Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Kasih Tahu Pacar, Kamu Mau Perhatian Lebih Tanpa Jadi Needy 

Memang nggak enak punya pacar yang super cuek!

Elga Windasari

Fase bulan madu dalam hubungan memang paling menyenangkan. Kamu dan pacar masih merasa dunia milik berdua. Apa pun yang dilakukan bersamanya pasti jadi momen membahagiakan. Dia juga selalu mencurahkan perhatiannya padamu tanpa diminta.

Namun, fase bulan madu pasti akan berakhir. Meskipun kamu dan pacar masih memiliki perasaan yang sama, tetapi pasti akan ada yang berubah dalam hubungan kalian. Apalagi jika masing-masing mulai memiliki kesibukan sendiri. Bukan tidak mungkin perhatian pacar kepadamu jadi semakin berkurang.

Padahal, kamu sebenarnya masih membutuhkan banyak perhatian dari pacar. Namun, kamu takut dianggap terlalu needy dan membuat pacar jadi risi. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kamu lebih ingin perhatian lebih dari pacar, tetapi nggak jadi pacar yang menyebalkan? Coba ikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Bicara langsung dengan pacar

Pexels.com/Katerina Holmes

Jika selama ini kamu cuma memberikan petunjuk halus untuk memberi tahu pacar kalau kamu butuh lebih banyak perhatian, hentikan sekarang juga. Hal yang seharusnya kamu lakukan adalah memberitahunya langsung apa yang kamu rasakan.

Itulah satu-satunya cara dia bisa mengerti kalau kamu membutuhkan lebih banyak perhatian darinya. Bicaralah dengannya dan katakan padanya bagaimana perasaanmu dan apa yang kamu butuhkan.

2. Beri contoh

Pexels.com/William Fortunato

Jika kamu ingin pacar melihat perhatian yang kamu butuhkan, beri contoh padanya. Misalnya, kalau kamu ingin lebih sering dipeluk, maka peluk pacar duluan saat sedang bersamanya. Kamu mau dia berpegangan tangan denganmu di depan umum? Jadilah orang yang melakukannya duluan.

Dengan memberikan contoh pada pacar, kamu jadi menunjukkan padanya apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

3. Bersikap seperti awal pacaran

Pexels.com/cottonbro studio

Coba ingat-ingat, bagaimana dulu sikap kamu kepada pacar di awal hubungan? Bukan tidak mungkin, sikap pacar yang berubah jadi kurang perhatian karena sikapmu juga berubah kepadanya.

Bersikaplah seperti awal kalian menjalin hubungan. Jika dulu kamu suka flirting dengannya, lakukan lagi. Buat pacar jadi merasakan apa yang dirasakannya dulu saat baru awal pacaran denganmu.

4. Pahami pacarmu

Pexels.com/cottonbro studio

Cara lain memberi tahu pacar kalau kamu membutuhkan lebih banyak perhatian adalah dengan memahaminya. Saat kalian duduk dan membicarakan hal ini, dia mungkin akan mengatakan beberapa hal yang selama ini kamu nggak sadari.

Mungkin dia sebenarnya stres atau merasa kebutuhan dirinya sendiri juga nggak terpenuhi. Memang, ini bukan alasan baginya untuk nggak memberikan perhatian yang kamu butuhkan. Namun, ini bisa memberimu kesempatan untuk memahami mengapa pacar jadi kurang perhatian padamu.

5. Beri dia waktu

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Nah, setelah kamu sudah memberitahu pacar apa yang kamu butuhkan dan dia setuju akan mengubah sikapnya untukmu, sekarang beri dia waktu untuk melakukannya.

Nggak semua orang bisa dengan cepat berubah. Mungkin dia butuh waktu untuk memproses apa yang kalian bicarakan dan memahami apa yang harus dia lakukan. Beri pacarmu ruang untuk kembali menunjukkan perhatiannya padamu.

6. Tanyakan apakah kebutuhannya terpenuhi

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kamu bukan satu-satunya orang yang menjalani hubungan. Jadi, saat kamu merasa kurang diperhatikan oleh pacar, coba tanyakan padanya apakah dia merasakan hal yang sama. Apakah selama ini kamu sudah memberikan perhatian dan kasih sayang yang dia butuhkan?

Bisa jadi, selama ini kamu sudah melakukannya dan sikap pacar hanya menerima tanpa berniat untuk melakukan yang sama kepadamu. Bisa juga dia merasa kebutuhannya sendiri nggak terpenuhi sehingga dia melakukan hal yang sama kepadamu.

7. Bekerja sama sebagai tim

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Kamu tentu saja bisa memberi tahu pacar kalau kamu butuh lebih banyak perhatian, tetapi satu-satunya cara kebutuhanmu itu terpenuhi adalah jika kalian memilih untuk bekerja sama. Kamu nggak bisa melakukan ini sendirian karena kamu bukan pacar.

Jadi, jika kamu ingin pacar memberikan lebih banyak perhatian dan kasih sayang, yang melakukannya harus pacar. Itupun harus dilakukan dengan sukarela, bukan paksaan. Jadi, ini adalah kerja sama tim antara kamu dan pacar.

8. Ciptakan rutinitas baru

Pexels.com/RODNAE Productions

Jika sebelumnya kamu dan pacar nggak pernah punya jadwal kapan harus bertemu dan menghabiskan waktu bersama atau bahkan berkencan yang direncanakan, maka sekarang waktu yang tepat.

Lalu, lakukan hal-hal kecil yang sebelumnya dianggap sepele oleh kalian berdua. Nyatanya, hal kecil yang kamu dan pacar lakukan, bisa membuat hubungan menjadi lebih erat dan dekat.

9. Jangan memaksa

Pexels.com/MART PRODUCTION

Kamu bisa memberi tahu pasangan apa yang kamu butuhkan dan inginkan, tetapi kamu nggak boleh memaksanya untuk berperilaku seperti yang kamu inginkan. Keinginan untuk berubah harus datang darinya.

Mungkin dia ingin berubah, tetapi cara yang dilakukannya nggak seperti yang kamu inginkan. Ini juga bisa menimbulkan masalah. Sekali lagi, jangan memaksanya melakukan apa yang hanya kamu inginkan. Mungkin inilah saatnya kamu dan pacar berkompromi dan memutuskan apa yang harus dilakukan.

10. Evaluasi kembali hubungan kalian

Pexels.com/RODNAE Produtions

Seperti yang disebutkan di atas, kamu nggak bisa memaksa pacar untuk berubah. Lalu, bagaimana jika dia nggak juga berubah meski sudah kalian sudah berulang kali membicarakan hal tersebut? Ini saatnya untuk mengevaluasi kembali hubungan kalian.

Jika dia nggak mau memenuhi kebutuhanmu dan bekerja sama untuk membuat hubungan kalian berhasil, maka kamu perlu memutuskan apakah ini adalah seseorang yang kamu inginkan dalam hidup sebagai pasangan. Ingat, cinta bukanlah jalan satu arah. Jadi, putuskanlah yang terbaik untuk dirimu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating