Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Ungkapkan Rasa Cemburu pada Pasangan dengan Elegan

Walau cemburu, kamu tetap harus bijak, ya!

Fikriah Nurjannah

Cemburu merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan asmara. Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, gelisah, hingga emosi yang meluap. Namun, kamu tidak perlu menanggapi perasaan cemburumu dengan marah atau emosi yang meledak-ledak.

Kamu juga tidak boleh menyimpan rasa cemburu dalam hati. Kamu tetap dapat mengungkapkan rasa cemburumu kepada pasangan dengan cara yang bijak. Simak deretan cara ungkapkan rasa cemburu pada pasangan dengan elegan berikut ini.

1. Cari tahu asal rasa cemburu dan lihat dengan bijak

pexels.com/juan-pablo-serrano

Sebelum kamu meluapkan perasaan cemburu dengan pasanganmu, kamu perlu berdiam diri sejenak. Interopeksi dirimu terlebih dahulu dan cari tahu dari mana asal perasaan cemburu yang kamu miliki. Setelah itu, kamu dapat memikirkan apakah kecemburuan yang kamu rasakan itu berlebihan, dan apakah kamu bersifat posesif.

Sebagian orang ada yang rentan merasakan cemburu karena memiliki kepercayaan diri yang rendah, insecure, dan sering dilanda rasa kecemasan. Oleh karenanya, kamu perlu melihat asal rasa cemburu yang kamu rasakan dan melakukan interopeksi diri, sehingga kamu dapat melihat segala persoalan dengan bijak. Dengan demikian, kamu dapat menilai kembali reaksi yang kamu ungkapkan dan menanganinya dengan baik tanpa emosi yang berlebihan. 

2. Rileks dan tenangkan diri

pexels.com/alan-retratos

Cara ungkapkan rasa cemburu pada pasangan dengan elegan yang kedua adalah bersikap rileks dan tenang. Saat kamu merasa ingin meluapkan rasa cemburumu, kamu perlu rileks dan tenang terlebih dahulu, sehingga saat berdiskusi dengan pasangan, kamu tidak diliputi amarah yang berlebihan.

Kamu bisa mencoba untuk berjalan-jalan atau mencatat hal-hal penting yang ingin kamu sampaikan saat berdiskusi dengan pasangan. Kamu juga bisa mencoba untuk berlatih dalam menyampaikan hal-hal tersebut, agar saat diskusi nantinya kamu dapat dengan baik mengatakan hal tersebut. Dirimu juga akan merasa lebih siap secara mental untuk mengungkapkannya dan membuka diskusi dengan pasangan.

3. Terbuka dan jujur dengan pasangan tanpa menyudutkan

pexels.com/keira-burton

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan bersikap terbuka dan jujur terhadap apa yang kamu rasakan dalam hatimu serta kekhawatiranmu. Namun, perlu diingat bahwa dalam melakukannya, kamu perlu mempertimbangkan perasaan pasanganmu. Jangan sampai mengintervensinya atau menyudutkannya. 

Sebab, hal itu akan membuatnya merasa terpojok dan kamu juga perlu memperhatikan kata-kata yang digunakan agar tidak menyinggungnya. Sampaikan dengan jelas perasaanmu dan rasa khawatir yang menyebabkan kamu cemburu dengannya.

Sebaiknya gunakan kata "Aku" dibanding "Kamu" saat menyampaikannya. Seperti misalnya, "Kamu selalu saja sangat akrab dengan dia"  terasa menyudutkan pasanganmu. Akan lebih baik jika menggunakan kalimat seperti ini, "Aku merasa cemburu kalau kamu akrab sama dia".

4. Cobalah untuk mendengarkan dan memahami pasangan

pexels.com/cottonbro

Meski sudah mengungkapkan perasaan cemburu dan kekhawatiranmu dengan tenang dan baik, kamu tetap tidak akan bisa lepas dari respons negatif yang mungkin diberikan oleh pasanganmu. Saat pasanganmu terlihat merasa tidak nyaman, kesal, atau bahkan marah padamu, kamu perlu memahami bahwa hal itu merupakan reaksi yang wajar.

Oleh karenanya, berikan padanya kesempatan untuk menjelaskan persoalan tersebut dan jangan memotong pembicaraannya. Pada saat yang sama, kamu dapat menunjukkan padanya bahwa dirimu berusaha untuk memahami perasaanya serta menujukkan rasa perhatianmu untuknya. 

5. Jangan terburu-buru membuat keputusan

pexels.com/budgeron-bach

Hal lain yang perlu kamu ingat saat dilanda rasa cemburu adalah jangan terburu-buru mengambil keputusan. Terlebih saat dirimu diliputi rasa amarah yang meluap-luap dan belum berdiskusi dengan baik kepada pasangan. Kamu harus menghindari pengambilan keputusan saat emosi. Ini dapat berdampak negatif dan menimbulkan penyesalan.

Jalan terbaik untuk mengungkapkan rasa cemburu pada pasangan dengan elegan adalah kamu perlu berpikir secara matang keputusan yang akan diambil setelah berdiskusi dan bersabar akan tanggapan yang diberikan oleh pasanganmu. Ini dapat membantumu menghindari pengambilan keputusan yang akan disesali nantinya.

6. Berikan waktu bagi pasangan untuk memproses rasa cemburumu

pexels.com/alex-green

Untuk mendapatkan solusi maupun jawaban yang terbaik, memang tidak dapat dilakukan hanya dengan satu kali diskusi. Kemungkinan, pasanganmu membutuhkan waktu dalam memahami perasaanmu. Kamu juga kemungkinan memerlukan waktu untuk memahami permasalahan yang terjadi dari sudut pandang pasanganmu.

Masa-masa ini juga dapat kamu gunakan untuk memulihkan kembali kepercayaanmu terhadapnya dan menghindari pengambilan keputusan secara buru-buru. Kesabaran dan kerjasama merupakan kunci terbaik dalam proses ini karena memakan waktu cukup panjang.

7. Jika sulit diselesaikan, cobalah untuk meminta bantuan ahli pakar hubungan asmara

pexels.com/cottonbro

Ketika persoalanmu semakin kompleks dan rumit untuk diselesaikan secara berdua dengan pasangan, jangan malu untuk meminta bantuan profesional. Kamu dapat menggunakan jasa konselor hubungan asmara dalam memperbaiki kepercayaan dan hubungan cintamu dengan pasangan.

Kamu dan pasangan dapat belajar bagaimana mengendalikan emosi, mengelola konflik, komunikasi yang efektif, dan ilmu penting lain soal hubungan asmara. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan maupun solusi terbaik yang dibutuhkanmu dan pasangan. Hal ini bisa menjadi jalan yang efektif sebagai cara ungkapkan rasa cemburu pada pasangan dengan elegan.

Itulah 7 cara ungkapkan rasa cemburu pada pasangan dengan elegan. Semoga membantumu berbaikan dengan pasangan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating