Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenapa saat Haid Tidak Boleh Dekat dengan Cowok? Ini Penjelasannya

Temukan jawabannya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Menstruasi atau haid merupakan proses biologis yang dialami hampir semua cewek. Biasanya, siklus ini berlangsung selama kurang lebih 3 sampai 7 hari. Selama itu, sel telur cewek yang tidak dibuahi akan luruh dengan sendirinya. 

Dengan terjadinya haid, ada bermacam-macam perubahan hormonal pada cewek. Namun, hal itu membuat mitos mengenai haid banyak bermunculan. Salah satunya adalah tidak boleh dekat dengan cowok selama periode menstruasi. 

Nah, untuk mengetahui alasan munculnya pertanyaan kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok, simak ulasan berikut ini, ya!

1. Alasan logis kenapa cewek tidak boleh dekat dengan cowok selama haid

pexels.com/cottonbro studio

Alasan munculnya pertanyaan kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok adalah karena adanya perubahan yang terjadi pada tubuh cewek selama masa tersebut. 

Ada banyak efek menstruasi yang dirasakan mereka, baik sebelum maupun selama haid. Efek tersebut di antaranya adalah kram, nyeri perut, kembung, munculnya jerawat, hingga perubahan suasana hati. 

Perubahan suasana hati tersebut bisa membuat emosinya meledak-ledak, apalagi saat dekat dengan cowok. Selain itu, cewek sebaiknya tidak dekat dengan cowok selama haid untuk menghindari godaan untuk melakukan hubungan seksual. 

2. Cewek yang sedang haid lebih terangsang

pexels.com/Emma Bauso

Alasan lain kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok adalah adanya anggapan bahwa orang yang sedang haid lebih terangsang. Melansir Menshealth, tidak banyak penelitian mengenai hal ini. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa mereka lebih terangsang saat haid.

Dalam sebuah teori, hormon progesteron yang bisa menurunkan libido atau gairah seksual turun saat haid. Meski demikian, seseorang akan lebih terangsang selama ovulasi, yakni terjadi sekitar dua minggu sebelum haid. 

2. Siklus haid pada cewek

pexels.com/Polina Zimmerman

Sebelum lebih dalam membahas mengenai alasan kenapa cewek tidak boleh dekat dengan cowok selama haid, pahami dulu mengenai siklus haid cewek. 

Pada hari 1-5 menstruasi ketika peluruhan dinding rahim, tingkat hormon estrogen pada tubuh cewek menurun. Kadar hormon estrogen yang rendah itu dapat membuat cewek yang sedang haid merasa cepat marah atau mudah tersinggung. 

Memasuki hari ke-6 saat menstruasi sudah berhenti, kadar hormon estrogen juga mulai meningkat. Kadar estrogen yang tinggi bisa membantu meningkatkan endorfin, yakni zat kimia otak yang membuat suasana hati lebih nyaman.

Pada hari ke 14-16 umumnya adalah masa subur cewek. Lapisan rahim kaya akan darah dan nutrisi. Kondisi ini akan membantu menyehatkan embrio jika terjadi kehamilan. 

Pada hari ke 16-28 dapat terjadi pembuahan pada beberapa cewek. Namun, jika sel telur tidak dibuahi, ia akan meluruh.

3. Hubungan seksual selama haid

unsplash.com/Dainis Graveris

Dalam agama Islam, cewek yang sedang haid diharamkan untuk melakukan hubungan suami istri. Hal itu disampaikan dalam firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah ayat 222 sebagai berikut. 

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Namun, selain larangan agama, hubungan seksual di saat menstruasi juga bisa meningkatkan risiko kesehatan. 

5. Risiko hubungan seksual selama haid

pexels.com/cottonbro studio

Alasan kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok jika sampai berhubungan seksual adalah munculnya risiko kesehatan. Melansir National Library of Medicine, risiko tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Hubungan seksual tanpa tindakan pencegahan, misalnya menggunakan kondom selama periode menstruasi berisiko untuk menularkan penyakit menular seksual.

Penularan tersebut dikarenakan hilangnya pelindung, adanya zat besi dalam cairan menstruasi, serviks yang melebar, dan peningkatan pH basa vagina dan puncak pramenstruasi estrogen dan progesteron yang bisa menyebabkan infertilitas. 

2. Hubungan seksual selama haid akan meningkatkan aliran darah haid. Sebab, hubungan seksual menyebabkan kontraksi pada rahim yang mengakibatkan darah keluar lebih cepat dan haid pun selesai lebih cepat. 

3. Hubungan seksual saat haid bisa berdampak negatif pada gairah seksual (libido) cowok karena darah haid. Keadaan fisik dan psikologis cewek yang buruk selama haid pun tidak mendukung untuk melakukan hubungan seksual. 

4. Hubungan seksual selama menstruasi meningkatkan risiko endometriosis. Endometriosis adalah jaringan yang membentuk lapisan yang tumbuh di luar rahim.

Hal ini terjadi karena darah haid yang seharusnya keluar justru menempel di sekitar dinding rahim. Endometriosis dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko kista, tumor, kanker, dan infertilitas. 

Itulah penjelasan pertanyaan kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok. Semoga uraian di atas bisa menjawab pertanyaanmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating