Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Cara Menghadapi Pasangan yang Super Sensitif

Perlakukan dia seperti kamu ingin diperlakukan

Natasha Cecilia Anandita

Perempuan cenderung mendapatkan reputasi sebagai sosok yang lebih sensitif dari pada laki-laki. Tetapi faktanya, laki-laki yang dikatakan atau mengklaim dia macho sekalipun, juga bisa memiliki sisi sensitif. Ketika seorang laki-laki benar-benar sangat sensitif, kamu mungkin akan merasa kewalahan dengan sikapnya.

Mungkin hal kecil pun bisa menjadi masalah. Mispersepsi atau miskomunikasi bisa terjadi yang membuat goncangan dalam hubungan. Untuk menghadapinya, kamu harus lebih tenang. Berikut ada 11 cara menghadapi pasangan yang super sensitif. 

1. Kamu harus membuatnya merasa aman

pexels.com/trung-nguyen

Kamu mungkin bisa menjadi perempuan paling setia di dunia, tetapi pacarmu yang sensitif mungkin akan mempertanyakan status hubungan kalian untuk menegaskannya. Meskipun itu bukan 100 persen tanggung jawabmu untuk menyelesaikan semua masalahnya termasuk pikiran-pikirannya itu, tapi sedikit kepastian yang kamu berikan kepadanya akan sangat membantu.

2. Kamu harus lebih lembut

freepik.com/master1305

Pasangan yang super sensitif tak bisa diperlakukan dengan tarik ulur atau jual mahal. Kamu harus menurunkan sedikit tembokmu dan membiarkannya masuk. Saat itu, kamu akan merasakan cinta sejati yang dia berikan dengan caranya sendiri.

3. Jujur tentang perasaanmu

freepik.com/cookie-studio

Karena sensitif, dia pasti akan tahu bahwa sesuatu terjadi padamu. Untuk menghindari masalah, lebih baik kamu cerita sejujur-jujurnya dan terbuka padanya tentang semua perasaanmu. Meskipun kebenaran itu menyakitkan, tapi akan lebih baik mengutamakan kebenaran daripada menumpuk masalah. Dia akan jauh lebih kesal jika dia tahu kamu berbohong.

4. Jadilah sosok yang ekstrovert dalam hubunganmu

unsplash.com/gabriel-tovar

Mungkin biasanya kamu bukan yang paling ramah di antara teman-temanmu. Tetapi dalam hubungan ini, kamu harus jadi yang paling ramah. Cobalah tarik dia keluar dari cangkangnya sesekali. Ini tidak hanya akan terasa menyenangkan bagimu, tapi dia juga. 

5. Jangan mencoba membuatnya cemburu

pexels.com

Seorang laki-laki yang sensitif sudah menyadari fakta bahwa ada laki-laki lain yang menyukaimu atau sedang memerhatikanmu. Saat kamu tahu hal itu juga, jangan coba-coba sengaja membuatnya cemburu. Ini adalah sikap kekanak-kanakan dan tidak perlu dilakukan. Kamu juga pasti akan membencinya, kan, kalau dia melakukan hal yang sama denganmu?

6. Beri tahu dia bahwa dia satu-satunya bagimu

unsplash.com

Beri tahu dia bahwa dia adalah satu-satunya untukmu. Misalnya, menyentuh lengannya atau bergandengan tangan saat kalian keluar, tersenyum padanya dari seberang ruangan, atau selalu mengabarinya. Cobalah membuat dia senyaman mungkin denganmu dan perlakukan dia sesuai dengan love language-nya. Semakin dia merasa aman denganmu, dia akan semakin terbuka dan memberi segalanya sebagai pasangan.

7. Jangan takut untuk bergerak

unsplash.com/ryan-hoffman

Jangan takut untuk membuat pergerakan lebih dulu. Kamu bisa mengajaknya berkencan atau mengajaknya ke kamar setelah kencan kalian, tapi jika kalian sudah menikah. Ketika seorang perempuan dengan percaya diri mengambil alih sesuatu, kamu akan terlihat lebih keren. Jangan ragu untuk mengejar apa yang kamu inginkan.

8. Jangan bertengkar tanpa alasan

freepik.com/prostooleh

Terkadang pertengkaran bisa terjadi begitu saja. Tetapi, ingat bahwa laki-laki yang sensitif akan mengambil semua yang kamu katakan ke dalam hati. Jadi, cobalah untuk tidak mengatakan hal-hal yang tidak kamu maksudkan. Dia akan melakukan hal yang sama nantinya sebagai balasan karena dia tidak akan pernah lupa seberapa besar 'sengatan' itu menyakiti dirinya. 

9. Jangan bergantung padanya

unsplash.com/hannah-cook

Meski kamu harus jujur jika ada masalah, tapi jangan terlalu bergantung padanya. Laki-laki yang sensitif pasti selalu emosional. Kamu mungkin tidak ingin berharap untuk membawa semua beban emosionalmu padanya, karena dia akan lebih mengkhawatirkannya daripada kamu.

10. Minta maaf bila perlu

pinterest.com

Mendendam atau membangun dendam memang akan dirasakan oleh laki-laki yang sensitif. Oleh karenanya, segera selesaikan dengan baik masalah yang sedang terjadi. Bertanggungjawablah atas tindakanmu dan jika kamu melakukan kesalahan, akui saja. Katakan bahwa kamu menyesal dan pastikan itu diucapkan dari dalam lubuk hatimu dan tidak dibuat-buat. 

11. Jadilah pendengar yang sabar

pexels.com/antoni-shkraba

Terkadang laki-laki sensitif akan diam ketika dirinya merasa rentan, tetapi dia perlu didengarkan seperti kita semua. Cobalah berikan dia cinta, kesabaran, dan pengertian yang tulus untuknya. Perlakukanlah dia sama seperti kamu ingin diperlakukan olehnya. 

Itulah 11 cara menghadapi pasangan yang super sensitif. Cobalah untuk lebih mengerti dirinya dan perlakukan dia seperti kamu ingin diperlakukan. 

IDN Media Channels

Latest from Dating