Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Pasangan di Drama dan Film Korea yang Kisahnya Berakhir Tragis

Hati-hati spoiler!

Natasha Cecilia Anandita

Drama dan film Korea tak henti-hentinya menghibur kita semua. Dari yang komedi penuh tawa hingga nangis bombay, semua tersedia sepanjang tahun. Akhir-akhir ini media sosial sedang ramai tentang film terbaru Korea berjudul 20th Century Girl.

Bahkan, film ini menjadi trending di Twitter dan muncul di FYP TikTok, lho. Berlatar tahun 1999, kisahnya cukup klasik, tapi mampu membuat nyesek para penonton karena plot twist yang tak terduga. Film ini mengingatkan dengan dramaTwenty-Five Twenty-One yang diperankanKim Taeri dan Nam Joo Hyuk, tapi punya versi yang lebih sad. 

Selain 20th Century Girl, ada juga beberapa drama dan film Korea lain yang punya kisah cinta tragis. Mereka harus ditinggal pasangannya pergi selamanya karena banyak hal tak terduga dan menjadikan scene tersebut sulit untuk dilupakan dan bikin mewek tiap kali teringat. 

Nah, berikut Popbela telah merangkum 8 pasangan di drama dan film Korea yang kisahnya berakhir tragis. 

1. Na Bora dan Poong Woonho - 20th Century Girl

twitter.com/iconickdramas

Na Bora (Kim Yoojung) awalnya disuruh oleh sahabatnya, Kim Yeon Doo (Roh Yoon Seo), untuk mencari tahu sosok siswa laki-laki yang menolongnya bernama Baek Hyun Jin. Yeon Doo harus ke Amerika untuk pengobatan, karena itulah ia meminta Bora untuk mencari informasi tentang Hyun Jin. 

Saat itu, Bora akhirnya mulai mendekati Hyun Jin yang sekaligus juga menjadi dekat dengan Poong Woonho, sahabat Hyun Jin. Mereka banyak menghabiskan waktu bersama, terlebih Bora dan Woonho yang ikut klub broadcasting yang sama.

Bora yang mendekati Hyun Jin karena sahabatnya malah dikira menyukai Hyun Jin. Bahkan, Bora sempat ditembak oleh Hyun Jin, tapi ditolak olehnya. Woonho sendiri jatuh cinta dalam diam pada Bora, hingga akhirnya Bora pun merasakan hal yang sama.

Konflik semakin tinggi ketika Yeon Doo pulang ke Korea dan menyadari bahwa laki-laki yang disukainya ternyata adalah Woonho. Bora yang mengetahui itu pun mulai menarik diri dari Woonho. Tak berapa lama, Woonho ternyata harus kembali ke New Zealand untuk tinggal bersama ibu dan adiknya, Joseph.

Di satu jam terakhir 20th Century Girl ini, perasaan penonton mulai bercampur aduk, hingga akhirnya mendapati kenyataan yang memilukan bagi kisah cinta Woonho dan Bora. Semua scene Bora dan Woonho ternyata adalah sebuah "in memoriam". Penasaran dengan kisah lengkapnya? Silahkan ditonton, ya, Bela. 

2. Lim Suho dan Eun Young Ro - Snowdrop

JTBC

Oke, Bela, maaf membuka luka lagi. Para pecinta drama Korea pasti tahu bagaimana tak terlupakannya drama satu ini. Menjadi debut akting Jisoo 'BLACKPINK' sebagai pemeran utama hingga kisah cinta tragis Utara dan Selatan menjadikan Snowdrop sebagai drama yang paling kontroversial. 

Lim Suho (Jung Haein), seorang tentara dan mata-mata dari Korea Utara, mencoba untuk melakukan misi di Korea Selatan, tapi tertangkap hingga akhirnya harus menyelinap ke asrama perempuan dengan tubuh yang berdarah-darah.

Eun Young Ro (Kim Jisoo), mahasiswi muda dengan hati yang lembut, menolong Suho yang terkapar hingga berhasil keluar dari asrama karena mengira bahwa dia adalah salah satu dari mahasiswa pendemo kala itu. Ini karena sebelumnya mereka juga sempat bertemu dalam kencan buta bersama dengan teman-teman yang lain. 

Keadaan semakin pelik, kala keduanya mengetahui status masing-masing, dan para mata-mata Korea kelompok Suho menyandera asrama karena tak punya jalan untuk kembali ke negaranya. Romansa tipis-tipis pun terjadi. Meski Young Ro kecewa karena merasa terkhianati, tapi jauh di dalam lubuk hatinya, ia mencintai Suho. Sementara Suho sendiri juga mencintai Young Ro, tapi dilema dengan kehidupan adiknya nanti di Korea Utara. 

Kala semua terasa sudah tinggal di ujung jalan dan berakhir bahagia, sayangnya tak semudah itu untuk kisah Young Ro dan Suho. Meski akhirnya Young Ro selamat dalam peristiwa penyandaraan, justru nyawa Suho harus melayang setelah ditembaki oleh pasukan Korea Selatan.

3. Ko Miho dan Park Changho - Big Mouth

allkpop.com

Drama yang belum lama ini tamat juga punya kisah cinta tragis dari pemeran utamanya, Ko Miho (YoonA) dan Park Changho (Lee Jongsuk). Ko Miho disebut-sebut sebagai istri idaman yang membantu suaminya dari kuliah, membangun firma hukum sendiri, ikut beraksi membebaskan suami yang dipenjara, hingga turut menguak kejahatan para petinggi. 

Scene mereka bersama dengan masa-masa bahagia pun sangat sedikit dan kilas balik saja. Setiap kali bertemu, keduanya hanya berpelukkan hangat yang membuat penonton gemas karena tak begitu terasa sebagai suami istri. 

Ko Miho memang sosok istri yang selalu ada untuk suaminya, bahkan tak kenal takut untuk membebaskan suaminya dan menunjukkan kebenaran. Setelah semua kebenaran semakin terkuak serta berharap akan ada masa-masa indah untuk Ko Miho dan Park Changho, ternyata akhirnya tak seindah itu.

Ko Miho didiagnosis menderita kanker darah stadium akhir karena menguak kejahatan di balik NR Forum. Park Changho yang mengetahui hal itu di detik-detik terakhir hanya bisa menangis dan mengenang istrinya. Ia pun menemani sang istri yang berbaring lemas di ranjang rumah sakit hingga menutup mata selamanya.

4. Hwang Hee Tae dan Kim Myung Hee - Youth of May

soompi.com

Youth of May mengambil latar di tahun 1980-an, masa yang penuh gejolak politik di Korea Selatan. Kisahnya berfokus pada hubungan asmara Hwang Hee Tae (Lee Dohyun) dan Kim Myung Hee (Go Minsi). Hee Tae adalah pemuda cerdas yang berhasil masuk ke Sekolah Tinggi Kedokteran Universitas Nasional Seoul, sementara Myung Hee adalah perawat yang gigih, mandiri, dan benci ketidakadilan.

Kisah mereka cukup manis walau tak mulus. Meski sukses melangsungkan pernikahan, rintangan dalam kisah cinta keduanya ternyata belum usai. Open ending, kematian Myung Hee memang sudah terprediksi di episode awal-awal drama tersebut. Namun, tetap saja bagaimana Myung Hee tewas tertembak oleh pihak militer ketika melindungi adiknya yang sedang menjadi sasaran tak pernah terlupakan. 

Myung Hee meninggal pada 1980 saat peristiwa kerusuhan terjadi. Lebih tragisnya, jenazah Myung Hee ternyata baru ditemukan setelah 41 tahun lamanya. Hee Tae yang masih hidup pun berlarut dalam penyesalanya hingga 40 tahun karena kematian Myung Hee itu. 

5. Shin Joon Young dan Noh Eul - Uncontrollably Fond

hellokpop.com

Dari benci jadi cinta, melodrama ini juga punya ending yang menyesakkan dada. Shin Joon Young (Kim Woo Bin) adalah seorang bintang yang angkuh yang ternyata mengidap kanker ganas. Sementara Noh Eul (Suzy) ada seorang produser yang selalu berjuang keras dengan pekerjaannya itu. 

Keduanya adalah sahabat kecil yang akhirnya berpisah dan menjadi sedikit musuh, hingga akhirnya bertemu lagi untuk sebuah proyek. Sejak awal penayangannya, drama ini memang sudah menunjukkan tanda-tanda sad ending.

Di saat keduanya sudah mulai jatuh cinta dan menikmati masa berdua, ternyata itulah masa-masa terakhir mereka bersama. Keduanya tinggal bersama di sebuah villa milik Joon Young. Hingga akhirnya, Joon Young tertidur selamanya di bahu Noh Eul saat mereka tengah menatap bintang di ayunan taman belakang.

6. Seong Deok Im dan Yi San - The Red Sleeve

viki.com

Kisah selir dan raja satu ini memang menyayat hati, terlebih ini diangkat dari kisah nyata. Chemistry Lee Junho sebagai Raja Yi San dan Lee Se Young sebagai Seong Deok Im juga tak main-main. 

Raja Jeongjo bernama Yi San itu jatuh cinta pada seorang perempuan biasa bernama Seong Deok Im. Dengan berbagai perjuangan yang panjang dan berliku, akhirnya sang Raja pun berhasil menjadikan Deok Im sebagai seorang selirnya.

Tapi, cobaan mereka tak sampai di situ. Meski cinta satu sama lain, kisah mereka penuh kepedihan. Raja Jeongjo harus kehilangan putra sekaligus istrinya yang paling dicintai yang meninggal ketika mengandung.

7. Seo Dan dan Gu Seung Joon - Crash Landing on You

twitter.com/kdramarchive

Bukan couple utama, tapi kisah cinta mereka juga tak kalah mengharukan dan tragis, terlebih untuk Seo Dan (Seo Ji Hye). Perempuan dari kalangan elit di Korea Utara itu awalnya bertunangan dengan Kapten Ri Jeong Hyuk (Hyun Bin) melalui perjodohan. 

Namun, ternyata cintanya hanya bertepuk sebelah tangan, karena Ri Jeong Hyuk tak benar-benar mencintainya. Bahkan, ia jatuh cinta pada perempuan asal Korea Selatan yang tak sengaja nyasar ke Korea Utara, Yoon Seri (Son Ye Jin). 

Saat mulai didekati oleh Gu Seung Joon (Kim Jung Hyun) dan banyak hal mereka lalui bersama, akhirnya keduanya saling jatuh cinta. Seo Dan yang dingin itu akhirnya mulai membuka hati dan lebih lembut pada Seung Joon. Tapi, nasib tragis mendatangi keduanya, ketika Seung Joon tertembak oleh orang-orang yang memburunya. 

8. Kim Gaon dan Yoon Soo Hyun - The Devil Judge

instagram.com/tvn_drama

Sama seperti Seo Dan dan Gu Seung Joon, couple satu ini juga bukan pemeran utama, tapi punya kisah yang cukup tragis. Kim Gaon (Park Jinyoung) dan Yoon Soo Hyun merupakan sepasang sahabat. Gaon adalah seorang hakim muda, sementara Soo Hyun adalah seorang detektif. 

Yoon Soo Hyun sudah menyatakan cintanya sebanyak lima kali kepada Kim Ga On sejak TK hingga dewasa. Ia juga dengan sabar menunggu Kim Ga On membalas perasaannya. Menjelang episode-episode terakhirnya, Kim Ga On akhirnya mengakui perasaannya kepada Yoon Soo Hyun. Tetapi, setelah jadian dalam waktu yang masih sangat singkat, Yoon Soo Hyun tewas tertembak didepan mata Kim Ga On. Tragis kan, Bela?

Itulah 8 pasangan di drama dan film Korea yang kisah cintanya berakhir tragis ditinggal oleh salah satu pasangannya. Mana yang membuatmu paling nyesek?

IDN Media Channels

Latest from Dating