Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Menghibur Pacar yang Lagi Sedih, Bisa dengan Hal Kecil

Coba kenali lagi love language-nya

Natasha Cecilia Anandita

Tak selamanya hidup dipenuhi dengan canda tawa. Rasa sedih, marah, kecewa, dan frustrasi mungkin menghampiri bersama dengan sederet masalah. Saat berpacaran hal ini juga tak semata-mata pergi.

Adakalanya kamu mungkin melihat pasangan sedih. Ada banyak hal yang bisa menjadi alasannya, entah itu tentang hubungan kalian, keluarga, teman, sekolah, pekerjaannya, atau hal lainnya.

Saat pacarmu sedih, kadang kamu pun turut sedih dan ingin melakukan segalanya untuk membantunya. Sayangnya, mencari tahu persis bagaimana menghibur pacar tidak semudah yang kamu bayangkan. Namun, kamu dapat belajar dari pengalaman orang lain atau dari para ahli.

Nah, berikut ada 8 cara menghibur pacar yang lagi sedih yang telah Popbela rangkum dari beberapa sumber. 

1. Ajak dia pergi keluar dan menghirup udara segar

unsplash.com/istockphoto

Ketika dia stres, coba untuk mengajaknya atau mendorongnya menghabiskan waktu di luar ruangan. Biasanya untuk berjalan-jalan atau berolahraga. Beraktivitas dan menjadi produktif bisa mengalihkan kesedihan dan mungkin melupakannya, serta membuat pikiran lebih fresh lagi.

Pergi keluar dan mencari udara segar telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang besar, terutama dalam hal kesehatan mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan sedikitnya 20 menit di taman dapat menurunkan stres dan meningkatkan kesejahteraan umum. Itulah sebabnya menyarankan pacar untuk menghabiskan waktu di luar ruangan adalah ide bagus.

2. Berikan dia ruang sendiri dan jangan memaksanya bercerita

unsplash.com/istockphoto

Terkadang meninggalkan pacar sendirian di rumahnya sebentar bisa menjadi hal terbaik untuk dilakukan, terutama jika ia secara eksplisit memintamu untuk memberi ruang atau waktu untuk sendiri. 

Jangan pernah mencoba memaksakan diskusi saat ia sedang sedih atau stres, itu biasanya hanya memperburuk keadaan. Menyadari perilaku pasanganmu dan mendukungnya dengan cara non-verbal adalah beberapa hal terbaik yang dapat kamu lakukan.

3. Bagikan kata-kata dukungan

unsplash.com/istockphoto

Berada di dekat pasanganmu, terutama jika ia meminta, baik secara langsung atau melalui telepon, sangat penting untuk membuat dirinya merasa didukung dan diperhatikan di saat-saat sulit. Kamu bisa mendengarkannya berbicara dan bercerita tentang hari buruknya itu.

Kamu juga bisa memberikannya kata-kata penyemangat dan menghiburnya dengan hal-hal favoritnya. Terkadang yang mereka inginkan adalah kamu mengatakan, "Aku ada di sini untukmu, aku tak akan meninggalkanmu." 

4. Beri dia pelukan

unsplash.com

Sentuhan fisik secara signifikan mengurangi rasa sakit fisik dan emosional, itulah sebabnya memberikan tanganmu atau pelukan kepadanya dapat membuatnya sedikit merasa lebih baik.

Faktanya, berpelukan telah terbukti meningkatkan kadar dopamin dan serotonin, dua neurotransmiter yang membantu mengatur suasana hati dan mengimbangi perasaan stres serta kecemasan di otak.

5. Kasih hadiah yang berkesan

unsplash.com/istockphoto

Hadiah kecil juga dapat membantu, seperti sekotak brownies untuk cemilannya. 
Selain itu, kamu juga bisa memasakkan makanan kesukaan, atau memberinya surat cinta yang berisi kata-kata manis. Ia bisa membacanya lagi nanti jika merasa down. Tak perlu yang mahal, hadiah kecil pun bisa jadi berharga jika itu memang pas untuk dirinya dan terlebih diberikan di saat-saat terpuruknya.

6. Dukung mereka dengan bahasa cintanya

unsplash.com/istockphoto

Cara menghibur pacar yang lagi sedih juga bisa dilakukan berdasarkan love language dia. Misalnya, ia suka sentuhan fisik, menghabiskan waktu bersama, diberi kata-kata yang manis, atau diberi hadiah. Kamu bisa menghiburnya dengan hal-hal kecil kesukaannya itu. 

7. Ajak berlibur dan buat kenangan indah

pexels.com/anastasiya-lobanovskaya

Jika seorang laki-laki merasa sedih tentang keadaan dalam hidupnya, ingatkan dia tentang hari-hari yang lebih baik. Bagikan kenangan tentang sesuatu yang hebat yang dia lakukan atau momen hebat dalam hubungan kalian. Kedengarannya sederhana, tetapi dapat membuat perbedaan besar jika kamu mencoba untuk menghibur seseorang.

Ajak dia untuk berlibur ke tempat-tempat yang seru atau yang ada di wish list kalian. Jauhkan dia dari segala sesuatu yang membuatnya sedih, dengan perjalanan panjang yang memiliki tujuan yang bagus. Tidak harus di suatu tempat yang mahal, cukup di suatu tempat yang akan membangkitkan semangatnya.

8. Biarkan dia berkumpul bersama temannya

pexels.com/matheus-ferrero

Laki-laki dan perempuan mungkin memiliki cara menyelesaikan masalah yang berbeda. Adakalanya pacar yang baik harus mengakui bahwa dia tidak bisa menyelesaikan masalah pacar laki-lakinya itu.

Ketika ini terjadi, dorong dia untuk keluar bersama teman-temannya, supaya ia bisa terhibur dan bercerita. Terkadang menghabiskan waktu dengan teman-temannya bisa membuat si dia lebih bersemangat, karena pasti ada saja yang mereka lakukan dan mereka pasti sudah lebih tahu karakter sahabatnya itu.

Itulah delapan cara menghibur pacar yang lagi sedih yang bisa kamu lakukan. Biarlah dia tahu bahwa kamu selalu ada di sisinya dan biarkan dia lebih tenang dahulu. 

IDN Media Channels

Latest from Dating