Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Pro dan Kontra Berpacaran dengan Pilot, Menarik tapi Sering LDR

Punya travel benefit, tapi akan sering LDR

Natasha Cecilia Anandita

Pilot menjadi salah satu profesi yang sering dianggap keren dan menarik. Pilot digambarkan sebagai seorang yang cerdas dan menawan, terutama di balik seragam gagahnya. 

Namun, terlepas dari seragam pilot yang menarik itu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dulu sebelum berkencan dengannya, nih, Bela. Misalnya, pilot sering melakukan perjalanan selama empat atau lima hari sekaligus.

Kamu mungkin akan menjalani LDR dan sering sendirian di rumah. Komunikasi pun bisa jadi sulit saat dia sedang bepergian. Berikut beberapa pertimbangan termasuk pro dan kontra berkencan dengan seorang pilot.

1. Ada banyak topik menarik untuk dibicarakan

freepik.com

Saat kamu berpacaran dengan seorang pilot, kalian punya banyak topik menarik untuk dibahas. Seorang pilot terlibat dengan berbagai budaya dan orang yang beragam. Dia mungkin akan menceritakan pengalamannya itu denganmu. Ada kemungkinan juga kamu mendapatkan hadiah-hadiah cantik dari berbagai kota dan lokasi menarik di seluruh dunia. 

2. Bisa memiliki jadwal yang fleksibel

43airschool.com

Kebanyakan pilot hanya perlu terbang beberapa jam per bulan. Jadi, dia mungkin bekerja beberapa hari berturut-turut, kemudian libur beberapa hari.Terkadang kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk menghabiskan akhir pekan yang panjang bersamanya.

Selain itu, semakin banyak pengalaman yang dimiliki pilot, semakin fleksibel jadwalnya. Ia mungkin akan dapat memilih hari libur yang diinginkan dan lokasi perjalanannya. Dengan itu kalian bahkan dapat pergi berlibur ke luar negeri bersama secara acak tanpa diduga! 

3. Kamu mungkin bisa mendapatkan tiket murah

unsplash.com

Keuntungan luar biasa lainnya dari berkencan dengan seorang pilot adalah kesempatan untuk bepergian dengan tarif yang lebih terjangkau. Sebagai pacar seorang pilot, kamu kemungkinan besar juga akan menerima travel benefit yang besar.

Banyak pilot yang mendapatkan kompensasi dari maskapainya dan terkadang membawa orang yang dicintai untuk menemaninya secara gratis! Tiket pesawat dan bahkan penginapan tercakup dalam beberapa kasus. Jika kamu suka bepergian dan pergi ke tujuan baru dan menarik, berkencan dengan seorang pilot adalah pilihan yang luar biasa.

4. Kamu akan mengetahui fakta unik tentang dunia penerbangan

43airschool.com

Pilot suka menghabiskan waktu membicarakan pekerjaannya. Saat kamu berpacaran dengan seorang pilot, kamu akan belajar lebih banyak atau menemukan fakta-fakta menarik tentang dunia penerbangan.

Contohnya, dia akan memberitahumu bahwa 80% populasi takut terbang atau pilot cenderung tertidur saat bekerja. Kamu harus bisa menyeimbangkannya dengan menunjukkan minat tentang pekerjaan pasanganmu.

Untuk memulai, coba ajukan pertanyaan spesifik tentang apa yang ia lakukan. Tanyakan kepadanya tentang tiga penghargaan dan tiga tantangan dari profesi pilot. Pertanyaan-pertanyaan ini akan menginspirasi si dia untuk berbicara tentang apa yang dilakukannya. 

5. Selalu bahagia karena mendapat kepuasan kerja yang tinggi

freepik.com/freepic.diller

Menjadi pilot tidak mudah. Ia harus menginvestasikan banyak waktu, uang, dan komitmen yang kuat untuk studi dan pelatihannya. Semua pilot juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan rutin untuk mempertahankan status kesehatan.

Namun, mereka menjadi pilot karena mereka suka terbang, begitu juga mungkin dengan pacarmu. Ia juga mendapatkan banyak keuntungan dari pekerjaannya, termasuk menginap di hotel bintang lima, perjalanan ke banyak daerah, hingga mendapatkan gaji yang bagus. 

Dengan itu kepuasan kerjanya pun tinggi dan akan membawa kebahagiaan. Seseorang yang bahagia dalam pekerjaannya dan tidak bergumul dengan keuangan akan juga berkontribusi secara positif pada hubungan romantis.

6. Kebanyakan pilot memiliki jam kerja yang panjang

youtube.com

Sebagian besar pilot hanya harus terbang sekitar 125 jam per bulan, tetapi itu belum termasuk waktu untuk pemeriksaan keamanan, berkomunikasi dengan pramugari dan staf lain, serta aktivitas non-penerbangan lain yang harus diselesaikan.

Selain itu, terkadang cuaca buruk dan situasi darurat muncul tanpa diduga. Ini berarti pilot kadang-kadang akan bekerja dalam shift panjang. Pergesaran jadwal itu mungkin akan membuatnya melewatkan hari jadi kalian, ulang tahun, atau acara penting lainnya karena tidak bisa pulang tepat waktu. 

7. Komunikasi dengannya tidak selalu mudah

unsplash.com/istock

Pilot memiliki jadwal yang sangat sibuk dan sering kali tidak bisa berkomunikasi saat sedang terbang. Ia hanya boleh berbicara dengan staf dan awak pesawat. Kalau dia juga melakukan penerbangan internasional, zona waktu kalian juga mungkin tidak akan sama. Pacar pilotmu akan tidak selalu dapat mengangkat teleponmu untuk menyapa. 

8. Ada yang memiliki masalah kesehatan

pexels.com/анна-хазова

Menerbangkan pesawat bisa menjadi pekerjaan yang membuat stres karena ia bertanggung jawab untuk mengantarkan ratusan orang dengan selamat ke tujuan mereka. Ada banyak elemen pekerjaan yang membuat stres lainnya, termasuk paparan radiasi kosmik, kehilangan pendengaran karena kebisingan pesawat yang keras, sampai jet lag

Sayangnya, jika seorang pilot maskapai mendapatkan salah satu dari masalah medis tersebut, itu dapat menyebabkan lisensinya dicabut atau dibatalkan. Ini dapat menyebabkan tekanan mental dan emosional yang signifikan. Stres yang meningkat juga dapat menyebabkan lebih banyak masalah dalam hubungan kalian di kemudian hari.

9. Dia mungkin harus standby

freepik.com

Ada kemungkinan pacarmu adalah pilot yang selalu standby. Ia harus siap kapan pun dibutuhkan sehingga mungkin tidak bisa membuat rencana pada hari-hari tertentu. Dia juga harus berada di dekat bandara kalau-kalau dia harus pergi pada menit terakhir.

Ini bisa menjadi tantangan bagimu jika kamu tinggal jauh dari bandara. Kamu mungkin tidak dapat melihat pacarmu sebanyak yang kamu inginkan. Terkadang berkencan dengan seorang pilot terasa lebih seperti hubungan jarak jauh.

Tak ada yang mustahil untuk menjalani hubungan dengan pilot dengan kondisi tersebut. Kalian hanya perlu bersiap, saling mengerti dan berkomunikasi sebaik dan sejujur mungkin. 

10. Adanya rasa insecure

yorkshirepost.co.uk

Ada banyak stereotip negatif seputar pilot, misalnya berhubungan dengan pramugari, tingkat perceraian yang tinggi, ego besar, tukang selingkuh, hingga punya banyak pacar di berbagai daerah.

Hal ini mungkin membuatmu ovethinking hingga insecure. Belum lagi gambaran bahwa para pramugari sangat menarik. Tapi, stereotip hanyalah stereotip, dan tak semua pilot seperti itu karena pribadi orang beda-beda. 

Itulah 10 pro dan kontra berpacaran dengan pilot. Apakah kamu termasuk yang tertarik berpacaran dengannya?

IDN Media Channels

Latest from Dating