Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pasangan Masih Beredar di Aplikasi Kencan, Kamu Harus Bagaimana?

Lebih baik selesai atau dilanjutkan saja hubungannya?

Elga Windasari

Mengetahui pasangan masih aktif di aplikasi kencan mungkin rasa kesalnya sama seperti mengetahui dia sedang mendekati orang lain. Karena keduanya tidak jauh berbeda, meskipun masih aktif di aplikasi kencan belum tentu pasangan berniat untuk selingkuh.

Sebelum kamu meluapkan emosi yang sudah tidak tertahankan, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam.

Ini tentu saja adalah momen yang luar biasa, tidak diragukan lagi. Namun, ini juga merupakan persimpangan jalan yang membutuhkan kepala dingin dan strategi yang jelas untuk menanganinya.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan jika mengetahui pasangan masih aktif dan beredar di aplikasi kencan? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Tarik napas

freepik.com/rawpixel.com

Pasangan yang kamu pikir sudah berkomitmen kepadamu, masih menggunakan aplikasi kencan dan mencoba untuk bertemu dengan perempuan lain, tentu saja bukan sesuatu yang ringan dan mudah diterima.

Namun, sebelum kamu melakukan atau memutuskan apa pun, tenang dulu. Kamu bisa menangis, bahkan berteriak, tetapi yang paling penting adalah meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri. Jangan bertindak berdasarkan dorongan hati.

2. Bicaralah dengan pasangan

Pexels/ RDNE Stock project

Jangan menyembunyikan ini dari pasangan. Ketika kamu merasa lebih tenang, duduklah bersamanya dan dengarkan penjelasannya.

Memutuskan untuk berbicara dengannya bukan berarti kamu memaklumi atau memaafkan tindakannya. Namun, ini dapat membantumu memahami mengapa dia melakukannya dan belajar dari hal tersebut.

3. Jangan mencoba membalas dendam

Pexels/Cottonbro Studio

Setelah tahu pasangan aktif di aplikasi kencan, kamu mungkin ingin langsung membuat akun (atau mengaktifkannya lagi) hanya untuk membalas apa yang sudah dilakukannya. Namun, ini bukan langkah yang cerdas.

Tidak perlu membalas dendam padanya. Jangan membuat keputusan apa pun saat kamu emosional. Ini tidak akan membuatmu merasa lebih baik.

4. Fokus pada diri sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Daripada fokus pada alasan pasangan melakukannya, lebih baik fokuslah pada diri sendiri dan lihat bagaimana perasaanmu setelah mengetahui pasangan masih beredar di aplikasi kencan.

Karena kepercayaan kamu sudah dikhianati, beri dirimu sendiri waktu untuk menenangkan diri, memikirkan segala sesuatunya secara rasional, dan yang paling penting untuk menyembuhkan rasa sakit hatimu.

5. Cari tahu alasan pasangan melakukannya

Pexels.com/MART PRODUCTION

Cobalah untuk mendengarkan alasan pasangan masih aktif di aplikasi kencan. Mengapa dia merasa perlu menggunakan aplikasi tersebut? Apakah dia tidak benar-benar tertarik untuk bersamamu? Apakah dia mulai merasa terpisah darimu?

Mengetahui alasan pasangan dapat mendorongnya untuk mengambil langkah tepat untuk membantumu memahami masalah dalam hubungan dan mencegahnya terjadi di masa depan, jika kamu masih mau bersamanya.

6. Pikirkan tentang kepercayaan dan kejujuran

Pexels/Roman Odintsov

Kepercayaan adalah dasar dari hubungan apa pun. Ketika pacarmu aktif di aplikasi kencan, penting untuk merenungkan apakah ini merupakan pelanggaran kepercayaan bagimu.

Tanyakan pada diri sendiri: Apakah kejujuran selalu menjadi landasan hubungan kamu dengannya atau apakah ada area yang masih abu-abu? Jawaban dari pertanyaan ini dapat memandumu dalam menentukan masa depan hubungan.

7. Minta saran dari sahabat atau keluarga terpercaya

hopebythesea.com

Terkadang, berbicara dengan sahabat atau keluarga dapat menawarkan perspektif baru. Mereka mengenalmu dengan baik dan dapat memberikan informasi yang mungkin tidak kamu pertimbangkan.

Bukan berarti kamu sedang mengumpulkan juri untuk menilai hubunganmu dengan pasangan. Kamu hanya ingin mendapatkan kejelasan orang-orang yang ingin yang terbaik untukmu.

8. Luangkan waktu terpisah untuk berefleksi

pexels.com/RODNAE Productions

Terkadang, beristirahat sejenak dari hubungan bisa membawa kejelasan. Bukan berarti kamu harus langsung putus, tetapi berikan waktu jeda untuk memahami perasaan dan pikiranmu tentang pasangan yang masih aktif di aplikasi kencan.

Ini seperti kamu tidak bisa melihat sesuatu dengan jelas dari jarak dekat sehingga kamu harus melangkah mundur untuk bisa melihat keseluruhan bentuknya.

9. Amati reaksi dan usaha pasangan untuk berubah

freepik.com/cookie_studio

Perhatikan bagaimana reaksi pacar ketika kamu mendiskusikan perbuatannya.

Apakah dia defensif, atau terlihat benar-benar menyesal? Menyesal karena ketahuan olehmu atau karena dia mengecewakanmu?

Jika kamu sudah mencurahkan perasaanmu padanya, lihat apakah dia terbuka untuk memahami apa yang kamu rasakan atau justru mengabaikannya?

Reaksi pasangan bisa sangat menggambarkan tentang komitmennya terhadap hubungan dan kesediaannya untuk mengatasi masalah.

10. Putuskan untuk tetap bersama atau putus

pexels.com/cottonbro-studio

Setelah kamu melakukan semua hal di atas, putuskan apakah kamu ingin melupakan perbuatan pasangan dan mengatasi masalah sebagai pasangan atau berhenti. Kamu benar-benar hanya memiliki dua pilihan tersebut sebagai jalan keluar.

Jika kamu memutuskan untuk memperbaiki hubungan, maafkan pasangan, tetapkan batasan dengan lebih jelas, dan lihat ke depan. Namun, jika memilih putus, maka tak perlu memikirkannya lagi dan bebaskan dirimu dari masalah ini. 

IDN Media Channels

Latest from Dating