Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Cinta Tanpa Syarat 

Mungkin kamu sama sekali nggak menyadarinya, Bela

Elga Windasari

Mencintai pasangan mungkin mudah untuk dilakukan. Namun, mencintai tanpa syarat belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Meski begitu, ada banyak orang yang beruntung bisa berada dalam hubungan cinta tanpa syarat.

Jika kamu ingin tahu apakah kamu merupakan salah satu orang beruntung yang diberikan cinta tanpa syarat oleh pasangan, berikut adalah beberapa cara untuk mengetahuinya.

1. Kamu merasa dicintai

Pexels.com/Andres Ayrton

Ketika pasangan mencintaimu tanpa syarat, kamu hanya akan merasakannya. Kamu nggak membutuhkannya untuk memberitahumu tentang perasaannya itu karena kamu sudah mengetahuinya.

Ini karena mencintai tanpa syarat lebih banyak berkaitan dengan tindakan daripada apa yang dikatakan seseorang kepadamu. Jadi, jika kamu merasa dicintai dan diperhatikan hanya dengan tindakan pasangan, itu kemungkinan besar cinta tanpa syarat.

2. Kamu merasa dihormati

Pexels.com/Vanessa Garcia

Rasa hormat adalah bagian utama dari cinta tanpa syarat. Ketika pasangan nggak hanya sangat mencintaimu, tetapi juga menghormatimu, itulah yang dinamakan cinta sejati dan cinta tanpa syarat. Ini karena memiliki rasa hormat yang mendalam untuk orang merupakan salah satu bentuk perasaan cinta yang kompleks.

3. Kamu nggak pernah merasa dihakimi

Pexels.com/Katerina Holmes

Pasangan yang tak pernah menghakimi berarti telah menunjukkan cinta tanpa syarat. Itu artinya dia mencintaimu apa pun kondisinya. Dia nggak menilai apa pun yang kamu lakukan atau hal-hal yang kamu sukai (bahkan jika menurutnya itu sesuatu yang aneh).

Jadi, jika pasangan bilang cinta padamu, tetapi kamu masih merasa dihakimi setiap kali membicarakan sesuatu yang sedikit berbeda, itu bukanlah cinta tanpa syarat.

4. Kamu bisa terlihat lemah di depannya

Pexels/Eugenia Remark

Karena kamu nggak merasa dihakimi, kamu dapat dengan mudah terlihat lemah dan rentan di hadapannya. Kamu nggak pernah benar-benar ingin menyembunyikan perasaanmu.

Ini karena kamu tahu cinta tanpa syarat adalah ketika seseorang ada untuk mendukungmu dan memahami setiap orang membutuhkan momen untuk bersikap lemah.

5. Kamu nggak pernah mempertanyakan rasa cintanya

Pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Jika selama berhubungan dengan pasangan, kamu nggak memiliki keraguan dalam pikiran kalau dia mencintaimu apa adanya, maka itu artinya dia mencintaimu tanpa syarat. Kamu nggak pernah merasa harus selalu bertanya apakah pasangan mencintaimu tanpa syarat karena dia sudah menunjukkan kepadamu tanpa diminta.

6. Kamu bisa sepenuhnya menjadi diri sendiri

Pexels.com/Yan Krukau

Pasangan yang nggak menghakimi membuatmu bisa menjadi diri sendiri sepenuhnya. Kamu nggak pernah merasa perlu menyembunyikan kualitas atau keanehan tertentu dari dirimu sendiri.

Ini karena dia mencintaimu tanpa syarat sehingga kamu tahu apa pun yang terjadi, dia akan tetap mencintaimu apa adanya. Tak peduli betapa anehnya dirimu. Itulah perasaan cinta tanpa syarat.

7. Kamu merasakan tingkat kenyamanan yang luar biasa

Pexels.com/Katerina Holmes

Jika kamu merasa sangat nyaman dengan pasangan sehingga seolah-olah dia adalah bagian dari dirimu, itu adalah cinta tanpa syarat. Hal itu membuatmu mendapatkan perasaan relaksasi dan kenyamanan yang sangat mendalam setiap kali ada di dekatnya.

Bisa dibilang, pasangan memiliki peran besar untuk memberimu tingkat kenyamanan tersebut. Ini adalah tanda besar cinta tanpa syarat karena kamu jadi nggak pernah merasa khawatir dan dihakimi, hanya merasa dicintai.

8. Kepercayaanmu sangat kuat

Pexels.com/Mẫnn Quang

Pada dasarnya, kamu bukan seseorang yang memiliki masalah kepercayaan dengan pasangan. Namun, dengan mendapatkan cinta tanpa syarat darinya, kamu jadi lebih percaya dengannya.

Ketika cinta tanpa syarat terjadi dalam hubungan, nggak akan pernah ada masalah kepercayaan. Cinta yang diberikan pasangan sudah membuatmu merasa aman dalam hubungan tersebut.

9. Kamu akan dimaafkan saat melakukan kesalahan

Pexels.com/Trần Long

Pasangan yang mencintaimu tanpa syarat, lebih mudah untuk memaafkan jika kamu membuat kesalahan. Ini karena dia bisa menerimamu apa adanya, termasuk saat kamu berbuat hal yang tidak benar.

Namun, mungkin saja ini nggak berlaku untuk semua kesalahan, ya. Jika kamu selingkuh darinya, kamu harus tahu bahwa mungkin saja dia nggak akan pernah memaafkanmu, bahkan jika dia mencintaimu tanpa syarat. Dia tetap bisa mencintaimu, tetapi memutuskan untuk meninggalkanmu.

10. Kekuranganmu tak dianggap penting

Pexels.com/EGO AGENCY

Tidak ada orang yang sempurna. Pasanganmu menyadari hal itu dan sama sekali nggak mempermasalahkan kekurangan yang kamu miliki.

Dalam hubungan cinta tanpa syarat, kekurangan seseorang nggak terlalu penting. Kekurangan tersebut akan tetap diakui, tetapi nggak membuat perbedaan dalam perasaan pasangan kepadamu.

11. Pasangan nggak membuatmu merasa kecil

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Jika pasangan selalu mengkritikmu dan memberi tahu apa yang kamu lakukan selalu salah, itu jelas bukan cinta tanpa syarat. Sebaliknya, cinta tanpa syarat justru akan mengangkatmu dan membantumu melihat yang terbaik dalam diri sendiri.

Pasangan yang membantumu mencintai diri sendiri, nggak akan menjatuhkanmu. Selain itu, dia juga akan membantumu tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, bukan sebaliknya.

12. Hubungan bersifat timbal balik dan tidak transaksional

Pexels/Andrea Piacquadio

Hubungan transaksional adalah ketika pasangan “menghitung” apa yang sudah dia berikan dan terima darimu. Lalu, dia juga nggak akan memberikan sesuatu kecuali dia menerima sesuatu kembali darimu.

Padahal, cinta tanpa syarat nggak pernah menghitung apa yang dilakukan orang lain untuknya. Sebaliknya, dia memberi dengan bebas dan nggak mengharapkan imbalan apapun darimu. Ini dilakukannya karena dia ingin kamu bahagia.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan kamu berada dalam hubungan cinta tanpa syarat dan pasangan mencintaimu unconditionally. Jika kamu merasakannya, itu artinya kamu termasuk orang yang sangat beruntung ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating