Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Langkah Mudah untuk Membangun Komitmen, Mulai dari Diri Sendiri!

Beri ruang untuk saling memahami

Raden Putri

Hubungan romantis adalah salah satu aspek kehidupan yang paling rumit untuk dijalani. Oleh karena itu, tak heran banyak orang yang melalui banyak kegagalan sebelum akhirnya mereka menemukan orang yang tepat untuk menetapkan. Agar hubungan tersebut bertahan lama, maka dibutuhkan suatu komitmen yang dibangun bersama-sama.

Meski komitmen menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan, tetapi beberapa orang justru kesulitan untuk melakukannya. Dilansir dari Your Tango, terdapat 7 langkah mudah untuk membangun komitmen. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Tidak melupakan jati diri sendiri

Pexels.com/Jep Gambardella

Salah satu kesalahan terbesar yang kerap dibuat seseorang saat menjalin hubungan adalah menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan pasangan. Akibatnya, mereka jadi cenderung melupakan jati diri dan lupa apa yang sedang diperjuangkan. Hal yang harus diingat adalah jangan sampai mengubah diri sendiri menjadi orang lain hanya demi pasangan. Apalagi sampai kehilangan dasar dan prinsip yang dipercayai. Pasalnya, hubungan seperti itu tidak akan bertahan untuk waktu yang lama.

2. Luangkan waktu untuk teman

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Begitu seseorang menjalin sebuah hubungan, mereka cenderung meninggalkan lingkungan pertemanannya. Mereka menjadi begitu sibuk dengan hubungan dan menghabiskan sebagian besar waktu luangnya dengan pasangan. Jangan mengabaikan persahabatan hanya karena sedang menjalin hubungan. Luangkanlah waktu untuk bergaul dengan teman-teman agar pasanganmu melakukan hal yang sama dan kepercayaan terjalin lebih erat.

3. Miliki waktu sendiri

Pexels.com/the Shaan photography

Meski sedang menjalin hubungan, tetapi penting untuk kamu memiliki waktu sendiri. Kamu tidak perlu menghabiskan setiap menit dengan pasangan. Pasalnya, kamu pun harus memperhatikan dirimu sendiri untuk memiliki waktu luang. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menjalin hubungan yang lebih sehat dengan pasangan karena dapat saling memahami kesibukan masing-masing.

4. Belajar berkompromi

Pexels.com/Spora Weddings

Kompromi adalah salah satu kunci keberhasilan hubungan. Tanpa kompromi atau diskusi, konflik akan sering terjadi dan sulit untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan, tidak ada seorang pun yang menginginkan hubungan yang penuh dengan konflik karena akan membuat hubungan cepat merenggang.

5. Membuat kenangan bersama pasangan

Pexels.com/Vlada Karpovich

Membuat kenangan bersama pasangan bukan tentang jumlah uang yang dikeluarkan untuk berkencan. Tetapi, hal yang perlu diingat dari sebuah hubungan adalah kenangan yang dibuat bersama-sama. Alih-alih menghabiskan banyak uang untuk makan di restoran mewah, cobalah sesuatu yang baru seperti memasak bersama dan membuat hidangan yang istimewa. Kenangan tersebut akan bertahan lama dan dapat diingat untuk membantu melewati masa sulit yang mungkin akan ditemui di masa depan.

6. Bertengkar dengan efektif

Pexels.com/August de Richelieu

Kebanyakan pasangan akan panik saat hubungannya berhadapan dengan konflik. Tetapi, alih-alih stres dan mengkhawatirkan permasalahan, lebih baik diselesaikan saja. Tidak perlu saling menuduh atau berteriak, cobalah untuk bisa menerima kritik dari pasangan dan bekerja sama untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Dengan pertengkaran yang efektif ini, kamu bisa menjadi lebih dekat dengan pasangan dan memiliki hubungan yang tidak mudah goyang.

7. Mengusahakan yang terbaik

Pexels.com/Arina Krasnikova

Untuk memiliki hubungan yang baik, kedua pasangan harus saling memberikan waktu dan usaha terbaiknya. Jika ingin hubungan berjalan lancar, kamu juga harus bersedia untuk memperjuangkannya. Mungkin tidak akan mudah, tetapi ketika kesulitan datang, ingatlah jika hal baik selalu datang setelah kita berhasil melewati rintangan yang sulit. Oleh karena itu, waktu dan usaha menjadi dua kunci dasar untuk membangun hubungan yang sukses dan komitmen jangka panjang.

IDN Media Channels

Latest from Dating