasalnya, di awal hubungan asmara, kamu ingin memperhatikan pasangan dengan lebih jeli soal apa yang menarik darinya, kekurangannya, apa yang disukai, dan apa yang dibenci.

Sebagai sosok yang ingin memberikan effort lebih, sangat baik apa yang kamu lakukan untuk pasanganmu ini. Akan tetapi, jangan sampai kamu menjadi lupa dengan dirimu sendiri, ya. Terus-menerus merasa canggung saat sedang kencan nggak enak, lho!

3. Belum terlalu nyaman

Freepik.com/Yanalya

Sudah pacaran berbulan-bulan, tapi perasaan canggung dalam hubungan masih terus ada? Bisa jadi itu tanda kalau kamu tidak merasa nyaman di sisinya. 

Seperti yang kita ketahui bahwa kenyamanan adalah hal penting yang harus ada di dalam hubungan apa pun. Sebab, tanpa rasa nyaman, kita akan sulit merasakan kedekatan dan menjalin hubungan yang lebih intens lagi dengan sosok yang kita sayangi. 

Hal ini serupa dengan kisah asmaramu. Arti canggung dalam hubunganmu itu bisa menjadi tanda bahwa salah satu di antara kalian belum bisa sepenuhnya merasa nyaman saat sedang berduaan. Alhasil, kalian jadi sulit untuk berbagi rasa kepercayaan dan ragu untuk mewujudkan mimpi-mimpi dalam hubungan kalian. 

4. Ekspektasi yang tidak sama

pexels.com/Trinity Kubassek

Kamu kira, pembahasan yang menurutmu biasa saja akan berlaku pula pada pasanganmu. Padahal, bisa jadi topik pembicaraan yang ingin kamu utarakan itu merupakan hal sensitif baginya. 

Tidak sengaja mengangkat topik yang dianggap sensitif oleh si dia juga bisa menimbulkan rasa canggung di dalam hubunganmu. Sebab, kamu telah berekspektasi bahwa kamu bisa leluasa membicarakan suatu hal, namun nyatanya kamu harus memendamnya lantaran tak enak hati dengan pasanganmu.

5. Masih memendam amarah

Freepik.com/cookie_studio

Arti canggung dalam hubungan juga bisa menjadi tanda bahwa kamu dan dia belum bisa sama-sama kembali seperti semula, meski pertengkaran di tengah kalian telah berakhir. Kamu masih memendam rasa kesal atau bahkan emosi amarah yang belum semuanya terurai. 

Sejatinya, tidak masalah jika canggung dalam hubungan ini terjadi sesaat setelah bertengkar. Mintalah sedikit waktu kepada pasanganmu agar kamu bisa mengembalikan perasaan tenang seperti semula. Namun, jika canggung terus hadir meski sudah seminggu berlalu, maka kalian perlu duduk berdua dan kembali membahas persoalan tersebut hingga tuntas, ya. 

Kesimpulan yang bisa diambil adalah arti canggung dalam hubungan memiliki banyak makna dan tanda. Namun yang pasti, jika rasa canggung hanya bertahan untuk sementara waktu, maka itu bukan sesuatu yang perlu untuk dipusingkan. 

IDN Media Channels

Latest from Dating