Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengatasi Trauma Percintaan, Jangan Diamkan Saja!

Buka hatimu kembali

Nafi' Khoiriyah

Hubungan traumatis di masa lalu tanpa sadar bisa memengaruhi keadaanmu di masa sekarang. Trauma itu bisa muncul dari pelecehan emosional, fisik, atau bahkan seksual. 

Meskipun sudah berlalu, tetapi trauma jika tidak diatasi bisa menimbulkan efek psikologis jangka panjang.

Maka dari itu, Popbela.com akan membantumu melakukan berbagai cara mengatasi trauma percintaan dalam artikel ini. Simak dan ikuti supaya kamu bisa kembali membuka hati ya, Bela!

1. Hadapi dan rasakan perasaannya

pexels.com/Cottonbro Studio

Memori tentang peristiwa traumatis di masa lalu memang bisa memunculkan emosi yang kompleks dan kuat. Namun, membiasakan diri untuk merasakan perasaan itu tanpa berusaha melawan atau memperbaikinya adalah langkah penting untuk mengatasinya. 

Meskipun terdengar mudah, tetapi melakukannya ternyata sangat sulit. Supaya kamu bisa menghadapi dan merasakannya dengan lebih tenang, cobalah untuk menggunakan buku harian, bercerita dengan sahabat yang kamu percaya, atau melibatkan terapis. 

2. Relakan semua yang telah terjadi

Freepik.com/pikisuperstar

Cara mengatasi trauma percintaan yang selanjutnya adalah dengan merelakan semua yang telah terjadi.

Kini, kamu memang sudah tidak bisa lagi memperbaikinya. Maka dari itu, relakanlah semua yang telah terjadi dan relakanlah.

Jangan sampai kamu menyalahkan diri atas kegagalan hubungan di masa lalu. 

3. Buat komitmen untuk melepaskannya

pexels.com/RODNAE Productions

Selain itu, berkomitmen untuk melepaskan masa lalu yang traumatis adalah sebuah langkah penting. Komitmen dalam hal ini artinya adalah kamu siap menerima cinta yang baru.

Segala yang sudah berlalu memang tidak bisa diulang kembali. Namun, kamu berhak untuk menerima cinta yang lain dan berdamai dengan masa lalumu. 

4. Self compassion

freepik.com/pikisuperstar

Self compassion adalah cara mengatasi trauma percintaan dengan memperlakukan diri sendiri secara penuh perhatian, kebaikan, dan pengampunan.

Dengan self compassion, maka seseorang akan menjadi lebih pemaaf. Kamu bisa lebih menghargai diri sendiri dibandingkan kamu yang ada di masa lalu jika menerapkannya. 

5. Bangun kepercayaan secara bertahap

Freepik.com/prostooleh

Terakhir, setelah kamu berdamai dengan diri sendiri, mulailah untuk membuka hati untuk orang yang baru. Mungkin di awal menjalin hubungan kamu akan merasa takut dan curiga karena trauma masa lalu.

Maka dari itu, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan kepercayaan secara bertahap. Jika pasanganmu adalah orang yang tepat, pasti dia akan mengerti dan menerima sikapmu dengan lebih berhati-hati. 

Lakukan cara mengatasi trauma percintaan di atas agar kamu bisa kembali membuka hati kembali. Meski tidak mudah, tetapi semoga ulasan di atas membantu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating