Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara agar Tidak Mencintai Seseorang Secara Berlebihan

Agar kamu bisa meminimalisir rasa sakit hati

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bagaimana cara agar nggak mencintai seseorang berlebihan? Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering terlintas di benak kalian. Entah itu anggota keluarga, teman, apalagi pasangan. Sebab, jika kita nggak bisa mengontrol perasaan, yang didapatkan hanyalah sakit hati.

Mungkin sekarang kamu sedang kebingungan, karena kamu merasa sudah terjebak di dalamnya. Sulit rasanya untuk keluar kalau perasaan itu sudah terlalu dalam, tapi kamu nggak tahan dengan semua kekecewaan darinya. Lalu harus bagaimana? Berikut ini cara agar tidak mencintai seseorang berlebihan yang bisa kamu terapkan.

1. Nggak perlu mencoba mengubah dia

Pexels.com/cottonbro studio

Sering terjadi, banyak orang yang mencoba membuat pasangannya berubah sesuai harapan mereka. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, ketika kamu memiliki ekspektasi hingga menginginkan pasangan menyesuaikan. Tapi, ini sangat melelahkan, Bela. Kamu hanya membuat dirimu terluka saja.

2. Jangan berharap pasanganmu sempurna

Pexels.com/Timur Weber

Pada dasarnya, ketika kamu mencintai seseorang maka kamu harus bisa menerima segala kekurangannya. Lagi pula, nggak ada manusia yang sempurna. Jadi, berhentilah untuk mengharapkan kesempurnaan itu, karena nggak akan ada habisnya. Bahkan kita sendiri juga memiliki kekurangan.

3. Jangan mengendalikan dia

Pexels.com/cottonbro studio

Kalau kamu mencoba mengendalikan hidup dia, sadarlah itu bukan cinta. Justru nantinya dia akan merasa nggak nyaman denganmu, bahkan bisa meninggalkanmu. Dalam hubungan, tetap ada batasan yang harus kamu hormati. Seluruh hidupnya bukan milikmu, jadi jangan merasa memilikinya sebagai objek.

4. Pikirkan tentang kebahagiaanmu sendiri

Pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Kamulah yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri, bukan orang lain. Tentu kamu bahagia dengan kehadiran si dia, tapi tetap saja kita nggak bisa berharap lebih dengan manusia. Berhenti mengandalkan pasangan, jadi temukan kebahagiaanmu sendiri! 

5. Belajar menghargai pendapat pasangan

Freepik.com/azerbaijan_stockis

Menyatukan isi kepala yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, pentingnya saling menghargai pendapat satu sama lain, bahkan jika kamu sebenarnya nggak setuju dengan pemikirannya. Jika mencoba untuk memaksanya hanya akan menyebabkan pertengkaran.

6. Sebelum mencintai dia, cintai dirimu sendiri dulu

Freepik.com/wayhomestudio

Last but not least, mencintai diri sendiri adalah hal yang harus kamu lakukan sejak awal. Mungkin banyak orang yang nggak sadar, kalau mereka mencintai seseorang berlebihan sampai lupa dengan dirinya sendiri.

Nggak ada jaminan kalau pasanganmu mencintaimu melebihi dirinya sendiri. Untuk kebaikan, kalau bukan kamu siapa lagi? Jadi, belajarlah untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Mencintai berlebihan hanya akan membuatmu terluka, karena kita nggak pernah tahu, apakah dia akan menjadi yang terakhir untuk kita. Oleh karena itu, sadarlah dan ambil keputusan yang bijaksana!

IDN Media Channels

Latest from Dating