Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Zodiak yang Sering Terjebak dalam Hubungan Kodependen

Rela melakukan apa pun demi pasangannya

Elga Windasari

Pernahkah kamu mendengar tentang hubungan kodependen atau codependent relationship? Salah satu ciri hubungan kodependen adalah ketika salah satu pihak terlalu mengandalkan pihak lainnya untuk persetujuan pihak lainnya dan membutuhkan persetujuan itu untuk menjadi bahagia.

Kamu mungkin tidak menyukai dirimu ketika berada dalam hubungan kodependen, tapi kamu juga mungkin tidak tahu cara untuk keluar dari hubungan tersebut. Namun semakin lama bertahan dalam hubungan tersebut, semakin kamu kehilangan diri kamu sendiri.

Menurut profesor psikologi Shawn Meghan Burn, Ph.D., “Ini adalah pola hubungan yang tidak seimbang di mana satu pasangan mengambil peran sebagai 'pemberi-penyelamat' dan yang satunya berperan sebagai 'penerima-korban'."

Menurut Astrologi, ada beberapa zodiak yang sering berakhir dalam hubungan kodependen karena kepribadian mereka. Berikut ini daftarnya.

1. Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Vitor Lima/Pexels

Zodiak ini cenderung berada dalam hubungan kodependen karena selalu ingin tahu apa yang dilakukan atau dipikirkan pasangannya. Bagi pasangannya, si pemilik zodiak ini mungkin terasa seolah-olah sedang berusaha mengendalikan setiap gerakannya dan harus memantaunya.

Cancer juga sangat sensitif terhadap suasana hati pasangannya. Jika suasana hati pasangannya sedang buruk atau sedih, nggak lama kemudian si Cancer akan merasakan hal yang sama persis. 

Saking merasa bertanggung jawab atas perasaan pasangannya, zodiak ini akan menganggapnya sebagai hal pribadi dan percaya kalau itu terjadi karena dirinya kurang dalam beberapa hal.

2. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Olya Kobruseva/Pexels

Saat melakukan hubungan romantis dengan orang lain, Gemini cenderung mengurusi semua masalah, penyebab, dan tanggung jawab pasangannya, seolah-olah itu miliknya sendiri.

Padahal, zodiak ini adalah pendukung yang hebat tapi terkadang itu membuatnya melupakan apa yang penting bagi dirinya sendiri. Si Gemini juga jadi sering menempatkan kebutuhan mereka di belakang demi memastikan pasangannya bahagia.

Ini bisa membuat hubungan nggak sehat, karena karena dalam berhubungan, kedua pihak nggak boleh mengecilkan perasaan dan pikirannya sendiri, kemudian membuatnya terlalu fokus pada pasangannya.

3. Libra (23 September - 22 Oktober)

unsplash.com/Candice Picard

Pemilik zodiak ini cenderung menemukan pasangan yang nggak bertanggung jawab atau dewasa seperti dirinya.

Jika pasangannya belum dewasa, si Libra justru menganggapnya sebagai orang yang menyenangkan, spontan, atau berjiwa muda. Zodiak ini senang “terjebak” menjadi orang yang bertanggung jawab dan menerimanya dengan senang hati.

Bahkan, jika Libra diingatkan oleh orang lain mengenai dirinya yang terlalu mengurusi pasangan, dia akan membuat alasan dengan berfokus pada kualitas positif lain yang mungkin dimiliki oleh pasangannya.

Semua penyangkalan tersebut membantu zodiak ini untuk terus merasa tertarik pada pasangannya karena pemikiran Libra bisa menjadi sangat dangkal, khususnya mengenai percintaan.

4. Pisces (19 Februari - 20 Maret)

Ba Tik/Pexels

Pisces suka memiliki “proyek” dalam hidupnya, salah satunya adalah suka terlibat dengan seseorang yang mereka yakini membutuhkan bantuannya sehingga dia dapat "memperbaikinya".

Namun, masalah yang dimiliki pasangan bukan seperti terlibat dengan kecanduan minum, berjudi, atau berbelanja, ya, lebih ke masalah personal mereka.

Pisces adalah zodiak yang suka merasa dibutuhkan dan seolah-olah sedang menyelamatkan seseorang. Jadi, ketika pasangannya mencapai titik terendah atau membutuhkan kesempatan kedua, dia dengan senang hati akan selalu ada untuk membantunya dengan cara apa pun yang dia bisa. 

5. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

unsplash.com/freestocks

Ketika Scorpio jatuh cinta, dia benar-benar “jatuh” dan bersedia menerima hampir semua perilaku pasangannya untuk membuat hubungan itu berhasil.

Meskipun kadang dia merasa bahwa nggak bisa mendapatkan apa yang diinginkan dalam hubungan tersebut, dia akan merasionalisasikannya kepada diri sendiri bahwa itu worth it untuk dilakukan.

Zodiak ini terlalu tenggelam dalam romansa dan gairah hubungan ke titik di mana dia mungkin nggak jujur dengan dirinya sendiri. Jadi, saat memiliki keinginan berbeda dengan pasangannya, dia nggak akan menuntut pasangannya untuk berkompromi tapi malah tunduk pada keinginan pasangannya.

Dalam pikirannya, nggak masalah keinginannya nggak terkabulkan selama pasangannya bahagia. Ini pikiran yang salah, tentu saja.

Harus dicatat, bukan berarti berhubungan dengan 5 zodiak di atas artinya buruk, ya. Masih banyak sisi positif dari tiap-tiap zodiak tersebut.

Hanya saja Bela harus lebih bisa mengkomunikasikan bahwa menjalani hubungan kodependen lama-kelamaan akan terasa memberatkan. Jadi cobalah untuk selalu berkompromi dalam hubungan, agar masing-masing pihak sama-sama merasa bahagia.

IDN Media Channels

Latest from Dating