Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Perilaku Hubungan yang Lebih Berbahaya Dari Selingkuh

Terlihat sepele, nyatanya semua perilaku ini berbahaya.

Raizza Monik Setiawanti

Ketika berbicara tentang hubungan, ada banyak hal kecil yang pada awalnya mungkin tampak tidak penting, tetapi jika dilihat secara keseluruhan, itulah yang membuat hubungan itu berjalan lancar.

Perselingkuhan jelas merupakan masalah paling menyakitkan yang berpotensi menimbulkan luka cukup besar pada korbannya. Namun jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, ternyata ada berbagai perilaku hubungan yang berbahaya dan menyakitkan yang membahayakan hubungan secara perlahan tapi pasti selain tidak setia pada pasangan.

Berikut adalah daftar beberapa pola perilaku yang sangat berbahaya yang mungkin saja lebih berbahaya daripada selingkuh.

1. Bersikap tidak jujur dan tertutup

https://www.pexels.com/id-id/@andres-ayrton

Ada banyak alasan mengapa seseorang menyimpan rahasia. Bisa jadi untuk menyelamatkan wajahnya dari hal-hal yang tidak diinginkan atau memang tidak ingin menyakiti perasaan pasangannya. Akan tetapi masalahnya, jika itu akan menyakiti perasaan mereka, tidakkah sebaiknya kebohongan itu tidak dilakukan sejak awal?

Jika kamu merasa ada sesuatu yang perlu kamu sembunyikan dari pasangan, dan secara sengaja tidak mau terbuka padanya, maka kamu tidak berada dalam hubungan yang berkomitmen. Maka jangan kaget jika tanpa disadari hubungan yang kamu jalani perlahan akan gagal.

2. Merenung sendiri dalam diam

freepik.com/jcomp

Ini bisa dimulai dengan diam-diam dan perlahan berubah menjadi hal besar yang akan membunuh perasaanmu dari dalam.

Jika ada sesuatu tentang pasanganmu yang mengganggu kamu, katakanlah secara terbuka dan jujur tentang hal itu. Sebab, menyimpan emosi negatif dalam keheningan bisa menyebabkan malapetaka dalam hubungan. 

Emosi dan pikiran-pikiran negatif harus disingkirkan sebelum akhirnya berubah menguasai pikiran dan mengontrol hubunganmu dan pasangan.

3. Menolak segala jenis kasih sayang

https://www.pexels.com/id-id/@rodnae-prod

Apa pun cara pasangan dan kamu mengekspresikan emosi satu sama lain dan menunjukkan cinta, kamu harus melakukannya secara teratur.

Kamu mungkin bukan tipe orang yang sensitif dan itu adalah hal yang normal jadi tidak apa-apa. Akan tetapi, jika kamu tidak dapat menunjukkan kepada pasangan bahwa mereka dicintai dan dihargai, mereka akan segera mempertanyakan komitmen kamu. Jadi, jika kamu mencintainya, maka tunjukkan lah padanya dengan caramu sendiri.

4. Komunikasi yang buruk

https://www.pexels.com/id-id/@timur-weber

Kamu nggak harus mengirim pesan ke pasangan sepanjang hari setiap hari, kok. Namun, berbicara satu sama lain penting untuk menjaga hubungan tetap hidup.

Jika ada sesuatu di pikiranmu, selalu bagikan dengannya dan jika ada masalah, bicarakan. Jangan pernah menyimpan apa pun dalam botol, karena masalah selalu menemukan cara untuk meledak pada waktu yang paling buruk.

Kamu harus dapat berkomunikasi tentang apa pun itu. Jika tidak bisa, percayalah hubunganmu sulit untuk berhasil. Sebab, komunikasi adalah salah satu faktor kunci dalam hubungan yang sehat. Selama kamu berkomunikasi, selalu ada jalan keluar atas segala hal.

5. Menolak untuk berkompromi

https://www.pexels.com/id-id/@diva-plavalaguna

Seperti yang kita tahu, kompromi adalah suatu keharusan ketika berada dalam suatu hubungan. Kamu tidak bisa selalu melakukan segala sesuatu dengan caramu. Ada satu orang lain di sana yang kebutuhannya sama pentingnya dengan kebutuhanmu dan dapat menemukan kesamaan adalah kunci untuk melangkah lebih jauh dalam hubungan!

Ingatlah bahwa kamu bukan satu-satunya yang memiliki keinginan dan kebutuhan. Jalan tengah selalu yang terbaik untuk membuat hubungan lebih erat dan solid.

Itulah perilaku hubungan yang lebih berbahaya dari selingkuh. Semoga kamu dan pasangan bisa menghindarinya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating