Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ciri Tukang Selingkuh, Salah Satunya Sering Bohong padamu

Jangan sampai kamu tertipu sama tukang selingkuh, ya!

Elga Windasari

Terkadang, bagi orang luar yang tidak menjalani hubungan, mereka bisa dengan melihat apakah pasangan kamu tukang selingkuh atau tidak. Namun, untuk kamu yang sedang berpacaran dengannya, ini bisa sulit disadari.

Padahal, jika saja mendeteksi tukang selingkuh itu bisa mudah dilakukan, mungkin akan ada lebih sedikit orang yang akan mengalami patah hati karena sudah diselingkuhi, ya.

Menurut pakar perilaku manusia, tukang selingkuh memiliki ciri kepribadian tertentu yang sebenarnya bisa dilihat oleh siapa pun. Namun, ini tidak berarti akan mudah dilakukan. Itulah mengapa masih banyak saja tukang selingkuh yang masih berkeliaran dan mencari mangsa.

Meskipun tidak selalu tepat, tetapi ini adalah beberapa ciri tukang selingkuh menurut Glam

1. Dikenal sebagai seorang pengecut

Pexels/Cottonbro

Sebenarnya, kebanyakan tukang selingkuh melakukannya karena hanya itu yang bisa dilakukannya. Dia tidak memiliki keberanian dan kepercayaan diri untuk menghadapi dunia sendirian.

Orang yang senang berselingkuh menginginkan petualangan, variasi, sensasi mengejar orang lain, penaklukan, dan dorongan ego untuk dirinya. Namun, dia juga membutuhkan keamanan, kegembiraan, dan status sosial dari hubungan yang berkomitmen atau bahkan sebuah keluarga.

2. Tidak menghormati keputusanmu

Pexels/Mikhail Nilov

Orang yang cenderung melakukan perselingkuhan, berasumsi bahwa setiap orang berpikir, merasakan, dan memiliki aturan pribadi yang sama seperti dirinya. Dia percaya apa yang dipikirkan dan dilakukannya selalu benar sehingga tidak menghormati pemikiran dan keputusan orang lain.

Misalnya saja saat kamu bilang tidak mau bertemu karena kamu sedang ingin sendirian, dia tiba-tiba mendatangimu karena percaya yang kamu butuhkan adalah dirinya. Kasus lainnya adalah saat kamu mulai memperkenalkannya kepada keluarga, tetapi setelah itu dia dengan seenaknya datang ke rumah tanpa memberitahumu sebelumnya.

3. Terlalu menawan

Freepik.com/lookstudio

Sikap menawan sebenarnya bukan ciri utama tukang selingkuh. Orang yang terlihat menawan bisa saja memiliki sikap setia. Namun, red flag muncul ketika seseorang sedikit terlalu menawan, terlalu percaya diri dan misterius, dan menggunakan pesona itu pada semua orang—bahkan orang asing yang kalian temui di jalan.

"Ini mungkin menunjukkan bahwa mereka adalah 'professional dater' yang sudah lama melajang, sering berkencan, dan sangat terlatih," kata psikoterapis dan penulis Dr. Tina B. Tessina, Ph.D.

"Jika dia terlihat sangat antusias, tetapi tidak terbuka, memiliki banyak hubungan pendek, atau menghindari diskusi tentang detail pribadi, jangan terlalu percaya," lanjutnya.

4. Melakukan love bombing dan ingin hubungan bergerak terlalu cepat

Andrea Piacquadio/Pexels

Semakin cepat seorang tukang selingkuh mengamankan kasih sayang darimu, maka semakin cepat dia merasa cukup aman untuk melakukan perselingkuhan. Cara tercepat untuk mencapainya adalah dengan melakukan love bombing padamu.

Love bombing juga merupakan tanda narsisis yang terkenal. Ini adalah gangguan kepribadian yang diyakini para spesialis umum di antara para tukang selingkuh berantai. Jadi, jika sesuatu terasa terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, biasanya memang begitu.

5. Memiliki terlalu banyak teman

Freepik.com/halayalex

Memiliki banyak teman belum tentu merupakan tanda bahaya. Namun, ketika dia terlalu ramah dengan semua orang, dengan cara yang membuatmu tidak nyaman atau mempermalukanmu di depan umum, percayalah pada instingmu.

