Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Cocok Dibawa ke Rumah Pacar

Simak tipsnya juga, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Bulan Ramadan identik dengan buka puasa bersama. Kamu mungkin sudah punya jadwal untuk buka puasa bareng sama keluarga, teman-teman, sampai dengan pacarmu. Nah, mungkin juga si dia ngajak kamu buka puasa bersama dengan keluarganya. 

Kalau datang dengan tangan hampa, rasanya nggak enak, dong. Dalam acara yang diselenggarakan oleh Kata Oma Mammamia edisi spesial Ramadhan pada Kamis (30/32023) kemarin, Popbela sempat berbincang tentang menu buka puasa yang cocok dibawa ke rumah pacar.

Pakar Kesehatan Masyarakat, Widya Fadila M.KM, yang Popbela temui di acara tersebut di Gedung Unifam Tower, memberikan tips dan rekomendasi menu yang bisa kamu bawa ke rumah calon mertua yang bisa mengambil hatinya. Penasaran apa saja? Cek di bawah ini, ya!

Tips membawa makanan atau minuman buka puasa

Dok. Kata Oma

Agar kamu semakin disayang calon mertua, kamu bisa membawakannya makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Tapi, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan supaya nggak jadi bumerang. Apa saja itu? Ini tipsnya dari Widya Fadila. 

1. Perhatikan kesehatan keluarga pasangan

unsplash.com/istockphoto

Kalau kamu tahu riwayat kesehatan keluraga pasanganmu ini akan semakin memudahkanmu untuk membawakannya menu berbuka yang pas. Ini juga membuatmu terlihat sangat peduli pada mereka. 

Misalnya, kalau keluarga pasanganmu ada yang mempunyai riwayat kolesterol, jangan membawakan mereka gorengan atau takjil lain yang bisa memicu kolesterol mereka. Ganti dengan makanan yang rendah kolesterol, baik itu buah atau makanan yang tidak deep fried. 

Begitu juga apabila keluarga pasanganmu ada yang punya diabetes, makanan manis seperti kolak coba ditahan dulu. Ini bisa tak baik untuk mereka dan malah jadi mubazir. Kamu bisa siasati dengan makanan lainnya atau berkonsultasi dengan ahli gizi kalau ingin membawakan makanan manis yang cocok untuk penderita diabetes.

Tahu tentang riwayat alergi mereka juga bisa membuat kamu memilih mana yang kamu akan bawa. Dengan begitu kamu semakin menjadi menantu atau ipar idaman, nih. 

2. Perhatikan tempat kamu membelinya

freepik.com

Tempat di mana kamu membelinya sangat penting, nih, Bela. Begitu juga dengan kemasan apa yang mereka gunakan untuk menaruh makanan. Jika bisa, jangan membeli makanan yang tidak higienis yang dijual terbuka di pinggir jalan. Debu dan bakteri mungkin masuk ke dalamnya.

Begitu juga dengan kemasannya. Kalau bisa pilih jangan yang berbahan plastik untuk makanan panas, karena zat-zat dari plastik tersebut bisa terurai dan masuk ke makanan sehingga makanan jadi kurang bergizi dan sehat. Jangan sampai gara-gara itu ceklis menantu idaman jadi berkurang, ya!

3. Jika membawa makanan kemasan, perhatikan seluruh informasinya

freepik.com

Kalau kamu ingin membawakan makanan kemasan, perhatikan informasi dalam kemasan makanan yang hendak kamu beli. Pastikan kamu lihat kadaluarsanya, informasi gizi dan penyajian, bahan-bahannya, serta izin edarnya. 

"Perhatikan waktu kadaluarsa (expired date), perhatikan kondisi kemasan, keamanan produk, ijin edar dari Badan POM, bijak melihat komposisi makanan dan lebih bijak memilih porsi makanan. Perhatikan juga saran penyajian pada makanan kemasan," kata Widya.

4. Diskusikan apa yang akan kamu bawa

freepik.com

Agar tubuh tetap sehat selama menjalani puasa, memilih makanan bergizi juga penting. Nah, kamu yang ingin agar pasanganmu dan keluarganya tetap sehat dan tak mubazir makanan, bisa komunikasikan dulu padanya apa yang akan dibawa.

Gizi yang diperlukan saat berbuka adalah karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein. Coba tanyakan padanya kira-kira keluarga akan masak apa, lalu kamu bisa menambahkan menunya. Pastikan semua dalam porsi yang seimbang. Ini membantu kalian untuk berkomunikasi lebih dalam dan menghindari kesalahpahaman atau hal lainnya. 

Rekomendasi menu buka puasa untuk ke rumah pasangan

Berikut beberapa menu buka puasa yang bisa jadi rekomendasi untuk dibawa ke rumah pasangan:

1. Puding vla dengan rasa buah

unsplash.com/istockphoto

Selama ini mungkin kita mengenal puding dengan vla susu. Tapi, agar lebih sehat, coba deh ganti vla susu dengan rasa buah. Ini bisa kamu buat dari perasan jeruk atau jus buah lainnya. Selain lebih segar ini juga bisa menambah vitamin untuk tubuh. Keluarga si dia pun akan lebih dekat karena melihat kamu kreatif dan peduli kesehatan mereka. 

2. Buah potong atau jus buah

unsplash.com/istockphoto

Buah potong, sup buah, atau jus buah jadi menu selanjutnya yang wajib kamu bawa. Eitss, tapi perlu diingat jangan gunakan terlalu banyak kental manis, sirup, atau gula, ya. Sebisa mungkin sajikan buah segar yang original, misalnya dengan perasaan jeruk nipis. Akan lebih baik kalau kamu membawakan buah kesukaan mereka. Ini membuatmu dipandang lebih baik karena ingat makanan favorit mereka. 

3. Makanan bakar

unsplash.com/istockphoto

Untuk makanan utama, kamu bisa membawakan mereka makanan bakar, Bela. Ini akan lebih mudah untuk disimpan nantinya jika tidak habis. Banyak juga makanan bakar yang enak, yang mungkin salah satunya adalah favorit mereka. 

4. Makanan rendah gluten

unsplash.com/istockphoto

Gluten yang dimakan saat berbuka terutama berlebihan bisa membuat asam lambung naik dan terasa kembung atau mual. Pastinya kamu nggak ingin dong calon mertuamu malah jadi sakit setelah memakan makanan yang kamu bawa. 

Untuk itu coba hindari makanan yang mengandung gluten untuk berbuka puasa. Lebih baik makanan alami, baik buah, sayur, atau lainnya yang tidak menggunakan bahan tersebut. Kamu juga bisa memberi tahu mereka apa saja makanan yang baik dan tidak baik saat berbuka puasa. Ini bisa mendorong kamu dan ibu si dia lebih dekat. Kamu mungkin akan terlihat pintar dan pandai mengurus keluarga di matanya. 

5. Kata Oma

Dok. Kata Oma

Cemilan bisa jadi menu yang kamu bawa untuk mereka. Telur Gabus Kata Oma bisa jadi pilihan cemilan sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas tanpa pengawet, tanpa pewarna buatan, serta bebas gluten. Ada banyak rasa juga yang bisa kamu pilih mulai dari Gula Aren, Keju Cheddar, Telur Asin Brebes dan Balado Padang. 

Itulah menu dan tips membawa makanan buka puasa ke rumah pacar yang bisa menarik hati si calon mertua. 

IDN Media Channels

Latest from Dating