Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Tunangan

Jangan sampai terlewat!

Rosita Meinita

Berpikir ke depan untuk sebuah hubungan agar ke tahap yang lebih serius sepertinya nggak ada masalah. Justru beberapa rencana perlu disiapkan bersama pasangan, entah itu mempertemukan dua pihak keluarga, melakukan pertunangan, bahkan untuk menikah. 

Yap, salah satu langkah agar kamu bisa tetap terikat dengan pasangan setelah mantap satu sama lain adalah melakukan tunangan.

Akan tetapi, ada banyak hal yang harus kamu pikirkan sebelum membuat langkah besar itu. Nggak hanya memberikan cincin, inilah hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum tunangan.

1. Apakah dia benar-benar berarti untukmu?

freepik.com/ prostooleh

Menjalin hubungan nggak selamanya tentang cinta, tetapi tentang arti memberi satu sama lain. Pikirkanlah, apakah laki-laki ini bisa membuatmu bahagia, nyaman, dan kamu merasa aman ketika berada di sampingnya. Kamu nantinya akan hidup bersamanya, oleh karena itu pastikan setiap perlakuannya berarti untukmu.

2. Bagaimana pengatuan keuangannya?

freepik.com/ freepik

Saat kamu memikirkan untuk hidup bersama dengannya, nggak ada yang disebut dengan matre, karena pengaturan keuangannya harus kamu pelajari juga. Bagaimana dia mengatur pendapatan, menyisihkan untuk menabung, dan berinvestasi.

Adapun utang, cicilan, ataupun pemborosan olehnya bisa kamu ketahui untuk membuat rencana keuangan bersama ke depannya.

3. Seperti apa keluarganya?

freepik.com/ freepic.diller

Faktanya untuk hidup bersama, baik merencanakan bertunangan ataupun menikah, kamu nggak hanya memikirkan bagaimana keadaanmu dan dia, tetapi juga menyatukan dua keluarga. Jika kamu akan menikahi pasanganmu, kamu berarti juga menikahi keluarganya. Oleh karena itu mempelajari bagaimana karakter keluarganya sangat penting.

Kamu bisa mulai membangun hubungan baik dengan orangtua maupun keluarganya. Mulai melibatkan diri di berbagai acara keluarga juga bisa kamu lakukan.

4. Apakah kamu bisa berkembang bersama dengannya?

freepik.com/ pressfotos

Saat kamu memutuskan untuk hidup dengannya, pastinya banyak rencana ke depan yang akan kamu lalui untuk lebih baik. Hal yang harus kamu pertimbangkan, apakah dia bisa berkembang bersama, mendukung semua hal terhadap kariermu? Ini yang akan menunjangmu untuk menjadi lebih baik.

Kamu dan pasangan juga harus siap akan semua kemungkinan yang akan terjadi entah itu saat kamu terpuruk sakit ataupun sedang ada masalah.

5. Bagaimana untuk tawaran pindah ke tempat lain?

freepik.com/ freepik

Walaupun hal ini sepertinya sangat jangka panjang, tetapi nggak ada salahnya untuk membicarakannya. Saat kamu atau pasanganmu diberi tawaran untuk bekerja di luar kota, siapkah kamu untuk memulai kehidupan di tempat baru?

Hal ini jelas perlu dibicarakan mengingat beberapa alasan tempat tinggal, kedekatan dengan orang tua, bahkan untuk perpindahan sekolah anak.

IDN Media Channels

Latest from Dating