Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Lagu Coldplay yang Ditulis Chris Martin Berdasarkan Kisah Cintanya

Terbaru ada "My Universe"

Natasha Cecilia Anandita

Coldplay akan datang ke Indonesia! Antusiasme para penggemar dan pendengar setia pun memanas dan siap untuk war tiket pada 19 Mei mendatang. Lagu-lagu Coldplay pun ramai wara-wiri di media sosial dan diberitakan di berbagai media. 

Coldplay dikenal punya lagu yang easy listening dan ngena banget. Tapi, ternyata sang vokalis, Chris Martin, yang selalu andil dalam pembuatan lagu sempat membuat lagu yang berdasarkan dengan kisah cintanya maupun didedikasikan untuk sang pujaan hati. 

Chris memang disukai banyak perempuan dan punya kisah cintanya sendiri yang terbilang penuh lika-liku. Romantis abis, berikut 7 lagu Coldplay yang dibuat Chris Martin berdasarkan kisah cintanya. 

1. "Fix You"

Single hit ini ternyata merupakan salah satu lagu yang didedikasikan Chris untuk mantan istri tercintanya, Gwyneth Patrow. Chris menulis "Fix You" untuk menghibur Gwyneth yang baru kehilangan ayahnya, Bruce Paltrow, yang meninggal pada tahun 2002. Lirik "Fix You" adalah tentang gambaran perasaan kehilangan yang Gwyneth rasakan setelah kematian ayahnya.

2. "Swallowed in The Sea"

Selain "Fix You", Chris juga menulis lagu "Swallowed in The Sea" untuk menghibur Gwyneth. Lagu tersebut masuk dalam album 2005 Coldplay, X&Y . Dalam sebuah wawancara, Gwyneth mengatakan sangat sulit mendengar lagu tersebut tanpa menangis. Ia juga merasa kagum sekaligus bersyukur bahwa dia memiliki Chris di sisinya saat dirinya sedang hancur kehilangan ayah tercinta. 

3. "Moses"

Chris menulis lagu "Moses" untuk Gwyneth sebelum mereka menikah pada Desember 2003. Chris mengatakan "Moses" adalah lagu tentang jatuh cinta dengan perempuan tercantik di dunia. Pasangan ini juga menaimai anak mereka dengan judul lagi tersebut, yakni Moses Bruce Anthony Martin.

4. "Magic"

Menikah selama 10 tahun tak membuat hubungan Chris dan Gwyneth bertahan hingga kakek nenek. Mereka memutuskan berpisah pada 2013. Penggemar menganggap lagu ini adalah surat cinta Chris untuk Gwyneth.

Penyanyi Coldplay bernyanyi tentang dihancurkan atau dipisahkan menjadi dua oleh cintanya, tapi masih menganggap kisah mereka adalah sebuah keajaiban. Lirik lagu tersebut seakan Chris dicampakkan oleh Gwyn yang meninggalkannya. 

5. "Another’s Arms"

Album keenam Coldplay, Ghost Stories, dikenal merupakan album perpisahan yang berisi lagu-lagu galau pasca putus. Sayap malaikat berbentuk hati yang patah di sampulnya, semakin menjelaskan teori tersebut.

Belum lagi, lagi "Another's Arms" yang ada di salah satu list, merupakan ciptaan Chris yang menggambarkan tentang dia merindukan cinta dari perempuannya dan merindukan pelukan. 

6. "Everglow"

Ternyata lagu yang termasuk di album ketujuh Coldplay ini berkolaborasi dengan mantan istri sang vokalis, Gwyneth Paltrow. Meski tak dikreditkan, terdengar jelas suara Gwyneth yang hanya menyanyikan dua bait pendek dengan arti yang mendalam. 

Mengutip dari Vogue, Chris Martin mengakui di radio bahwa lagu tersebut terinspirasi oleh “orang yang dicintai atau situasi atau teman atau hubungan yang berakhir...” .

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa Chris merujuk pada perpisahannya dengan Jennifer Lawrence yang belum lama terjadi kala itu. Tetapi, setelah diketahui bahwa mereka berkolaborasi dengan Gwyn, penggemar baru menyadarinya. 

Lirik yang dinyanyikan oleh Gwyn sendiri adalah:

“So how come things move on? How come cars don’t slow.”

“And we swore on that night, we’d be friends ’til we die.”

Dengan lagu ini, Chris Martin membuktikan bahwa kamu masih bisa menjadi dewasa setelah putus. Berteman dengan mantan tak seburuk itu jika kalian bisa membuat batasan. 

7. "My Universe"

Terakhir ada lagu terbaru Coldplay featuring BTS, "My Universe". Lagu dengan lirik romantis ini selain ditujukan pada Army dari BTS, juga didedikasikan untuk Dakota Johnson dari Chris Martin. 

Dalam sebuah konser Coldplay di London pada 2021 lalu, Chris mengatakan lagu tersebut untuk semestanya yang juga hadir di sana. 

"Ini tentang alam semesta saya, dan dia ada di sini," ucap Chris Martin kepada penonton sambil menunjuk Dakota Johnson yang berada di balkon menikmati pertunjukan.

Itu dia 7 lagu Coldplay yang ditulis Chris Martin berdasarkan kisah cintanya. Mana favorit kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating