Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tetap Elegan, Ini 8 Cara Ajak Balikan Mantan Lewat Chat

Pastikan dia belum punya pujaan hati baru!

Fithriyah Saiidah

Momen sedih saat putus dengan pacar menjadi memori yang seakan-akan terus terngiang di benak. Teringat bagaimana hangatnya obrolan kala itu, canda, tawa hingga air mata yang dihabiskan bersama. Ujung-ujungnya jadi susah move on.

Saat susah move on, sering kali membuat kamu jadi berpikir untuk balikan dengan mantan bukan? Tapi, rasanya malu jika mengungkapkan perasaan. Belum lagi kalau mengetahui ternyata hanya dirimu yang memperjuangkan hubungan ini agar kembali bersemi.

Meski pada awal putus mengatakan tidak ingin lagi menjalin hubungan dengan dia, dari hati terdalam kamu tidak bisa berbohong. Jika memang dia orang yang patut diperjuangkan, cobalah 8 cara ajak balikan mantan lewat wa ini.

1. Menyembuhkan luka hati

Freepik.com

Cara ajak balikan mantan lewat chat yang pertama adalah sembuhkanlah luka hati dulu. Akan sulit dan memperburuk keadaan jika kamu kembali dengan hati yang masih sakit dipenuhi kekecewaan. Maka, kondisikan dulu hatimu untuk mencoba memaafkan.

Selain menghindari memperburuk keadaan, tentunya menyembuhkan luka hati membuatmu lebih berani dan percaya diri untuk kembali membuka album bersama dia lewat chat atau obrolan singkat saat bertemu.

2. Jangan dulu menghubungi

freepik.com/freepik

Setelah memastikan hati yang terluka sudah kembali sembuh, tahan dulu dirimu untuk tidak menghubungi mantan. Cara ini bukan untuk jual mahal atau sombong, tapi bertujuan untuk saling memupuk rindu dan mengevaluasi diri masing-masing.

Yang terpenting dari jangan dulu menghubungi mantan, kamu bisa merenungkan benar-benar apakah perasaan rindu dan susah move on ini menjadi keinginan yang matang atau hanya terbawa emosi sesaat.

3. Pastikan mantan belum punya pujaan hati baru

Pexels.com/Mikhail Nilov

Agar tidak kembali patah hati, sebelum mengajak balikan mantan lewat chat, pastikan memang mantan belum punya pujaan hati baru selain kamu. Cari tahu dulu status mantanmu, apakah dia sedang PDKT dengan perempuan lain atau tidak.

Memastikan mantan belum punya pujaan hati baru membuatmu juga jadi lebih leluasa mendekatinya. Jangan sampai upaya balikan sama mantan jadi momen pertengkaran atau perebutan laki-laki. Hih kan nggak mau.

4. Mulai menanyakan kabar

freepik.com/drobotdean

Setelah kamu sudah memastikan beberapa hal tadi, sekarang saatnya mulai menanyakan kabar. Tentunya tidak kaku seperti komunikasi pekerjaan kantor. Mulailah menanyakan kabar dengan cerita-cerita singkat kejadian awkward yang baru dialami bersama.

Kalau chatting dirasa sudah cukup mengalir, tanyakan kabar mantan. Dari situ kamu bisa mengetahui kondisi hatinya. Apakah dia juga merasa kehilangan dan ada tanda-tanda ingin balikan.

Cara balikan sama mantan dengan menanyakan kabar bisa menjadi momen membangun komunikasi yang hangat kembali setelah mungkin terjadi konflik hingga mengakhiri hubunganmu.

5. Curi-curi kesempatan mengobrol

freepik.com/shurkin_son

Supaya chat tetap berlanjut, kamu bisa mencoba curi-curi kesempatan untuk mengobrol lewat chat atau pada pertemuan langsung. Curi-curi kesempatan mengobrol lewat chat bisa dilakukan dengan membalas cerita media sosialnya atau mengungkapkan kata-kata penyemangat dan lainnya.

Curi-curi kesempatan mengobrol paling ampuh di saat mantan sedang senang-senangnya dan kamu bisa menanyakan hal yang menjadi ketertarikannya. Dijamin, dia akan menjawab dengan sepenuh hati. Namun, saat menanyakan sesuatu usahakan jangan berpura-pura, ya. Coba sertakan kesungguhan hati ingin memulai hubungan kembali yang lebih serius.

6. Berikan perhatian dan obrolan intensif

pexels.com/olly

Biasanya kalau obrolan dengan seseorang sudah mengalir, dia nggak akan heran kalau kamu memberikan perhatian khusus. Jadi cobalah bangun kembali komunikasi yang baik dulu sehingga mudah untuk PDKT sama mantan.

Kalau mantan menunjukkan lampu hijau dari perhatian yang kamu berikan lewat chat, saatnya memulai obrolan yang lebih intensif. Jangan cuma tanya sudah makan atau belum, tapi coba tanyakan apa yang menjadi kendalanya saat ini dan tawarkan bantuan dalam bentuk apapun.

7. Buat janji untuk bertemu dan minta maaf

Freepik.com/nensuria

Sebelum buat janji untuk bertemu dan minta maaf, coba lontarkan pertanyaan canda semisal hubungan ini berlanjut kembali. Kalau tanggapan dia tidak masalah, kamu bisa coba ajak bertemu dan membicarakan perasaan tentang hubunganmu.

Awalnya memang sulit dan gengsi meminta maaf lebih dulu. Namun, salah satu dari kalian harus ada yang menurunkan ego. Kalau dia dirasa lebih sulit melakukan, tidak ada salahnya jika kamu yang lebih dulu meminta maaf. Tips ini harus dilakukan dengan obrolan yang asyik dan mengalir sebelum akhirnya mengutarakan keinginan balikan.

8. Berikan waktu mantan untuk menjawab

Pexels/ Dziana Hasanbekava

Dari pertemuanmu dengan mantan, kamu jadi tahu bukan bagaimana tanggapan dia tentang balikan. Kalau ternyata dia tidak masalah dan terlihat ingin menjalin hubungan denganmu yang lebih baik lagi, cobalah berikan waktu mantan untuk menjawab.

Tidak harus saat itu juga dia menyatakan keinginannya untuk balikan, mantan juga butuh waktu untuk menimbang hubungan yang baik ke depannya. Dia juga tentu memikirkan cara apa yang bisa dilakukan untuk menghindari konflik seperti hubungan yang lalu.

Sekiranya cukup memberikan waktu mantan untuk menjawab, jangan sungkan menanyakan tentang balikan lewat WhatsApp maupun platform chat lainnya. Supaya nggak terlalu tegang, coba selipkan lelucon atau kenangan konyol bersama mantan.

Nah, itulah 8 cara ajak balikan mantan lewat chat. Hal terpenting dari menjalin hubungan yang pernah kandas, yakni adanya kejujuran dan komitmen di antara kedua belah pihak. Selalu ingat juga untuk terus belajar dari masa lalu.

Jangan sampai kalau jadi balikan akan mengalami konflik yang sama. Saling memahami dan bersikap dewasa untuk membangun hubungan yang lebih serius merupakan hal bijak yang bisa kalian putuskan. Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating