Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara agar Tidak Insecure dalam Hubungan Romantis

Stop bilang insecure dan overthinking!

Natasha Cecilia Anandita

Pernah merasa ragu dan insecure dengan diri sendiri adalah normal. Tapi, ini bisa membuat jarak antara kamu dengan pasanganmu kalau kamu merasa insecure dalam sebuah hubungan.

Insecure itu baik sampai batas tertentu karena itu membuatmu bekerja lebih keras dalam hubungan dan lebih menghargai pasanganmu. Namun, jika ada terlalu banyak rasa insecure, justru malah menciptakan suasana yang beracun atau toxic dalam hubungan dan dapat merusak kepercayaan dirimu.

Ada banyak penyebab munculnya insecure dalam hubungan, mulai dari trauma dari hubungan masa lalu, kepercayaan diri yang lemah, kecemasan sosial, hingga takut penolakan. Kalau dibiarkan ini bisa berdampak pada hubunganmu, fisik sampai ke mental, lho!

Nah, penting untuk berhenti insecure dalam menjalin hubungan romantis. Apa saja yang bisa bantu kamu agar tidak insecure? Berikut Popbela sudah merangkum 7 cara agar tidak insecure dalam sebuah hubungan dari berbagai sumber. 

1. Cari tahu akar masalahnya

unsplash.com/istockphoto

Untuk membuang rasa inscure, kamu harus mengakui keberadaannya dan gali lebih dalam tentang akarnya. Apa yang membuatmu sangat sedih sampai merasa insecure dalam hubungan? Apakah itu karena trauma masa lalu, hubungan toxic yang terdahulu, perkataan orang lain, atau sesuatu yang dilakukan pasanganmu yang membuatmu mempertanyakan motifnya?

Setelah kamu tahu sampai ke akarnya, kamu bisa mengambil alih atas perasaan tersebut dan membuangnya. Kamu mungkin menyadari bahwa itu hanyalah manifestasi dari ketakutan dan kekhawatiranmu. 

2. Stop bilang kamu insecure

unsplash.com/istockphoto

Apa yang kamu perkatakan pada dan tentang dirimu itu bisa berefek padamu. Jadi, stop bilang hal negatif dan perkatakan hal positif. Ini termasuk berhenti bilang dan melabeli dirimu bahwa kamu insecure. Tahan keinginan untuk mengatakan atau bahkan memikirkan hal-hal negatif atau kesalahan yang pernah kamu buat di masa lalu. Ubah pola pikir dan temukan gambar diri yang benar dengan menghilangkan self-talk negatif.

3. Berhenti overthinking

unsplash.com/istockphoto

Selanjutnya kamu harus berhenti overthinking, Bela. Jangan biarkan dirimu terus memikirkan pikiran negatif atau bertindak berlebihan terhadap perilaku negatif. Saat kamu terus mengarahkan pikiran dan perilaku ini, kamu bisa melupakan betapa kuatnya dirimu. Jangan berikan kekuatan pada emosi negatif ini. Melakukan hal itu hanya akan menguras energi dan memperdalam rasa insecure.

4. Komunikasikan dengan pasanganmu

freepik.com

Komunikasi itu penting dan kamu bisa belajar bagaimana berkomunikasi dengan pasanganmu. Bagian dari hubungan yang sehat berarti memiliki kemampuan untuk berbicara satu sama lain tentang apa pun, termasuk ketika kamu merasa insecure. Ini bisa memperkuat hubungan kalian juga.

5. Alihkan kecemasan ke suatu yang produktif

unsplash.com/istockphoto

Menghilangkan kecemasan, kecemburuan, dan insecure dalam hubungan bisa dilakukan dengan mulai berolahraga atau melakukan sesuatu yang aktif. Meningkatkan detak jantung setidaknya selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan harga diri dan meningkatkan kesehatan mental yang positif.

Studi menunjukkan olahraga teratur dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan meningkatkan suasana hati. Itu juga dapat membersihkan pikiranmu dan memberi waktu untuk bermeditasi atau hanya bersantai dan menikmati olahraga.

Kamu juga bisa melakukan journaling dengan menuliskan pemikiranmu saat merasa insecure. Latihan ini dapat membantu mengidentifikasi situasi yang memicu rasa insecure-mu. Kamu bahkan dapat melakukan latihan penjurnalan pasangan, untuk membantu membangun kepercayaan antara kalian berdua.

6. Coba cari bantuan ahli profesional

gottman.com

Selain pentingnya komunikasi dengan pasangan, terkadang kamu juga memerlukan perspektif dari sumber luar yang terlatih atau profesional. Ini akan membantu kamu untuk memahami sepenuhnya bagaimana rasa insecure itu terkait dengan hal yang lebih kompleks lagi. 

Jangan pernah takut untuk meminta bantuan profesional dari terapis berlisensi, baik melalui terapi langsung atau online. Seorang konselor profesional memahami apa yang kamu alami dan dapat menawarkan berbagai teknik untuk membantumu meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi pola pikir negatif, dan menggantikan perilaku yang merusak. 

Terapi, terutama konseling pasangan, dapat membantu kamu menggali lebih dalam untuk menemukan asal muasal rasa insecure pada hubungan dan mengajarimu tentang memproses emosi yang menyakitkan dengan cara yang sehat.

Itu dia 6 cara agar tidak insecure dalam menjalin hubungan romantis. Jadi, selalu berpikiran dan perkatakan hal yang positif, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Dating