Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kebohongan yang Paling Banyak Dilakukan Orang di Aplikasi Kencan

Ternyata, yang paling banyak adalah foto profil!

Elga Windasari

Jika kamu termasuk salah satu pengguna aplikasi kencan, jangan minder. Faktanya, hampir seperempat generasi muda menggunakan situs atau aplikasi kencan untuk mencari cinta.

Dengan cara mencari pasangan seperti ini, kamu bisa bertemu banyak orang yang mungkin baik untukmu. Namun, cara ini juga memiliki permasalahan tersendiri. Tahukah kamu kalau 80% pengguna aplikasi kencan mengaku berbohong di profil mereka?

Para peneliti di University of Wisconsin-Madison dan Cornell University melakukan penelitian dan menemukan bahwa orang-orang yang berkencan secara online berbohong tentang hal-hal seperti tinggi badan, berat badan, atau usia.

Artinya, profil seseorang dan pesan yang dikirimkannya secara online mungkin tidak menunjukkan siapa dirinya.

Apakah itu berarti semua orang mencoba menipumu? Tidak juga. Sering kali, orang-orang berbohong agar terlihat lebih baik dan mendapatkan teman kencan.

Berikut adalah 10 kebohongan paling umum yang diungkapkan di aplikasi kencan.

1. Usia

Rob Hampson/Unsplash

Seiring bertambahnya usia, orang berbohong tentang usianya. Women's Day mengutip penelitian yang dilakukan oleh situs bernama Beautiful People, yang mencari tahu mengapa orang berbohong tentang usia mereka 5 tahun lebih muda.

Ternyata, alasannya adalah karena mereka ingin muncul di lebih banyak pencarian.

2. Tinggi badan

Freepik.com

Sebanyak 50% laki-laki berbohong tentang tinggi badan dan mengatakan lebih tinggi dari sebenarnya. Ok Cupid melakukan penelitian dan menemukan bahwa laki-laki bertubuh tinggi mendapat pesan dua kali lebih banyak dibandingkan laki-laki bertubuh pendek.

Kaum Adam tahu kalau perempuan menyukai laki-laki yang lebih tinggi. Itulah mengapa separuh dari laki-laki yang berbohong, melakukannya untuk mendapatkan teman kencan.

Harapannya, saat kamu bertemu dengannya, kamu akan menyukai dirinya, tidak peduli tinggi badannya.

3. Berat badan

pexels.com

Lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki yang berbohong tentang berat badannya. Sebenarnya, ini tidak ada gunanya karena akan terlihat jelas saat kamu dan calon pasangan bertemu.

4. Tipe tubuh

SheKnows/Karen Cox

Laki-laki sering kali mengatakan bahwa mereka atletis dan bugar, sedangkan perempuan mengatakan tubuhnya berlekuk atau rata-rata. Masalahnya rata-rata di sini sering kali berarti kelebihan berat badan!

Ada alasan orang menyukai tipe tubuh tertentu. Jika kamu berbohong menggambarkan dirimu sendiri agar orang mau berkencan denganmu, dia akan kecewa dan memutuskan untuk tidak bertemu lagi denganmu.

5. Pendapatan

freepik.com/ lovelyday12

Laki-laki menganggap berbohong tentang pendapatan atau pekerjaan mereka tidak masalah. Alasan mereka melakukan ini karena tahu bahwa hal ini penting bagi perempuan.

6. Jenis dan jabatan pekerjaan

careerresumeconsulting.com

Sebuah artikel di Australia menyebutkan bahwa 42% laki-laki berbohong tentang sesuatu di tempat kerja, sementara hanya 32% perempuan yang berbohong.

Beberapa perempuan juga meremehkan betapa pintar dirinya karena menganggap laki-laki tidak menyukai perempuan pintar.

7. Foto profil

Unsplash.com/Yogas Design

Di sinilah orang paling banyak berbohong dan dianggap sebagai bagian paling tidak jujur dalam profil online.

Orang sering kali mengunggah foto yang tidak menunjukkan penampilannya saat ini, seperti foto lama, foto yang telah diolah secara digital, atau sekadar foto kepala.

Hal yang penting tentang sebuah foto adalah kamu ingin foto itu terlihat bagus, tetapi tidak terlalu bagus sehingga teman kencan tidak akan mengenalimu.

8. Minat dan hobi

pexels.com

Ini adalah kebohongan agar dirinya terlihat lebih baik. Orang mungkin mengatakan mereka menyukai olahraga, padahal itu bukan sesuatu yang sering mereka lakukan.

Profil dirimu harus menunjukkan apa yang benar-benar kamu sukai. Ini akan membantumu menemukan seseorang yang menyukai hal yang sama denganmu.

9. Niat menjalin hubungan

Pexels.com/Fernanda Latronico

Banyak orang yang menggunakan situs kencan mengatakan bahwa dia menginginkan suatu hubungan, padahal sebenarnya tidak.

Laki-laki lebih sering melakukan hal ini karena tahu hal ini membantunya mendapatkan apa yang diinginkannya. Jika dia bilang hanya ingin kencan santai, peluang untuk mendapatkan pasangan akan berkurang.

10. Status hubungan

freepik.com/bristekjegor

GlobalWebIndex (GWI), sebuah perusahaan riset yang menerbitkan beberapa studi tentang Tinder, mengatakan bahwa 42% penggunanya sudah menikah!

Pastinya ini adalah kebohongan terbesar. Tidak ada seorang pun yang ingin berada dalam situasi ini!

Meskipun orang mungkin melakukan banyak kebohongan di aplikasi kencan, tetapi jangan biarkan hal ini membuatmu putus asa.

Ingat, masih ada banyak orang baik di sana yang tidak mencoba menipumu dan benar-benar ingin mencari cinta di aplikasi kencan.

IDN Media Channels

Latest from Dating