Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Mencintai Pasangan Tanpa Syarat? Ikuti 12 Caranya Ini

Meski sulit, bukan nggak mungkin untuk dilakukan

Elga Windasari

Kamu mungkin sering mendengar istilah love unconditionally atau cinta tanpa syarat. Kesannya sangat romantis, ya. Dicintai oleh seseorang tanpa syarat rasanya sangat indah, tetapi bisakah kamu juga mencintai pasangan tanpa syarat?

Tentu saja, ini adalah salah satu proses terberat yang harus dilalui. Untuk bisa mencintai tanpa syarat, dibutuhkan banyak usaha, waktu, dan kesabaran. Namun, ini mungkin sangat perlu dilakukan dalam sebuah hubungan.

Jika kamu ingin bisa mencintai pasangan tanpa syarat, Lovepanky memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Kamu harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu

pexels.com/miguel-arcanjo-saddi

Kamu nggak bisa begitu saja memberikan cinta kepada orang lain ketika kamu nggak mencintai diri sendiri.

Jika kamu membenci diri sendiri, bagaimana bisa kamu berpikir diri sendiri mampu memberikan cinta yang murni dan positif kepada orang lain? Intinya, kamu nggak bisa memberikan apa yang nggak kamu miliki.

2. Cinta tanpa syarat bukan tentang kata-kata

Pexels.com/Vanessa Garcia

Cinta memang perlu diucapkan, tetapi ekspresi cinta tanpa syarat yang terbaik adalah melalui tindakan.

Siapa pun bisa bilang “Aku cinta kamu” atau “I love you”. Namun, seseorang yang memberikan cinta murni akan selalu menunjukkannya. Tak peduli, tindakannya besar atau kecil, yang penting dia melakukannya.

3. Selalu mempertanyakan diri sendiri

Pexels.com/Monstera

Kamu harus bertanya pada diri sendiri, "Apakah aku sudah memberikan cinta yang maksimal kepada pasangan?". Jika kamu merasa sudah memberikan cinta yang maksimal kepada seseorang, maka kamu sudah memberikan cinta tanpa syarat.

Mengukur kasih sayang mungkin sulit dan nggak semua orang mudah melakukannya. Namun, ini tetap harus kamu lakukan.

4. Ini bukan proses yang mudah

pexels.com/rodnae-productions

Satu hal yang harus kamu ingat. Saat kamu berpikir mulai mencintai tanpa syarat, segalanya menjadi mudah. Padahal, kenyataannya nggak seperti itu.

Begitu kamu lebih bisa menerima diri sendiri, kamu akan merasa lebih bahagia dan nyaman. Namun, di saat bersamaan kamu juga akan mulai terus dihadapkan pada situasi yang nggak menyenangkan dan menguji rasa cintamu.

5. Bentuk batasan yang sehat

Pexels.com/Samson Katt

Ingat, hanya karena kamu mencintai pasangan tanpa syarat, bukan berarti kamu nggak harus menjaga dirimu sendiri.

Jika kamu ingin bisa mencintai dengan cara seperti itu, tetapkan batasan yang sehat dengan diri sendiri terlebih dahulu. Alasannya karena jika kamu nggak berada di tempat yang baik, kamu nggak akan bisa mencintai dengan jujur.

6. Kamu diperlakukan yang sama oleh pasangan

Pexels.com/Jenny Uhling

Jangan pernah mencoba memberikan love unconditionally kepada pasangan jika dia nggak melakukan hal yang sama kepadamu. Itu benar.

Jika dia nggak memperlakukanmu dengan benar, nggak menghormatimu, dan membuatmu merasa nggak nyaman, itu artinya dia nggak mencintai dirinya sendiri. Jadi, bagaimana caranya dia akan mencintaimu?

7. Pahami love language pasangan

pexels.com/Anna Tarazevich

Meskipun kamu suka dipeluk dan dicium, tetapi nggak semua orang menikmatinya. Termasuk pasangan. Ini karena cara setiap orang mencintai berbeda.

Cinta datang dalam berbagai bentuk, jadi jangan paksakan love language yang kamu miliki kepada pasangan. Kamu bertanggung jawab untuk menyesuaikan cinta dengan yang kamu cintai.

8. Bisa memaafkan

pexels.com/Suzy Hazelwood

Ini mungkin salah satu hal tersulit untuk dilakukan. Nggak semua orang bisa memaafkan kesalahan pasangan, apalagi jika itu adalah kesalahan besar.

Namun, jika kamu memang sudah mencintai pasangan tanpa syarat, kamu bisa melakukan hal tersebut. Kesalahan justru akan menjadi salah satu cara belajar menyelesaikan masalah dan lebih mengenal lagi satu sama lain.

9. Terima pasangan apa adanya

Pexels.com/Leeloo Thefirst

Jika kamu ingin memberikan cinta tanpa syarat kepada pasangan, kamu harus menerimanya apa adanya. Kamu nggak akan bisa benar-benar mencintainya jika hanya memikirkan cara untuk mengubahnya atau bagaimana dia dapat memperbaiki diri.

Mencintai tanpa syarat berarti kamu menerima kekurangan pasangan karena seringnya hal itu nggak akan berubah.

10. Bersikap komunikatif

Pexels.com/Jep Gambardella

Sangat penting bagimu untuk fokus berkomunikasi dengan orang yang dicintai. Namun, ini bukan tentang memberi tahunya kamu mencintainya, ya. Ini tentang komunikasi dalam segala hal.

Lihat bagaimana perasaannya, apa yang dibutuhkannya, dan sebagainya. Mungkin dia membutuhkan lebih banyak kasih sayang atau merasa terhalang secara emosional untuk melakukannya. Bicarakan tentang hal-hal itu dan ciptakan ikatan tanpa syarat dengan pasangan.

11. Jangan biarkan gangguan kecil mengalahkan cinta

Pexels.com/Trần Long

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk. Kamu nggak akan akan pernah menemukan seseorang yang “sempurna” di matamu dan nggak melakukan hal yang mengganggumu.

Ketika kamu mencintai pasangan tanpa syarat, kamu nggak membiarkan gangguan kecil itu merusak rasa cintamu padanya. Sebaliknya, kamu akan menerima dia apa adanya dan mencintai semua "kekurangan" dan ketidaksempurnaan miliknya.

12. Harus berlatih setiap hari

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Jika kamu ingin berhasil dalam memberi dan menerima cinta tanpa syarat, kamu harus berusaha untuk itu. Ini bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dalam sehari dan akan memakan waktu lama.

Jadi, setiap hari kamu harus melakukan setidaknya melakukan satu tindakan kebaikan tanpa menginginkan imbalan apa pun kepada pasangan. Lama-kelamaan kamu akan jadi lebih terbiasa dan mudah untuk mencintai pasangan tanpa syarat.

IDN Media Channels

Latest from Dating