Perilaku seperti itu juga dapat menunjukkan kurangnya kesetiaan, tidak hanya dalam hubungan romantis, tetapi juga dalam persahabatan. Ini karena dia memperlakukan semua orang dengan sama dan tidak benar-benar peduli pada siapa pun secara khusus.

6. Memiliki pendapat yang patut dipertanyakan

pexels.com/ron lach

Misalnya saja jika dia bilang mendukung atau memaafkan sebuah perselingkuhan dengan mengatakan, "Itu bisa saja terjadi" atau "Kita nggak bisa memilih jatuh cinta sama siapa" atau membuat alasan atas sikap tersebut.

"Orang yang terlibat dalam perselingkuhan lebih cenderung meyakinkan dirinya bahwa perselingkuhan dapat diterima untuk menurunkan disonansi kognitif atau bentuk konflik batin dalam dirinya," jelas Grant Hilary Brenner, MD, DFAPA.

7. Sulit memiliki komitmen dan terlalu genit

www.freepik.com

Orang yang cenderung berselingkuh mungkin dibesarkan dengan anggapan bahwa perselingkuhan dan komitmen bukan masalah besar. Itulah mengapa tukang selingkuh memiliki tingkat komitmen yang lebih rendah dan etika seksual yang lebih rendah. Dia juga dikenal memiliki orientasi sosioseksual yang tidak dibatasi alias lebih bersedia untuk terlibat dalam seks kasual atau seks di luar hubungan yang berkomitmen.

Selain itu, tukang selingkuh juga sering melakukan flirting ke banyak orang. Jika (calon) pacar secara terang-terangan menggoda orang lain di depanmu, ini adalah red flag atau tanda bahaya yang sangat nyata.

8. Riwayat hubungan sebelumnya tidak pernah baik

pexels.com/vera arsic

Punya banyak pacar belum tentu tanda tulang selingkuh. Namun, jika dia memiliki catatan panjang hubungan berumur pendek, secara terbuka mengaku telah berselingkuh dengan mantan pasangannya, atau mengatakan bahwa semua mantannya gila, maka kamu perlu waspada.

"’Jika kamu ingin mengetahui masa depan, pelajari masa lalu’ adalah pepatah yang berarti sejarah cenderung berulang. Perselingkuhan bisa menjadi pola yang terus-menerus dan mungkin menjadi indikator yang paling jelas dari perselingkuhan berantai," menurut terapis pernikahan, Nicole Artz.

9. Sikapnya sangat tidak konsisten

unsplash.com/Andi Rieger

Seseorang yang sikapnya berubah-ubah, tidak bisa ditebak, sulit dipahami, dan tidak konstan dalam memperlihatkan kasih sayangnya, dapat berarti beberapa hal dan tidak selalu menjadi tanda bahaya bagi seorang tukang selingkuh.

Namun, sikap yang tidak konsisten ini juga karakteristik umum dari orang yang senang berselingkuh. Pelatih cinta Ronnie Ann Ryan, mengatakan bahwa orang yang mengirimkan sinyal campuran mungkin saja “sibuk di tempat lain” karena berhubungan dengan banyak orang atau membuatmu sebagai pengisi waktu sampai menemukan orang yang lebih disukainya.

10. Berbohong secara teratur

Pexels/Ron Lach

Sering berbohong, bahkan tentang hal-hal yang tidak berarti, adalah ciri umum dari kebiasaan tukang selingkuh. Dia "berbohong tentang hal-hal besar dan kecil" dan melipatgandakan kebohongannya saat bersikap defensif. Dia bahkan bisa memutar balikkan fakta dan membuatmu berpikir mengalami delusi.

Jika selalu dibohongi, ingatlah bahwa ini bukan salahmu. Bersikaplah lembut pada diri sendiri dan pastikan kamu tidak membiarkannya membodohimu dua kali.

Itulah beberapa ciri dari tukang selingkuh. Jika kamu mendapati beberapa atau banyak dari ciri di atas dalam diri pacar, mungkin sudah saatnya kamu memikirkan kembali hubunganmu dengannya sebelum terlambat ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating