Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Manfaat Komunikasi yang Efektif dalam Hubungan, Bangun Kepercayaan

Bisa atasi konflik dan bangun hubungan yang sehat

Natasha Cecilia Anandita

Komunikasi yang baik adalah bagian penting dari semua hubungan, terutama dalam hubungan romantis dengan pasangan untuk mencapai hubungan yang sehat. Semua hubungan pasti mengalami pasang surut, tetapi gaya komunikasi yang sehat dapat memudahkanmu menghadapi konflik dan membangun kemitraan yang lebih kuat dan sehat.

Berikut ini ada 10 manfaat komunikasi yang efektif dalam sebuah hubungan dan cara meningkatkannya. 

1. Membantu memperkuat rasa hormat

unsplash.com

Manfaat pertama dari komunikasi yang efektif adalah memungkinkan pasangan mengembangkan rasa hormat terhadap satu sama lain. Ini pertanda hubungan yang sehat. Saat sesuatu terjadi, apakah itu baik atau buruk, kamu perlu mengatakannya.

Pasanganmu mungkin memiliki solusi atau pandangan lain terkait hal tersebut dan ketika kalian menjalaninya bersama akan membantu memperkuat ikatan. Namun, lebih dari itu, ini juga menunjukkan bahwa kamu menghormatinya dan berusaha jujur ​​untuk berbicara terus terang. Kurangnya komunikasi dapat memiliki efek sebaliknya.

2. Hubungan lebih transparan dan sederhana

unsplash.com/istockphoto

Komunikasi yang jujur ​​dalam suatu hubungan akan membuat semuanya lebih transparan. Kamu juga tak perlu menyembunyikan sesuatu, takut sesuatu terbongkar, atau mengingat kebohonganmu jika itu kembali diungkit.

Ini juga menghindari tebak-tebakan dan perasaan curiga lainnya pada satu sama lain. Hubungan kamu pun menjadi lebih sederhana, membuat kalian berdua tidak terlalu stres dan, pada akhirnya, lebih bahagia.

3. Membantu menghindari kesalahpahaman

unsplash.com/istockphoto

Sedekat apa pun kamu dengan pasanganmu, setiap hubungan terdiri dari dua orang yang unik. Apa yang dijalani dan masalah yang dihadapi satu dengan lainnya setiap hari bisa berbeda. Terkadang kamu mungkin bisa salah berkomunikasi.

Di lain waktu, kamu mungkin lupa mengatakan hal-hal yang penting. Untuk itulah diperlukan komunikasi yang intens. Berkomunikasi membantu mencegah miskomunikasi. Sering berkomunikasi dan mengekspresikan diri pada pasangan akan memudahkan mengetahui bagaimana orang tersebut dan dirimu. Akhirnya kamu lebih terbiasa menyampaikan hal dengan cara yang mudah ia pahami. Kamu pun tak perlu khawatir lagi mengatakan hal yang salah.

4. Membangun kepercayaan

unsplash.com/istockphoto

Kepercayaan adalah salah satu faktor dalam suatu hubungan yang penting dan memakan banyak waktu. Butuh waktu untuk mengembangkan kepercayaan. Tanpa kepercayaan antara satu sama lain, hubungan tidak akan dapat bertumbuh.

Kamu dan pasangan harus konsisten terbuka satu sama lain, berkomunikasi dengan jujur. Komunikasi yang lebih baik mengarah pada lebih banyak kepercayaan satu sama lain, dan kepercayaan yang lebih baik mengarah pada lebih percaya diri.

5. Saling mendukung

unsplash.com

Dalam satu hubungan, masalah bisa saja muncul ketika kamu tidak mengomunikasikan kesulitan satu sama lain. Ketika kamu mengalami tantangan atau masalah pribadi, kamu perlu mengomunikasikannya dengan pasanganmu agar setidaknya dia tahu kondisimu dan hadir untukmu.

