Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sering Terlupakan, 10 Hal Ini Justru Bikin Biaya Pernikahan Membengkak

Mau irit tapi malah boros

Rosita Meinita

Pernikahan merupakan hal yang sakral dalam hidup kamu yang dilakukan sekali seumur hidup. Mengatur pengeluaran di dalam pernikahan juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan budget. Membuat daftar tentang sesuatu yang diperlukan dapat mempermudah perincian biaya yang dikeluarkan. Akan tetapi tahukah kamu ada beberapa hal yang nggak disadari ternyata bisa membengkaknya budget pernikahan kamu? Inilah kita bagikan untuk kamu ya, Bela.

1. Biaya service venue pernikahan

www.pexels.com/ Douglas Gianini

Dalam kemeriahan dan kegembiraan acara pernikahan, memasukkan biaya service venue sering kali terjadi. Biaya service biasanya dihitung 10-15% dari tagihan akhir. Hmmm, jangan lupa untuk menghitung juga biaya service-nya.

2. Sewa stand cake

www.pexels.com/ Brent Keane

Kue bertingkat bak di negeri dongeng juga kamu inginkan di hari bahagia kamu kan, Bela? Beberapa vendor juga memasukkan biaya sewanya. Atau mungkin kamu harus membayar deposit untuk memastikan kamu benar-benar mengembalikanya setelah hari bahagia kamu.

3. Perawatan kecantikan

rawpixel.com/

Meskipun kamu telah memperhitungkan biaya makeup dan hair do, kamu juga mungkin membutuhkan perawatan kuku, merapikan kaki kamudian facial sebelum hari H. Kamu dapat memiilih perawatan ekstra seperti ekstensi bulu mata, waxing dsb.

4. Dekorasi meja

www.pexels.com/ Lukas

Kamu mungkin memiliki bunga yang disortir untuk hari bahagiamu yang dipajang di meja-meja tamu spesial. Biaya ini mungkin belum kamu tambahkan dalam daftar biaya kamu. Sebenarnya dekorasi meja bukanlah hal yang wajib, akan tetapi tampil secara maksimal akankah lebih bagus pada acara yang terjadi sekali seumur hidup, bukan?

5. Biaya transportasi

www.pexels.com/ Tobias A. Müller

Untuk mengemasnya dalam suatu acara yang menarik pasti transportasi menjadi hal yang wajib. Pengiring pengantin yang terlalu banyak juga membutuhkan transportasi untuk sampai ke gedung pernikahan. Setelah acara pun, pihak keluarga dan mempelai pasti membutuhkan transportasi untuk pulang kembali ke titik kumpul semula.

6. Perubahan busana pengantin

pixabay.com/

Jika kamu memilih busana yang diimpikan dalam pernikahanmu, kamu juga harus menyiapkan kocek lebih ya, Bela. Biasanya pengantin memiliki dua kostum pengantin yang akan diganti saat pertengahan acara.

7. Cuci kering

rawpixel.com/

Hal yang terbaik dalam busana pengantin adalah segera membersihkannya. Semakin cepat kamu melakukannya, semakin kecil kemungkinan noda permanen terjadi. Membersihkan busana pengantin bukan hal mudah seperti mencuci pakaian sehari-hari kamu. Butuh ketelitian dan kebersihan yang pastinya dikenakan biaya.

IDN Media Channels

Latest from Dating