Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Arti Chagiya dan Contoh Penggunaannya, Panggilan Sayang a la Korea

Spesial untuk panggil pasangan kamu, nih!

Fikriah Nurjannah

Sebagai penonton drama Korea, tentunya kamu sudah tidak asing jika mendengar kata chagi atau chagiya. Ada banyak adegan romantis Korea yang selalu menampilkan kata ini dan penggemar tentu mengingatnya. 

Tapi, kamu sudah tahu belum, sih, cara penggunaan panggilan sayang chagiya ini? Agar lebih paham, chagiya artinya apa? Popbela akan membahas makna dan contoh penggunaannya berikut ini. Jadi makin romantis, deh!

1. Arti panggilan chagiya

instagram.com/doomatyourservice_

Panggilan sayang a la Korea chagiya atau 자기야 dalam tulisan Hangul, memiliki makna 'sayang'. Chagiya merupakan kata sapaan yang biasa digunakan oleh pasangan kekasih di Korea untuk saling memanggil satu sama lain. 

Chagiya memiliki arti serupa seperti honey, darling, babe, atau baby dan panggilan sayang lainnya. Panggilan chagiya juga merupakan panggilan non-formal yang bersifat santai.

2. Cara penggunaan panggilan chagiya

instagram.com/secretary___kim

Penggunaan panggilan sayang a la Korea chagiya, dapat dengan mudah diterapkan di depan maupun di belakang kalimat. Karena bersifat santai, kamu dapat menggunakan panggilan ini untuk merayu pasanganmu agar lebih romantis.

Berikut contoh kalimat penggunaan panggilan sayang a la Korea, chagiya, dalam sebuah kalimat.

1. 자기야! 보고싶다! (Chagiya! Bogosipda!)

Artinya: "Sayang! Aku kangen sama kamu!"

2. 나도 좋아해 자기야 (Nado joh-ahae chagiya)

Artinya: "Aku juga suka, sayang."

3. 자기야! 딸기 좋아해? ( chagiya! ttalgi joh-ahae?)

Artinya: "Sayang, kamu suka stroberi?"

3. Apa perbedaan chagi dan chagiya?

instagram.com/2521_tvn

Panggilan sayang a la Korea chagi dan chagiya dalam penggunaannya memiliki arti yang sama. Namun, perlu diperhatikan bahwa kata chagi itu sendiri memiliki dua arti. 

Kata chagi dapat digunakan oleh seseorang untuk merujuk kepada dirinya sendiri. Contohnya, seperti saat seseorang memperkenalkan diri menggunakan kata ( 자기 소개 ) atau berarti perkenalan diri.

4. Apakah yeobo dan chagiya sama?

instagram.com/do_bong_soon_strong_girl

Bukan hanya chagiya, kamu juga pasti tidak asing dengan panggilan sayang a la Korea, yeobo. Sebenarnya, kedua panggilan tersebut memiliki arti yang sama, yaitu 'sayang'. Yeobo juga digunakan untuk memanggil pasangan. 

Namun, yeobo memiliki perbedaan penggunaan dengan chagiyaYeobo digunakan khusus oleh pasangan yang sudah menikah untuk memanggil satu sama lain. Berbeda dengan chagiya yang dapat oleh pasangan yang belum menikah. Sehingga, yeobo memiliki makna seperti 'suamiku' ata 'istriku'.

5. Jenis panggilan sayang a la Korea, selain chagiya

instagram.com/school2017.official

Panggilan sayang a la Korea tidak hanya terbatas pada chagiya dan yeobo. Ada banyak panggilan sayang lainnya yang bisa kamu gunakan, lho, untuk memanggil pasangan kamu! Misalnya, seperti panggilan berikut ini.

1. 내 사랑 (nae sarang) yang memiliki arti sayangku atau cintaku.

2. 오빠  (oppa) yang memiliki arti sayang dan digunakan oleh perempuan untuk memanggil kekasih yang lebih tua darinya.

3. 당신 (dangsin) merupakan panggilan sayang yang digunakan oleh suami istri. Namun, dangsin juga memiliki arti 'kamu' yang penggunaannya non-formal dan kurang sopan saat ditujukkan kepada orang asing.

Itulah arti chagiya dan contoh penggunaannya. Jadi, sudah bisa diterapin dong, ya, untuk panggil pasangan kamu? 

IDN Media Channels

Latest from Dating