Dengan tahu kondisimu, ia mungkin menawarkan bahu untuk bersandar atau membantu memecahkan masalah. Manfaat komunikasi lainnya adalah bahwa ia tahu kalau dirinya adalah bagian dari proses kehidupan dan pendewasaanmu. Jika kamu dan pasangan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi di antara kalian berdua, kalian masing-masing akan menjadi pendukung yang dibutuhkan satu sama lain.

6. Membantu menumbuhkan cinta

unsplash.com

Cinta itu mirip dengan bunga, kamu harus menyiraminya. Maksudnya, kalau kamu membiarkan komunikasi di antara kamu dan pasangan menjadi basi, cinta kalian pun bisa menderita karena kekurangan makanan.

Kamu tidak dapat berharap untuk terus mendapatkan cinta dari seseorang jika kamu berhenti berkomunikasi dengan dia. Bahkan komunikasi yang biasa saja pun bisa mengeringkan cinta, apalagi ketika yang hilang itu adalah komunikasi yang jujur.

Oleh karena itu, pertahankanlah semua jenis interaksi dan komunikasi yang membuat kamu jatuh cinta sejak awal. Kamu harus bisa mengingatkan masing-masing mengapa kalian jatuh cinta. Jika kalian selalu berupaya menjaga api cinta itu tetap menyala melalui komunikasi, kecil risiko kalian untuk berpisah. 

7. Bagus untuk suasana hati

freepik.com

Salah satu hadiah terbesar dalam hubungan apa pun adalah kemampuan untuk mengungkapkan kebahagiaan sejatimu kepada seseorang. Ketika seseorang benar-benar bahagia dan memiliki pasangan yang komunikasinya baik, kebahagiaannya bisa menular.

Ketika kamu jujur ​​dan gembira tentang sesuatu dalam hidupmu, komunikasi yang jujur ​​itu memungkinkan kamu untuk mengekspresikan emosi. Saat kamu melakukan itu, kegembiraan itu juga menular ke pasanganmu.

Berbagi kebahagiaan dengan seseorang, secara terbuka, bisa menciptakan kebahagiaan yang bisa dirasakan bersama. Ini adalah cara yang sehat untuk memproses emosi dan pendorong alami untuk membangun hubungan yang lebih sehat dan bahagia.

8. Membantu saling mengenal

freepik.com

Manfaat komunikasi dalam hubungan adalah mengenal satu sama lain. Saat mulai mendekati seseorang yang disuka, mengenal satu sama lain sangat penting untuk hubungan ke depan. Caranya adalah dengan saling berkomunikasi. 

Bahkan setelah menjalin hubungan pun, komunikasi bisa menjadi sarana untuk lebih mengenal satu sama lain dan kondisi yang sedang dihadapi sehingga bisa lebih saling memahami. 

9. Mempelajari hal baru

freepik.com

Hal baru datang setiap hari. Saat kamu menjalin hubungan, kamu akan selalu memiliki pengalaman segar yang datang setiap hari dan berbagi dengan orang yang kamu kasihi. Beberapa dari pengalaman ini bisa menjadi poin pembelajaran bagi kamu dan pasangan. Karenanya, penting untuk mengadakan percakapan tentang mimpi, pemikiran, rencana, dan pengalaman baru dengan pasanganmu.

10. Membantu mengurangi konflik atau menyelesaikannya lebih cepat

freepik.com

Jika ada sesuatu yang mengganggu pasanganmu, tetapi kamu tidak tahu apa itu dan sebaliknya, peluang kalian untuk dapat menyelesaikan hal tersebut sangat kecil. Selain itu, semakin lama kalian memendam perasaan kesal tanpa memberi tahu satu sama lain atau tanpa diselesaikan, semakin besar kemungkinan kebencian akan terbentuk.

Oleh karena itu, penting untuk berbicara secara terbuka dan jujur ​​​​tentang perasaan kalian. Kemungkinan besar kamu dan pasangan dapat menyelesaikan konflik lebih cepat dan menghindari hasil yang negatif. 

Itulah 10 manfaat komunikasi yang efektif dalam sebuah hubungan yang membuat hubungan kalian sehat. Sudah merasakan manfaatnya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating